Dompet Dhuafa Gelar Gebyar Budaya Nusantara Sebagai Bentuk Komitmen Lestarikan Budaya

Minggu 28 Agustus 2022, 10:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk memeriahkan dan mengisi perayaan HUT ke-77 RI, Dompet Dhuafa bersama Kampung Silat Jampang dan Sanggar Suluk Nusantara menggelar "Gebyar Budaya Nusantara" pada Sabtu (27/8/2022).

Gelaran yang mengambil tempat di Aula Masjid Al Madinah, di kawasan pemberdayaan berbasis wakaf Zona Madina.

Karawitan Sanggar Budaya Suluk Nusantara yang diselingi goro-goro Punokawan membuka acara. Kemudian disusul dengan atraksi silat dari Kampung Silat Jampang dan Pentas Puisi insan Dompet Dhuafa.

Hadir dalam kesempatan itu, Inisiator serta Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa sekaligus Pembina Suluk Nusantara, yaitu Parni Hadi, Pendiri dan Ketua  Ok Oce Indonesia Indra Cahya Uno, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika Rahmad Riyadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Deni Humaedi, Pimpinan Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Rameni, Kepala Desa Jampang Wawan Hermawan, dan masih banyak pihak lain yang datang turut memeriahkan.

Baca Juga :

Dompet Dhuafa Atasi Paceklik Air Bersih Warga Cikawung Nagrak Sukabumi

Keanekaragaman budaya yang tersaji dalam Gebyar Budaya Nusantara menjadi simbol kemajemukan Indonesia. Perpaduan budaya Jawa, Sunda, Betawi yang tersaji merepresentasikan Dompet Dhuafa sebagai Lembaga yang Rahmatan lil Alamin.

Selain itu, gelaran tersebut juga memadukan semangat berbudaya dari berbagai elemen masyarakat. Pasalnya dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia larut dalam semangat menyajikan ragam budaya bangsa. Semua berpadu sebagai putra-putri bangsa yang bangga akan budayanya.

photoKarawitan Sanggar Budaya Suluk Nusantara yang diselingi goro-goro Punokawan membuka acara - (Istimewa)</span

"Saya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Gebyar Budaya Nusantara dari Dompet Dhuafa. Kemudian adanya penandatanganan MoU antara Dompet Dhuafa dan OK OCE terkait pengembangan Desa Wisata dan UMKM. Dalam hal ini budaya menjadi kunci, sehingga keragaman budaya bangsa tidak hilang tergerus arus globalisasi dan modernisasi yang semakin tak terkendali. Selain itu, pariwisata budaya diharapkan dapat memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat yang lebih besar lagi. Mari bersama jaga dan kelola budaya. Budaya nusantara lestari, ekonomi bangkit kembali," ungkap Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dalam sambutannya melalui video.

Senada dengan Sandiaga Uno, Parni Hadi selaku Inisiator dan Ketua Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika turut bersemangat dalam upaya merawat budaya bangsa. Di tengah sajian para penampil di Gebyar Budaya Nusantara, Parni Hadi menyuntikkan semangat kepada seluruh insan yang hadir.

"Inilah Indonesia yang saya cita-citakan. Saya merasa senang dan bersyukur hari ini. Mari menjadi modern dan berbudaya. Merdeka!," ucapnya di depan ratusan penampil budaya dan tamu undangan.

Sekilas Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

(ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI