Tangan dan Kaki Hitam? Inilah 7 Cara Memutihkannya dengan Bahan Alami

Senin 18 April 2022, 10:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang pasti memiliki keadaan dimana tangan dan kaki lebih gelap dibandingkan warna bagian tubuh lain. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai aktivitas diluar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari.

Untuknya, ada berbagai cara untuk memutihkan tangan dan kaki secara cepat dengan berbagai bahan alami yang dijamin aman.

Melansir dari suara.com, inilah tujuh bahan alami untuk memutihkan tangan dan kaki yang hitam.

Baca Juga :

1. Lidah Buaya

photoLidah Buaya - (wallpaperaccess.com)</span

Sudah menjadi rahasia umum jika tanaman satu ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh, tidak terkecuali mencerahkan kulit belang. 

Hal ini dikarenakan kandungan aloesin hingga 73% pada satu batang lidah buaya yang mampu menghambat penghambatan melanin pada kulit.

Untuk hasil maksimal, campurkan susu atau yoghurt tawar saat mencobanya.

2. Lemon

photoLemon - (Unplash.com)</span

Selain tinggi kandungan vitamin C, buah satu ini juga mengandung asam alpha hydroxy yang mampu menangkal radikal bebas dari sinar UV. 

Cara memutihkan tangan dan kaki dengan lemon juga cukup mudah. Pertama, ratakan perasan lemon beserta sarinya di kulit secara merata, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas sampai bersih.

3. Timun

photoTimun - (Freepik)</span

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada timun rupanya tidak hanya dapat mengurangi lingkar mata yang menghitam namun juga kulit belang dengan menghambat pigmentasinya. Caranya, blender timun tanpa air supaya mendapat tekstur pasta. Setelah itu, usapkan timun ke seluruh tubuh dan diamkan 30 menit sebelum dibilas sembari mandi.

4. Air Beras

photoAir Beras - (Freepik)</span

Cara memutihkan tangan dan kaki dalam 1 minggu selanjutnya yaitu dengan bantuan air beras. Kandungan asam ferulat dan allantoin pada air beras terbukti dapat melindungi sekaligus memutihkan kulit.

Caranya, biarkan air cucian beras mengendap dan gunakan endapan tersebut sebagai lulur alami. Setelah itu, jangan lupa membilasnya sampai bersih.

5. Tomat

photoTomat - (Freepik)</span

Buah berwarna cantik satu ini rupanya memiliki kandungan antioksidan lycopene yang mampu menangkal radikal bebas karena sinar UV. 

Jika kamu mengalami sunburn akibat sinar matahari, cobalah menggunakan cara ini sebelum kulit kaki dan tangan ruam atau iritasi.

Caranya, haluskan tomat sampai lembut dengan satu sendok madu. Setelah itu, oleskan merata pada kaki dan tangan selama 20 menit sambil sesekali dipijat.

6. Putih Telur

photoIlustrasi Putih Telur - (Freepik)</span

Kandungan protein yang tinggi pada putih telur dapat membantu regenerasi kulit lebih cepat. Meski akan sedikit meninggalkan bau amis, kamu bisa mendapat kulit cerah baru untuk menggantikan yang lama.

Cara penggunaannya, kocok putih telur sampai berbusa. Setelah itu, campurkan dengan madu dan jeruk nipis lalu oleskan secara merata. Tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

7. Minyak Zaitun

photoIlustrasi Minyak Zaitun - (iStock)</span

Cara memutihkan tangan dan kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Zat linoleic acid di dalamnya terbukti dapat menyeimbangkan kadar air dalam kulit sehingga kulit terus terhidrasi. Kulit sehat yang terhidrasi tidak akan mudah menghitam secara alami dan tetap kencang.

Cara penggunaan minyak zaitun yaitu, oleskan di area tangan dan kaki tipis saja. Setelah terlihat meresap, bilas area tersebut.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)