Bangun Ekosistem Digital, Komitmen bjb untuk Literasi dan Inklusi Keuangan Pedesaan

Sabtu 11 Juni 2022, 00:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komitmen PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk atau bank bjb dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional ditunjukkan hingga ke desa-desa. bjb mendapat kepercayaan besar dari pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan program digitalisasi nusantara di pedesaan.

Kepercayaan dari Kemendagri tersebut, menjadi sejarah baru bagi bank bjb, di mana ini membuktikan digitalisasi yang dilakukan bank bjb telah diakui dan dipercaya berbagai pihak. Program digitalisasi nusantara ini akan berkontribusi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat di pedesaan.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, kepercayaan dari Kemendagri untuk menjalankan program digitalisasi nusantara di perdesaan merupakan hal luar biasa sekaligus amanat besar yang harus dijawab bank bjb dengan baik.

Dalam program digitalisasi nusantara yang digulirkan Kemendagri ini, Bank bjb diminta untuk berkontribusi dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat yang tinggal di pedesaan. Bank bjb, tegas Yuddy, siap melakukan langkah tersebut dengan dukungan SDM dan infrastruktur perbankan, termasuk di dalam infrastruktur digital.

Baca Juga :

Punya Kapasitas Pasar Terbesar, bjb Raih Top 50 Emiten di 13th IICD Governance Award

"Suatu kebanggaan dan juga amanat yang besar bagi bank bjb dengan ditunjuk untuk melaksanakan program digitalisasi nusantara khususnya pedesaan di seluruh Indonesia. Dalam program tersebut, bank bjb bersinergi dengan Kemendagri untuk penguatan penyelenggaraan pemerintahan di desa melalui pemanfaatan layanan yang diberikan oleh bank bjb, termasuk berkontribusi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan," ungkap Yuddy.

Yuddy menjelaskan, pihaknya akan ikut membangun ekosistem digital desa di antaranya Single Account untuk rekening kas desa melalui Giro bank bjb untuk pengelolaan penerimaan (Dana Desa, Alokasi Dana desa, Dana Bagi Hasil, PAD Desa) dan belanja desa. Tidak hanya rekening kas desa, bank bjb juga melayani rekening Giro BUMdes untuk kegiatan operasional BUMDes dan penerimaan dana bantuan keuangan.

photoKantor pusat di Braga Bandung. bank bjb meraih penghargaan Top 50 Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar (Big Cap PLCs) dengan Praktek Tata Kelola Perusahaan Terbaik dalam ajang 13th IICD Governance Award. - (istimewa)</span

Selain itu, bank bjb mendukung program non tunai di Pemerintah Desa melalui integrasi aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dengan jaringan Internet Banking Corporate bank bjb serta membangun Smart Village melalui pengelolaan keuangan desa secara daring (online). 

"bank bjb juga menyediakan Dana Pensiun aparat desa dan perangkat BUMdes sehingga mendapat jaminan di hari tua melalui DPLK bank bjb. Hal lain, terhadap pelaku UMKM di desa pun kami lakukan melalui program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu) serta berbagai produk pembiayaan lainnya," ujar Yuddy. 

Baca Juga :

Lebih jauh Yuddy berharap, melalui program tersebut pihaknya dapat memberikan kontribusi positif pada pertumbuhan perekonomian di perdesaan. Menurutnya, uang yang berputar di satu desa bisa mencapai miliaran dan saat ini terdapat puluhan ribu desa.

"Kami berharap dapat berkontribusi mengoptimalkan pertumbuhan perekonomian di desa, mengingat Dana Desa tahun 2022 mencapai Rp 68 triliun yang tersebar di lebih dari 74.000 desa di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan juga dengan misi kami untuk berkontribusi sebagai penggerak dan pendorong laju perekonomian daerah," imbuh Yuddy.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 16:13 WIB

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Bupati Sukabumi: Kita Jaga Masyarakat Sejahtera

Dalam rangka Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRAN), Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Kementerian ATR/BPN memanen pisang cavendish.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat mendampingi Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Dalu Agung Darmawan yang berkunjung ke Kampung Lio, Desa Sinarjaya Warungkiara. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Bola24 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi Liga 1 Persik Kediri vs PSS Sleman: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri.
Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri. (Sumber : X/@PSSleman/@persikfckediri).
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)