5 Visual Novel PC yang Wajib Dicoba, Nomor 2 Melatih Otak

Sabtu 11 Desember 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Visual Novel merupakan sebuah permainan statis yang menampilkan dialog-dialog yang tersusun menjadi rangkaian cerita. Jenis permainan ini tersedia di perangkat Smartphone dan PC.

Di dalamnya, kamu akan diberikan sebuah intro inti cerita Visual Novel. Setelah itu kamu akan memilih beberapa pilihan pada persimpangan cerita. Disinilah pilihanmu bisa menentukan ending dari cerita di dalam Visual Novel.

Meskipun game ini terkesan statis dan membosankan, namun cerita yang menarik akan membuat player betah menyimak alur cerita Visual Novel. Ada beberapa Visual Novel menarik yang berhasil diadaptasi menjadi Anime.

Berikut ini lima Visual Novel PC menarik yang harus kamu coba.

1. Doki-Doki Literature Club

photoDoki Doki Literature Club menyajikan latar cerita yang cukup menyeramkan. - (Steam)

Visual Novel ini diciptakan oleh Team Salvato. Doki Doki Literature Club dirilis pertama kali di Steam pada 22 September 2017 silam.

Buat yang penasaran, kamu bisa mendownload Visual Novel ini secara gratis di Steam dan situs resmi DDLC (Doki Doki Literature Club).

Doki Doki Literature Club, merupakan salah satu Visual Novel menarik yang harus kamu coba. Game ini berisikan karakter gadis-gadis SMA yang cantik dan imut. Dari namanya saja, ‘Doki Doki’ yang berarti ‘Deg Degan’, kamu akan dimanjakan oleh grafis menawan para anggota klub sastra tersebut.

Meskipun akan melihat para gadis cantik, sejatinya kamu akan mendapatkan cerita yang menyeramkan dan mencekam. Bahkan, Visual Novel ini akan menghasilkan glitch mengerikan setelah berhasil menamatkan alur cerita.

Karakter dari Doki Doki Literature Club diantaranya Yuri si gadis pemalu, Sayori si gadis periang, Natsuki si gadis imut namun kasar dan Monica sang pemimpin klub.

Baca Juga :

2. Steins;Gate

photoSteins;Gate memiliki cerita yang rumit namun menarik. - (Steam)

Steins;Gate merupakan salah satu Visual Novel yang diadaptasi kedalam Anime. Banyak yang menggap alur Visual Novel ini terlalu rumit dan membingungkan. Namun jika kamu pecinta genre fiksi ilmiah, Steins;Gate bisa menjadi pilihan yang menarik.

Steins;Gate memiliki latar waktu pada musim panas tahun 2010, tidak jauh dari kejadian Chaos;Head (Seri Visual Novel lain, red) di Akihabara, Tokyo. Inti dari cerita Visual Novel ini adalah perjalanan lintas waktu.

Kamu akan dipusingkan oleh konsep sebab-akibat yang sangat kental di dalam Visual Novel ini. Tokoh utama di dalam cerita ini akan melakukan suatu tindakan secara berulang kali untuk mengubah hal yang akan terjadi di masa depan.

Tujuan dari perjalanan lintas waktu di dalam cerita permainan ini adalah untuk mencegah ancaman sebuah organisasi bernama SERN dan terjadinya perang dunia ke-3.

3. ReWrite

photoReWrite merupakan salah satu Visual Novel bergenre Fantasy. - (Steam)

ReWrite merupakan Visual Novel bergenre action dan supernatural. ReWrite berhasil diadaptasi sebagai Anime sebanyak 24 episode yang terdiri dari 2 season.

ReWrite dirilis pertama kali pada 24 Juni 2011, visual Novel ini hanya kompatibel untuk PC Windows. Visual Novel fantasy ini dikembangkan oleh Key yang merupakan brand dari Visual Art.

Cerita Visual Novel ini mengikuti kehidupan Kotarou Tennouji, Sang Main Character. Ia merupakan seorang siswa sekolah menengah atas di Kazamatsuri, ia menyelidiki misteri supernatural bersama lima gadis dari sekolahnya.

Aksi yang dilakukan Kotarou dan kelima gadis tersebut menyebabkan terjadinya konflik antara Manusia pemilik kekuatan supernatural dengan makhluk bernama Kagari yang merupakan ‘kunci keselamatan’ Bumi.

Alur cerita dari Visual Novel ini cukup rumit sehingga memerlukan waktu ekstra untuk mencerna setiap scene yang ada di dalamnya. Maka dari itu, ReWrite cocok buat kamu yang memiliki kemampuan berpikir kritis.

4. If My Heart Had Wings

photoSelain tersedia untuk PC, If My Heart Had Wings dapat dimainkan pada Smartphone. - (Steam)

If My Heart Had Wings atau disingkat IMHHW, merupak Visual Novel yang tersedia untuk PC Windows dan Smartphone Android. Ukuran dari Visual Novel ini (untuk PC Windows) cukup besar hingga menyentuh  3 GB.

Cerita dari Visual Novel ini berfokus pada karakter bernama Aoi. Ia merasa kehilangan arah hidup dan memilih pulang ke kampung halamannya di Kazegakura, dimana angin sepoi-sepoi bertiup di sepanjang jalanan.

Ia kemudian pergi ke bukit yang dipenuhi kincir angin, disana ia bertemu dengan seorang gadis yang menggunakan kursi roda. Gadis tersebut bernama Kotori. Aoi bersama Kotori, Ageha dan Amane berusaha untuk mengembangkan klub dan menciptakan sebuah pesawat.

Sistem Minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Visual Novel ini di PC yakni RAM minimal 1 GB, Prosesor Pentium 4 dengan clock speed 3 GHz serta ruang penyimpanan tersisa 3,5 GB. Visual Novel ini dapat dijalankan pada Windows XP, Vista, 7, 8.1 dan 10.

5. Chaos;Child

photoChaos;Child merupakan salah satu Visual Novel bergenre Psychological. - (Steam)

Satu lagi Visual Novel menarik yang diadaptasi menjadi Anime. Chaos;Child memiliki cerita lanjutan dari Chaos;Head namun tidak saling berkaitan.

Visual Novel ini menceritakan tentang kejadian Chaos Child pada tahun 2015, 6 tahun setelah terjadinya Chaos Head. Chaos Child merupakan sebuah kejadian aneh di distrik Shibuya, Tokyo.

Pada saat itu, Shibuya mengalami kejadian aneh mirip Gempa Bumi namun sebagian besar bangunan di sana tidak terdampak.

Takuru Miyashiro merupakan siswa SMA yang tergabung ke dalam klub berita misteri. Ia bersama teman-temannya ingin menguak misteri dari kejadian-kejadian aneh di Shibuya.

Takuru Miyashiro sendiri merupakan tokoh yang memiliki kekuatan Psikokinesis. Karakter lainnya pada Visual Novel ini adalah Serika Onoe, Kurusu Nono, Hinae Arimura dan masih banyak lagi.

Player akan disuguhi alur cerita yang menyeramkan, Visual Novel ini memiliki genre psychological, mystery dan thriller.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)