Mengenal Haji Sondani, Si Kakek Viral yang Nikahi Gadis Cantik 19 Tahun

Sabtu 21 Mei 2022, 15:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Video pernikahan kakek 63 tahun dengan gadis 19 tahun di Cirebon Jawa Barat viral. Siapa sebenarnya si kakek beruntung yang menyiapkan mahar hingga Rp 700 juta rupiah untuk mempersunting sang gadis desa itu.

Pengantin laki-laki dalam video viral yang banyak membuat patah hati para jomblo itu adalah Haji Sondani. Ia dikenal sebagai juragan tanah di Desa Tegalgubug Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Istri cantiknya bernama Fia Barlanti. Tak hanya pernikahan beda usia 44 tahun yang viral, tapi juga mahar dan rencana Haji Sondani untuk bulan madu ke Madinah Arab Saudi, alias umroh.

"Saya akan mengajak istri bulan madu ke Kota Madinah, karena saya rindu di Kota Madinah," ucap Haji Sondani dikutip dari suara.com.

Selain mengajak sang istri untuk bulan madu ke Madinah, Haji Sondani juga berencana memberangkatkan 30 orang untuk ibadah umroh pada akhir Mei 2022.

"Tanggal 30 mei nanti, saya akan berangkatkan enam orang dulu. Enam orang ini istri dan keluarganya, berikut saya. Karena saya sudah mengucap salah satu maharnya ini, memberangkatkan umroh istri dan saudara-saudaranya," jelasnya.

Mereka yang akan berangkat ke tanah suci adalah keluarga besar sang istri, beserta sejumlah saksi yang menghadiri pernikahan mereka. "Saya sudah siapkan dananya, setelah Hari Raya Idul Adha, sebanyak 16 orang diberangkatkan, baik dari keluarga Fia, keluarga saya dan sejumlah orang terdekat saya."

Saat disinggung, adanya selentingan di sejumlah media sosial, bahwa pernikahan ini hasil dari sayembara langsung dibantah Sondani. Ia menyebut itu bukan sayembara, namun pernah mengucap jika menikah dengan gadis yang masih perawan, ia akan berangkatkan umroh berikut keluarganya.

"Sayembara apaan? Tidak ada sayembara. Saya hanya berucap, jika ada seorang perempuan statusnya masih perawan dan mau dinikahi, akan kami berangkatkan umroh, "katanya.

Pernikahan Haji Sondani dengan Fia berlangsung pada 18 Mei 2022. Diakui oleh Haji Sondani bahwa ia mengeluarkan uang sebesar Rp 700 juta untuk keperluan menikah dan hal lainnya, sedangkan untuk mahar, ia menyebut bahwa dirinya mengeluarkan uang Rp 50 juta.

"Jujur saja, untuk keperluan kebutuhan pernikahan ini, saya siapkan sebanyak Rp 700 juta, tapi yang baru saya keluarkan sebanyak Rp 350 juta rupiah, berikut satu unit sepeda motor," katanya Sabtu (21/5/2022).

Haji Sondani bercerita bahwa ia bertemu istrinya tersebut saat melakukan ziarah ke Pulau Panjang, Jepara. Dari pertemuan pertama itu, Haji Sondani lalu berkenalan dengan Fia dan melakukan pendekatan hingga akhirnya mempersunting gadis muda tersebut.

"Bertemu dengan Fia itu sebelum puasa kemarin, saat berziarah di Pulau Panjang. Saat itu ia sedang duduk sendirian, kemudian saya dekati dan menanyakan status sudah punya pacar apa belum," cerita Haji Sondani .

Diakui oleh Haji Sondani bahwa pendekatan yang ia lakukan selama satu bulan. "Setelah lebaran Idul Fitri kemarin, saya datang kerumahnya dan bertemu orang tuanya. Disana saya meminta restu untuk menikahinya, dan akhirnya pada 18 Mei kemarin kami sah menikah," kata juragan tanah tersebut.

SUMBER: SUARA.COM (Abdul Rohman)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).