Banyak Prestasi Termasuk Penghargaan KPK, Kades Pipit Jadi Tersangka Pungli PTSL

Jumat 05 Agustus 2022, 14:02 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi Jawa Barat menetapkan Pipit Haryanti, Kepala Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, sebagai tersangka dugaan pungli alias pungutan liar. Jaksa mencatat sedikitnya terkumpul uang Rp 466 juta dari warga pemohon PTSL.

Pipit resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi pada Selasa (2/8) kemarin, atas dugaan kasus pungutan liar. Kasus bermula dari pelaporan salah satu warga yang merasa keberatan atas permintaan uang dari program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, pada 2021 lalu.

Pipit diduga meminta para perangkatnya untuk mengutip uang sebesar Rp 400 ribu ke sejumlah warganya yang mau berpartisipasi dalam program PTSL

“Uang tersebut dikumpulkan kepada Kepala Desa Lambang sari, namun untuk biaya patok, materai, fotokopi dan lain sebagainya dibebankan kepada pemohon,” ujar Kepala Seksi Intelijen Kejari Kabupaten Bekasi, Siwi Utomo dilansir dari suara.com.

Dari hasil penyelidikan sementara, dari hasil pungutan luat PTSL di Desa Lambangsari tersebut diketahui sudah terkumpul uang sebesar Rp 466 juta.

Namun angka tersebut masih bersifat sementara, sebab masih ada pemohon yang berasal dari badan hukum maupun perusahaan. Alhasil, akibat perbuatannya, Pipit Heriyanti ditahan hingga 20 hari ke depan, hingga 21 Agustus 2022 mendatang.

Karir Pipit Heriyanti

Pipit Heriyanti menjabat sebagai Kepala Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan sejak 2018 lalu. Pada pemilihan kepala desa Lambangsari yang digelar pada 26 Agustus 2018, ia berhasil meraih 3158 suara dan total pemilih yang berjumlah 6.053 orang.

Ketika itu, Pipit Heriyanti berhasil mengalahkan calon kepala desa petahana, Yaceu Herliyanti. Selama menjabat, Pipit dinilai sebagai salah satu kepala desa yang berprestasi karena beberapa kali berhasil meraih penghargaan.

Pada 2020 lalu, Pipit Heriyanti berhasil meraih penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) atas program di Desa Lambangsari yang dinilai responsif terhadap gender.

Oleh Kementerian PPPA, program yang digagas Pipit dinilai bisa membantu menggerakkan ekonomi rumah tangga di desanya.

Tak hanya itu, ia juga berkesempatan terbang ke New York Amerika Serikat, mewakili Kepala Desa perempuan di Indonesia untuk mengikuti sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pipit Heriyanti juga pernah menerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 26 Agustus 2020 yang lalu. Penghargaan itu ia raih di Gedung Merah Putih ketika ada kegiatan mengenai Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK).

SUMBER: SUARA.COM (Damayanti Kahyangan)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Produk29 November 2023, 10:12 WIB

Cabai Rawit Merah di Kota Sukabumi Rp 100 Ribu per Kg, Cuaca Picu Kenaikan Harga

Diskumindag Kota Sukabumi mencatat fluktuasi harga komoditas cabai.
(Foto Ilustrasi) Dalam sepekan terakhir cabai di Kota Sukabumi mengalami fluktuasi harga. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life29 November 2023, 10:00 WIB

11 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Menurut Pada Orang Tua, Bunda Yuk Simak!

Cara mendidik anak laki-laki agar menurut pada orang tua harus dilakukan dengan sabar. Pasalnya, mendidik anak adalah pola parenting sekaligus pembelajaran agar anak laki-laki tumbuh menjadi anak yang penurut.
Ilustrasi. Anak Laki-laki | Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Menurut Pada Orang Tua, Bunda Yuk Simak! (Sumber : pixabay.com/@RachelBostWick)
Sukabumi29 November 2023, 09:38 WIB

Kades Bangbayang Sukabumi Sayangkan Perangkat Desanya Kompak Mengundurkan Diri

Dadang mengatakan dirinya tidak mengeluarkan para perangkat desa.
(Foto Ilustrasi) Dadang Mulyana, Kepala Desa Bangbayang, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menyayangkan adanya 10 perangkat desa yang mengundurkan diri. | Foto: Freepik
Life29 November 2023, 09:33 WIB

12 Ciri Teman Kerja Toxic yang Harus Diwaspadai, Sikapnya Manipulatif!

Ciri-ciri teman kerja toxic harus diwaspadai agar kamu tidak mudah dimanfaatkan di tempat kerja. Pasalnya, kebaikanmu disalahgunakan oleh Teman kerja toxic yang memiliki sikap manipulatif dan tidak punya etika
Ilustrasi. Diam | Ciri-Ciri Teman Kerja Toxic yang Harus Diwaspadai, Sikapnya Manipulatif! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat29 November 2023, 09:00 WIB

Ada Bayam Hingga Kedelai, 5 Makanan Tinggi Vitamin K dan Memiliki Banyak Manfaat

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk pembekuan darah, kesehatan tulang, dan fungsi otak.
Ilustrasi - Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk pembekuan darah, kesehatan tulang, dan fungsi otak. (Sumber : pexels.com/@Jacqueline Howell.)
Kecantikan29 November 2023, 08:30 WIB

7 Manfaat Masker Bengkuang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Inilah Sederet Manfaat Masker Bengkuang untuk Wajah, Salah Satunya Bisa Mencerahkan Kulit. Masker Bengkuang dapat dibuat secara alami di rumah atau membeli produk kemasan yang ada di toko kosmetik.
Ilustrasi. Manfaat Masker Bengkuang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit (Sumber : Freepik/@diana.grytsku)
Life29 November 2023, 08:00 WIB

10 Ciri Anak Mulai Suka Lawan Jenis, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Berikut Sederet Ciri Anak Mulai Suka Lawan Jenis, Bunda Perhatikan Sikapnya Yuk Jangan Lengah!
Ilustrasi. Ciri Anak Mulai Suka Lawan Jenis, Bunda Perhatikan Sikapnya! (Sumber : pixabay.com/@AdinaVoicu)
Life29 November 2023, 07:00 WIB

10 Penyebab Anak Perempuan Tidak Punya Teman, Salah Satunya Kepribadian

Setiap anak perempuan memiliki pengalaman sosialnya sendiri, dan situasi tidak punya teman di sekolah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut beberapa penyebab anak perempuan tidak punya teman di sekolah, salah satunya faktor kepribadian.
Ilustrasi. Penyebab Anak Perempuan Tidak Punya Teman, Salah Satunya Kepribadian (Sumber : pixabay.com/MichalFošenbauer)
Science29 November 2023, 06:30 WIB

8 Jenis Hama Penyakit Pada Tanaman Cabai, Simak Cara Mengatasinya!

Hama penyakit pada tanaman cabai bisa menyebabkan gagal panen sehingga harus diatasi dengan serius
Tanaman cabai rawit - 8 Jenis Hama Penyakit Pada Tanaman Cabai, Simak Cara Mengatasinya! (Sumber : YouTube/@StevanoSanjaya)
Food & Travel29 November 2023, 06:00 WIB

Resep Dada Ayam Fillet Goreng Tepung, Menu Makan Sehat untuk Anak

Berikut Cara Membuat Dada Ayam Fillet Goreng Tepung, inspirasi Menu Makan Sehat untuk Anak. Updaters, yuk recook!
Resep Dada Ayam Fillet Goreng Tepung, Menu Makan Sehat untuk Anak (Sumber : Instagram/@trisulistijani.2908)