TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Gubernur Ridwan Kamil Sebut 9 Jalan Tol Baru Akan Dimiliki Jawa Barat

Jawa Barat akan memiliki sembilan jalan tol baru, hal itu diungkap oleh gubernur Ridwan Kamil

Penulis
Minggu 23 Okt 2022, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan provinsi yang dipimpinnya akan segera memiliki sembilan jalan tol baru. Saat ini, pembangunan sejumlah ruas tol itu sudah berjalan dan ditargetkan rampung paling lambat pada tahun 2025. 

Dilansir dari Tempo.co, Ia menyatakan Jawa Barat adalah wilayah dengan infrastruktur konektivitas paling lengkap di Indonesia. "Kita punya infrastruktur paling lengkap, ada di Jawa Barat. Kita lagi seminar disini, di luar sana ada sembilan ruas jalan tol dibangun," kata Ridwan Kamil di Fablab Correctio Jababeka, Cikarang, Jumat, 21 Oktober 2022.

Dengan dibangunnya akses konektivitas itu, ia yakin pertumbuhan ekonomi wilayah bakal terpicu. Meski begitu, Ridwan Kamil menegaskan yang juga penting tidak hanya berfokus pada pengembangan hunian saja, tapi juga berbagai fasilitas lain untuk bekerja hingga hiburan.

"Harus seimbang. Kota itu jangan bikin pengembangan mayoritas hanya rumah. Dipikirin CBD-nya di mana, komersialnya di mana," kata pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Adapun, jalan tol yang konstruksinya akan selesai dalam waktu dekat yaitu Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang dicanangkan dapat rampung di akhir tahun ini.

Berikut ini adalah daftar lengkap sembilan jalan tol baru di Jawa Barat:

  1. Tol Cisumdawu sepanjang 62 kilometer (2022)
  2. Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) sepanjang 54 kilometer (2022)
  3. Tol Jakarta-Cikampek Selatan sepanjang 64 kilometer (2025)
  4. Tol Desari (Depok-Antasari) sepanjang 28 kilometer (2024)
  5. Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 35 kilometer (2022)
  6. Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26 kilometer (2023)
  7. Tol Cijago (Cinere-Jagorawi) sepanjang 15 kilometer (2022)
  8. Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 207 kilometer (perjanjian pengusahaan: 31 Januari 2022)
  9. Tol Akses Pelabuhan Patimban sepanjang 37 kilometer (tahap pelelangan).

Dalam kesempatan itu Kang Emil juga mengomentari pembangunan kawasan Silicon Valley di koridor timur Jakarta-Bandung. Ia menilai pembangunan kawasan itu perlu menggunakan konsep live, work, and play.

Pengembangan kawasan di koridor tersebut diprakarsai oleh PT Jababeka Tbk. (KIJA), yang salah satu proyeknya yaitu bernama Correctio. Kawasan tersebut juga dikembangkan oleh 21 pengembang properti lainnya.

Kawasan Silicon Valley dapat terwujud, menurut dia, jika telah memenuhi setidaknya 5 rumus atau kunci pengembangan yang disebutkan. Lima hal itu adalah bentuk kawasan berupa koridor, banyak universitas, potensi walkability, punya landmark, dan membangun alun-alun.

Dalam hal ini, Kang Emil itu mendorong para pengembang untuk memprioritaskan fasilitas pendidikan. Apalagi, aturan Omnibus Law saat ini dinilai memudahkan karena mengizinkan universitas buka cabang.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x