5 Visual Novel PC yang Wajib Dicoba, Nomor 2 Melatih Otak

Sabtu 11 Desember 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Visual Novel merupakan sebuah permainan statis yang menampilkan dialog-dialog yang tersusun menjadi rangkaian cerita. Jenis permainan ini tersedia di perangkat Smartphone dan PC.

Di dalamnya, kamu akan diberikan sebuah intro inti cerita Visual Novel. Setelah itu kamu akan memilih beberapa pilihan pada persimpangan cerita. Disinilah pilihanmu bisa menentukan ending dari cerita di dalam Visual Novel.

Meskipun game ini terkesan statis dan membosankan, namun cerita yang menarik akan membuat player betah menyimak alur cerita Visual Novel. Ada beberapa Visual Novel menarik yang berhasil diadaptasi menjadi Anime.

Berikut ini lima Visual Novel PC menarik yang harus kamu coba.

1. Doki-Doki Literature Club

photoDoki Doki Literature Club menyajikan latar cerita yang cukup menyeramkan. - (Steam)

Visual Novel ini diciptakan oleh Team Salvato. Doki Doki Literature Club dirilis pertama kali di Steam pada 22 September 2017 silam.

Buat yang penasaran, kamu bisa mendownload Visual Novel ini secara gratis di Steam dan situs resmi DDLC (Doki Doki Literature Club).

Doki Doki Literature Club, merupakan salah satu Visual Novel menarik yang harus kamu coba. Game ini berisikan karakter gadis-gadis SMA yang cantik dan imut. Dari namanya saja, ‘Doki Doki’ yang berarti ‘Deg Degan’, kamu akan dimanjakan oleh grafis menawan para anggota klub sastra tersebut.

Meskipun akan melihat para gadis cantik, sejatinya kamu akan mendapatkan cerita yang menyeramkan dan mencekam. Bahkan, Visual Novel ini akan menghasilkan glitch mengerikan setelah berhasil menamatkan alur cerita.

Karakter dari Doki Doki Literature Club diantaranya Yuri si gadis pemalu, Sayori si gadis periang, Natsuki si gadis imut namun kasar dan Monica sang pemimpin klub.

Baca Juga :

2. Steins;Gate

photoSteins;Gate memiliki cerita yang rumit namun menarik. - (Steam)

Steins;Gate merupakan salah satu Visual Novel yang diadaptasi kedalam Anime. Banyak yang menggap alur Visual Novel ini terlalu rumit dan membingungkan. Namun jika kamu pecinta genre fiksi ilmiah, Steins;Gate bisa menjadi pilihan yang menarik.

Steins;Gate memiliki latar waktu pada musim panas tahun 2010, tidak jauh dari kejadian Chaos;Head (Seri Visual Novel lain, red) di Akihabara, Tokyo. Inti dari cerita Visual Novel ini adalah perjalanan lintas waktu.

Kamu akan dipusingkan oleh konsep sebab-akibat yang sangat kental di dalam Visual Novel ini. Tokoh utama di dalam cerita ini akan melakukan suatu tindakan secara berulang kali untuk mengubah hal yang akan terjadi di masa depan.

Tujuan dari perjalanan lintas waktu di dalam cerita permainan ini adalah untuk mencegah ancaman sebuah organisasi bernama SERN dan terjadinya perang dunia ke-3.

3. ReWrite

photoReWrite merupakan salah satu Visual Novel bergenre Fantasy. - (Steam)

ReWrite merupakan Visual Novel bergenre action dan supernatural. ReWrite berhasil diadaptasi sebagai Anime sebanyak 24 episode yang terdiri dari 2 season.

ReWrite dirilis pertama kali pada 24 Juni 2011, visual Novel ini hanya kompatibel untuk PC Windows. Visual Novel fantasy ini dikembangkan oleh Key yang merupakan brand dari Visual Art.

Cerita Visual Novel ini mengikuti kehidupan Kotarou Tennouji, Sang Main Character. Ia merupakan seorang siswa sekolah menengah atas di Kazamatsuri, ia menyelidiki misteri supernatural bersama lima gadis dari sekolahnya.

Aksi yang dilakukan Kotarou dan kelima gadis tersebut menyebabkan terjadinya konflik antara Manusia pemilik kekuatan supernatural dengan makhluk bernama Kagari yang merupakan ‘kunci keselamatan’ Bumi.

Alur cerita dari Visual Novel ini cukup rumit sehingga memerlukan waktu ekstra untuk mencerna setiap scene yang ada di dalamnya. Maka dari itu, ReWrite cocok buat kamu yang memiliki kemampuan berpikir kritis.

4. If My Heart Had Wings

photoSelain tersedia untuk PC, If My Heart Had Wings dapat dimainkan pada Smartphone. - (Steam)

If My Heart Had Wings atau disingkat IMHHW, merupak Visual Novel yang tersedia untuk PC Windows dan Smartphone Android. Ukuran dari Visual Novel ini (untuk PC Windows) cukup besar hingga menyentuh  3 GB.

Cerita dari Visual Novel ini berfokus pada karakter bernama Aoi. Ia merasa kehilangan arah hidup dan memilih pulang ke kampung halamannya di Kazegakura, dimana angin sepoi-sepoi bertiup di sepanjang jalanan.

Ia kemudian pergi ke bukit yang dipenuhi kincir angin, disana ia bertemu dengan seorang gadis yang menggunakan kursi roda. Gadis tersebut bernama Kotori. Aoi bersama Kotori, Ageha dan Amane berusaha untuk mengembangkan klub dan menciptakan sebuah pesawat.

Sistem Minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Visual Novel ini di PC yakni RAM minimal 1 GB, Prosesor Pentium 4 dengan clock speed 3 GHz serta ruang penyimpanan tersisa 3,5 GB. Visual Novel ini dapat dijalankan pada Windows XP, Vista, 7, 8.1 dan 10.

5. Chaos;Child

photoChaos;Child merupakan salah satu Visual Novel bergenre Psychological. - (Steam)

Satu lagi Visual Novel menarik yang diadaptasi menjadi Anime. Chaos;Child memiliki cerita lanjutan dari Chaos;Head namun tidak saling berkaitan.

Visual Novel ini menceritakan tentang kejadian Chaos Child pada tahun 2015, 6 tahun setelah terjadinya Chaos Head. Chaos Child merupakan sebuah kejadian aneh di distrik Shibuya, Tokyo.

Pada saat itu, Shibuya mengalami kejadian aneh mirip Gempa Bumi namun sebagian besar bangunan di sana tidak terdampak.

Takuru Miyashiro merupakan siswa SMA yang tergabung ke dalam klub berita misteri. Ia bersama teman-temannya ingin menguak misteri dari kejadian-kejadian aneh di Shibuya.

Takuru Miyashiro sendiri merupakan tokoh yang memiliki kekuatan Psikokinesis. Karakter lainnya pada Visual Novel ini adalah Serika Onoe, Kurusu Nono, Hinae Arimura dan masih banyak lagi.

Player akan disuguhi alur cerita yang menyeramkan, Visual Novel ini memiliki genre psychological, mystery dan thriller.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)