Ngeri! Limbah Medis Bertebaran di Cipanas Cianjur

Senin 05 Oktober 2020, 08:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kurang lebih seratusan botol bekas obat suntikan diduga sengaja dibuang di pinggiran Jalan Raya Pacet atau persis di depan Wisma Kompas Gramedia, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Sampah berbahaya tersebut ditemukan oleh Tim Koordinator Rumah Singgah Sampah Cipanas, Minggu (4/10/2020). 

Koordinator Rumah Singgah Sampah Cipanas, Dede Ikhsan mengatakan, temuan seratusan botol bekas obat suntikan tersebut berawal pada saat dia melakukan penyisiran sampah-sampah yang ada di pinggiran jalan protokol seputar Kecamatan Pacet dan Cipanas

"Seperti biasa, setiap pagi dilakukan penyisiran sampah-sampah yang ada jalan protokol. Namun setibanya di samping Wisma Kompas Gramedia Kecamatan Pacet, mendapati tumpukan sampah dalam plastik berwarna merah," kata Dede Ikhsan yang akrab disapa Ading, Senin (5/10/2020). 

BACA JUGA: Plt Bupati Cianjur Tunggu Hasil Pemeriksaan Polisi Soal Viralnya Biji Plastik dalam Beras Bansos

Ading mengatakan, setelah dilakukan pengecekan dalam kantong plastik besar warna merah, ia dikagetkan dengan temuan seratusan botol bekas obat suntikan yang masih ada sisa-sisa cairannya. 

"Awalnya biasa saja, karena saya pikir sampah seperti pada umumnya. Tapi, setelah kita buka kantong plastik merah berlapiskan kantong plastik putih, di dalamnya ada kurang lebih seratusan botol bekas obat suntikan," katanya. 

Melihat hal tersebut, Ading pun langsung berkoordinasi dengan pihak atau Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur untuk memastikan keberadaan botol-botol bekas suntikan tersebut.

"Semua botol bekas suntikan yang ditemukan di samping Wisma Kompas Gramedia Kecamatan Pacet itu sudah saya serahkan ke DLH," paparnya.

BACA JUGA: Tangisan Histeris Sang Nenek, Kasus Pelecehan Seksual Anak Dibawah Umur di Cianjur

Ading mengakui temuan sampah atau limbah B3 seperti ini bukan pertama kali, namun beberapa tahun ke belakang dia pernah juga menemukan sampah berbahaya tersebut. 

"Kalau saya menduga ini ada oknum yang sengaja membuang sembarangan, namun entah itu pihak rumah sakit atau klinik yang membuang sampah limbah B3 tersebut," terangnya. 

Plt Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Neneng Rosmianti, membenarkan adanya temuan sampah mengandung limbah B3 yang ditemukan tim Rumah Singgah Sampah Cipanas, di pinggiran Jalan Raya Pacet.

BACA JUGA: Empat Tenaga Medis dari 4 Puskesmas di Cianjur Reaktif Covid-19

Neneng mengatakan, berdasarkan hasil penelitian sementara bahwa seratusan botol bekas obat suntik tersebut sangat berbahaya. Menurutnya, hal ini sangat jelas tidak dibenarkan membuang sampah sembarangan terlebih masuk kategori mengandung limbah B3. 

"Jelas sangat berbahaya, selain mudah terbakar sanksi bagi pelaku yang membuangnya sangat jelas perbuatan pidana," terangnya. 

Neneng mengatakan, pihaknya sudah membuat laporan secara resmi ke Polres Cianjur. "Saya sudah membuat laporan ke pihak yang berwajib, tentunya kita berharap segera terungkap siapa pelakunya," tandasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)