Ini Kisahnya, Ramadan Pertama Tanpa Orang Tua yang Meninggal karena Covid-19

Sabtu 30 April 2022, 16:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi covid-19 sudah 3 tahun mengekang dunia, menyisakan kisah pilu bagi mereka yang harus kehilangan keluarga, anak, kakak, adik, om,tante, dan lainnya termasuk kedua orang tua.  Ini cerita pemuda 20 tahun di Cibinong Bogor Jawa Barat bersama dua adiknya, menjalani ramadan pertama kali dalam kehidupan mereka tanpa kedua orang tua

Mengutip suara.com, kedua orang tua dari tiga bersaudara ini meninggal dunia karena covid-19. Sebut saja Reza (bukan nama sebenarnya), remaja beranjak dewasa yang belum lama menyelesaikan pendidikannya di SMA.

Ramadhan 1443 H tahun 2022 ini, Reza menjalani puasa tahun pertama tanpa orangtuanya. Setelah Covid-19 merenggut nyawa kedua orang tuanya, reza tinggal bersama kedua adiknya yang masih duduk di bangku sekolah.

Rasa terpukul masih terasa hingga hari ini. Semua rasa sedih, kecewa, bingung, danan beberapa rasa lainnya yang tidak bisa disebutkan terlihat jelas saat Reza menceritakan kisahnya.

Reza mengatakan kisah sedih ini dimulai tahun 2021 pertengahan, saat sang ayah yang biasa bekerja di luar kota kembali ke rumah. Tidak lama setelahnya beberapa anggota keluarga termasuk ayah dan ibunya mengalami sakit yang serupa dengan gejala covid-19.

“Saat itu semua orang di rumah terpapar covid, aku doang yang ngga. Jadi aku memilih keluar dari rumah dan tinggal sementara di rumah tetangga sekalian mantau kondisi keluarga saat memerlukan pertolongan,” kata Reza saat menceritakan kisahnya di Cibinong, Sabtu (30/4/2022).

Selama kurang lebih tiga minggu Reza memperhatikan perkembangan kesehatan keluarganya dari kejauhan. Tak lama setelahnya kedua adiknya membaik dan dinyatakan negatif.

“Setelah adik-adik dinyatakan negatif saat itu juga mereka ikut mengungsi ke rumah tetangga, tapi tetap beda kamar dulu,” jelasnya.

Tidak lama setelah kedua adiknya diungsikan, secara bersamaan kedua orang tuanya mengalami kondisi yang buruk. Harus segera dilarikan ke rumah sakit dengan perawatan intensif.

“Setelah dipindahin ke rumah sakit ga lama mereka di tawarnya cuma 2 sampai 3 harian dokter bilang kalau keadaan mama semakin memburuk dan kita (Reza dan adik-adiknya) diminta untuk banyak berdoa,” tuturnya dengan menahan tangis.

Saat malam tiba sekitar pukul 21.30 WIB Reza mendapatkan kabar dari pihak rumah sakit bahwa sang ibu sudah meninggal dunia. Kemudian Diproses sesuai dengan prosedur pemakaman Covid-19.

“Aku ngga boleh masuk hanya bisa liat mama dari kejauhan aja, saat itu aku ga bisa mikir apa-apa aku hancur banget,” kata Reza.

Rasa terpukul Reza dan adik-adiknya tidak berhenti, satu hari setelah sang ibu wafat, mereka harus mengikhlaskan kepergian sang ayah, meninggal dunia akibat covid-19.

“Aku bener-bener ngerasa Tuhan jahat banget ngasih aku cobaan seberat ini di umurku yang masih segini udah di tinggalin tanggung jawab yang gede banget,” ratapan perasaan yang Reza rasakan.

Di tahun 2022 ini adalah tahun pertama Reza menjalankan ibadah puasa, dan akan menyambut Lebaran Idul Fitri tanpa kedua orang tuanya. Reza bertanggung jawab melanjutkan usaha orang tuanya untuk menghidupi keluarga kecil  bersama kedua adik-adiknya.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio