Sudah Dinyatakan Meninggal, Pencarian Eril di Sungai Aare Masih Diteruskan

Jumat 03 Juni 2022, 16:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Erwin Muniruzaman, kakak kandung dari Ridwan Kamil sekaligus juru bicaranya mengatakan jika pencarian Eril di Sungai Aare masih diteruskan walaupun sudah dinyatakan meninggal dunia.

photoPutra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz. Emmeril atau yang biasa disapa Eril hilang terseret arus Sungai Aare, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. - (Istimewa)</span

“Jadi dengan kita melaksanakan salat gaib atau sebagian yang sudah melaksanakan salat gaib bukan berarti pencarian Eril akan berakhir,” kata dia, dalam konferensi pers daring, Jumat, (3/6/2022) yang kami lansir dari tempo.co.

Baca Juga :

Haru, Ridwan Kamil Lantunkan Adzan di Tepi Sungai Aare untuk Eril

Erwin mengatakan, adiknya, yakni Elpi Nazmuzaman sudah berada di Swiss akan meneruskan pencarian Eril mewakili pihak keluarga untuk menggantikan Ridwan Kamil dan istrinya yang tengah dalam perjalanan kembali ke Indonesia.

“Elpi akan tetap bekerja sama dibantu KBRI di sana untuk memastikan proses pencarian berlanjut sampai dengan Eril ditemukan,” kata dia.

Erwin mengatakan, seluruh proses pencarian sudah dilakukan, tapi belum membuahkan hasil. “Otoritas setempat sudah menggunakan pencarian yang memang spesifik untuk mencari jenazah,” kata dia.

Erwin mengatakan, keluarga besar sudah ikhlas menyatakan Eril meninggal. Keluarga meyakini Eril syahid.  Kepergian Eril ke Swiss merupakan bagian dari perjalanan safar untuk menuntut ilmu. Kematian menjemputnya di sungai saat berenang.

“Di dalam aktivitas renang ini dari kesaksian keluarga kami, Eril menunjukkan tanggung jawabnya dengan memastikan yang ikut aktivitas tersebut dipastikan keselamatannya," kata Erwin. Sehingga, kata dia, memang yang diizinkan bersama Eril hanya tiga orang, dan memastikan bahwa posisi formasi berenang itu memungkinkan Eril memastikan keselamatan yang lain.

"Dari keseluruhan peristiwa ini kami sekeluarga berprasangka baik Insya Allah Eril wafat dalam keadaan husnul khotimah, dan memenuhi kriteria orang yang tenggelam dengan kriteria tertentu dinyatakan sebagai syahid di akhirat,” kata Erwin.

photoRibuan jemaah Masjid Agung Kota Sukabumi ikuti salat gaib untuk Eril usai salat jumat. - (Dokpim Kota Sukabumi)</span

Di kesempatan yang  sama, Elpi Nazmuzaman mengatakan, dirinya sudah berada di Swiss sejak kemarin. Status keponakannya dinyatakan missing person.

“Berdasarkan keterangan yang kami terima dari KBRI, dinyatakan sebagai missing person oleh pihak kepolisian. Namun pihak kepolisian memang didasarkan pada situasi dan laporan hilang karena situasi hanyut,” kata dia, dalam konferensi pers daring, Jumat (3/6/2022).

Elpi mengatakan, proses pencarian hingga saat ini masih diteruskan. Kendati pihak keluarga sudah ikhlas menyatakan keponakannya telah meninggal, proses pencarian diteruskan.

“Kami sampaikan pihak keluarga, baik Ridwan Kamil beserta istri sudah hampir 7 hari terus memantau, sangat ikhlas, walaupun kita berusaha setiap hari dan status ini tidak mengubah harapan keluarga untuk melakukan pencarian dan situasi dan harapan kami bisa bertemu dengan saudara atau keponakan kami, atau adinda kami Emmeril Kahn Mumtadz dalam keadaan apapun yang Allah ridhoi ketentuannya,” kata dia.

Elpi mengatakan, pihak otoritas menambah metode pencarian Eril yang hilang di Sungai Aare selanjutnya menggunakan anjing pelacak.

“Kepolisian saat ini sudah bersiap menerjunkan anjing pelacak yang memiliki kemampuan khusus untuk menjejak aroma di permukaan di mana ini adalah keahlian khusus,” kata dia.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik