Anggota Pansus VIII Berharap (RNI) Raja Gula di Jawa Barat Ungkit Ekonomi Rakyat

Senin 22 Juni 2020, 16:23 WIB
Pansus VIII DPRD Jabar bahas materi raperda Perkebunan dengan manajemen RNI

Pansus VIII DPRD Jabar bahas materi raperda Perkebunan dengan manajemen RNI

SUKABUMIUPDATE.com - Pansus VIII DPRD Provinsi Jawa Barat akhir pekan silam menemui manajemen Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Melalui sejumlah pabriknya, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ini menjadi salah satu produsen gula terbesar di Jawa Barat.

Kunjungan ini dalam rangka penyusunan raperda perkebunan provinsi Jawa Barat yang dihadiri oleh pimpinan dan anggota Pansus VIII DPRD Jawa Barat, Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha (RNI) dan dinas Perkebunan Provinsi jawa barat. Dikutip dari akun resmi DPRD Provinsi Jawa Barat, dalam sambutannya, Ketua Pansus VIII DPRD Provinsi jawa barat Yosa Octora mengatakan RNI memiliki banyak pabrik yang mengolah hasil perkebunan dan hampir seluruh pabrik yang dimiliki itu memiliki spesifikasi tersendiri, termasuk di Jawa Barat.

Selain aset, RNI juga punya banyak pegawau di Jawa Barat sehingga banyak membantu pendapatan untuk Jawa Barat secara luas. Anggota pansus VIII DPRD Jabar, Lina Ruslinawati, menambahkan selama RNI juga selama ini berhubungan langsung dengan warga Jawa Barat diluar pegawai melalui jaringan distribusi komoditas dan pabrik.

“Saya harap jaringan kedepannya lebih diotimalkan untuk memberikan manfaat lebih khususnya kepada para petani petani tebu rakyat,” jelas melalui sambungan telpon kepada sukabumiupdate.com, Senin (22/6/2020).

BACA JUGA: Pansus VIII Datangi Dirjen Perkebunan, Lina: Perlu Sinergitas, di Jabar Mayoritas Kebun BUMN

Menurut Lina saat itu ia bersama tim pansur VIII meminta RNI dengan banyak anak perusahaan di Jawa Barat memberikan manfaat langsung ke warga, selain menyumbang pendapatan daerah. “Ini merupakan semangat dari raperda sektor perkebunan yang tengah kami susun,” sambung politisi perempuan Partai Gerinda ini lebih jauh.

Ia mengapresiasi respon positif dari manajemen RNI terkait aspirasi yang disampaikan oleh pansus VII DPRD Jabar. Tak hanya mensuport raperda, RNI juga disebut memberikan sejumlah masukan pasal per pasal dalam kajian raperda yang merupakan revisi dari perda sebelumnya.

BACA JUGA: Kebun dan Produksi Kopi di Jawa Barat Dalam Angka, Pansus VIII: Kurang Lahan Tanam

“Sebagai bagian dari stockholder perkebunan di Jawa Barat, RNI memang memiliki kesempatan untuk memberikan pandangan terkait pembangunan sektor perkebunan dimasa depan, tentunya yang berpihak pada kepentingan masyarakat,” sambung Lina.

Keberadaan BUMN perkebunan di Jawa Barat menurut Lina harus bisa menjadi penyemangat bangkitnya perekonomian lokal. Sinergitas menjadi kunci untuk bersama-sama mengembangkan sektor perkebunan menjadi alat kesejahteraan rakyat.

“Kita bermimpi dan semoga jadi kenyataan, keberadaan RNI bisa membangkitkan ekonomi lokal baik berbasis masyarakat maupun pemerintah daerah seperti BUMD dan lainnya,” pungkas Lina.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)