Tangan dan Kaki Hitam? Inilah 7 Cara Memutihkannya dengan Bahan Alami

Senin 18 April 2022, 10:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang pasti memiliki keadaan dimana tangan dan kaki lebih gelap dibandingkan warna bagian tubuh lain. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai aktivitas diluar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari.

Untuknya, ada berbagai cara untuk memutihkan tangan dan kaki secara cepat dengan berbagai bahan alami yang dijamin aman.

Melansir dari suara.com, inilah tujuh bahan alami untuk memutihkan tangan dan kaki yang hitam.

Baca Juga :

1. Lidah Buaya

photoLidah Buaya - (wallpaperaccess.com)</span

Sudah menjadi rahasia umum jika tanaman satu ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh, tidak terkecuali mencerahkan kulit belang. 

Hal ini dikarenakan kandungan aloesin hingga 73% pada satu batang lidah buaya yang mampu menghambat penghambatan melanin pada kulit.

Untuk hasil maksimal, campurkan susu atau yoghurt tawar saat mencobanya.

2. Lemon

photoLemon - (Unplash.com)</span

Selain tinggi kandungan vitamin C, buah satu ini juga mengandung asam alpha hydroxy yang mampu menangkal radikal bebas dari sinar UV. 

Cara memutihkan tangan dan kaki dengan lemon juga cukup mudah. Pertama, ratakan perasan lemon beserta sarinya di kulit secara merata, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas sampai bersih.

3. Timun

photoTimun - (Freepik)</span

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada timun rupanya tidak hanya dapat mengurangi lingkar mata yang menghitam namun juga kulit belang dengan menghambat pigmentasinya. Caranya, blender timun tanpa air supaya mendapat tekstur pasta. Setelah itu, usapkan timun ke seluruh tubuh dan diamkan 30 menit sebelum dibilas sembari mandi.

4. Air Beras

photoAir Beras - (Freepik)</span

Cara memutihkan tangan dan kaki dalam 1 minggu selanjutnya yaitu dengan bantuan air beras. Kandungan asam ferulat dan allantoin pada air beras terbukti dapat melindungi sekaligus memutihkan kulit.

Caranya, biarkan air cucian beras mengendap dan gunakan endapan tersebut sebagai lulur alami. Setelah itu, jangan lupa membilasnya sampai bersih.

5. Tomat

photoTomat - (Freepik)</span

Buah berwarna cantik satu ini rupanya memiliki kandungan antioksidan lycopene yang mampu menangkal radikal bebas karena sinar UV. 

Jika kamu mengalami sunburn akibat sinar matahari, cobalah menggunakan cara ini sebelum kulit kaki dan tangan ruam atau iritasi.

Caranya, haluskan tomat sampai lembut dengan satu sendok madu. Setelah itu, oleskan merata pada kaki dan tangan selama 20 menit sambil sesekali dipijat.

6. Putih Telur

photoIlustrasi Putih Telur - (Freepik)</span

Kandungan protein yang tinggi pada putih telur dapat membantu regenerasi kulit lebih cepat. Meski akan sedikit meninggalkan bau amis, kamu bisa mendapat kulit cerah baru untuk menggantikan yang lama.

Cara penggunaannya, kocok putih telur sampai berbusa. Setelah itu, campurkan dengan madu dan jeruk nipis lalu oleskan secara merata. Tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

7. Minyak Zaitun

photoIlustrasi Minyak Zaitun - (iStock)</span

Cara memutihkan tangan dan kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Zat linoleic acid di dalamnya terbukti dapat menyeimbangkan kadar air dalam kulit sehingga kulit terus terhidrasi. Kulit sehat yang terhidrasi tidak akan mudah menghitam secara alami dan tetap kencang.

Cara penggunaan minyak zaitun yaitu, oleskan di area tangan dan kaki tipis saja. Setelah terlihat meresap, bilas area tersebut.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi22 Juni 2024, 00:23 WIB

Pantai Taman Pandan Ciracap Sukabumi, Lokasi Favorit untuk Ngonten

antai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.
Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juni 2024, 00:12 WIB

Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor.
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)