Penyelundup Jemaah Haji Terancam Denda Hingga Ratusan Juta Rupiah

Rabu 22 Juli 2020, 11:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Arab Saudi akan mendenda dan memenjarakan individu dan perusahaan yang mengangkut jemaah haji yang tidak memiliki izin haji, sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan dan keselamatan unyuk mencegah penyebaran virus corona.

Haji, yang biasanya menarik lebih dari 2 juta orang dari seluruh dunia, akan digelar saat wabah virus corona, tetapi Kerajaan Saudi telah memutuskan untuk membatasi jumlah jamaah.

Melansir Tempo.co, sebagaimana diberitakan Arab News, 22 Juli 2020, petugas keamanan akan menjaga terhadap kemungkinan upaya penyelundupan jamaah yang tidak diizinkan untuk musim haji. Tidak seorang pun kecuali mereka yang memiliki izin resmi dari pihak berwenang diizinkan melakukan haji atau memasuki wilayah suci.

Menurut Direktorat Jenderal Paspor Saudi, individu dan perusahaan yang mengangkut jemaah haji tanpa izin akan menghadapi hukuman berat karena melanggar hukum di samping hukuman tambahan karena membahayakan kesehatan masyarakat. Hukuman termasuk denda, penjara, dan penyitaan kendaraan mereka.

Ekspatriat yang ditemukan melanggar langkah-langkah juga akan menghadapi deportasi dari negara dan mereka akan ditolak aksesnya ke Kerajaan selama periode tertentu.

Hukuman dimulai dari SR 10.000 (Rp 39 juta) untuk setiap jamaah yang diangkut secara ilegal dan 15 hari penjara untuk pelanggar pertama kalinya. Hukuman ini akan berlipat ganda ketika pelanggaran tersebut diulangi. Denda maksimum adalah SR 50.000 (Rp 195 juta) untuk setiap jamaah dan enam bulan penjara di samping penyitaan kendaraan.

Keamanan Publik Arab Saudi mengatakan pihaknya telah menyusun rencana keselamatan haji untuk mengimplementasikan sepenuhnya protokol kesehatan virus corona.

Sejumlah umat muslim melaksanakan salat dekat Kabah dengan menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, 4 Mei 2020. Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Haji tahun ini, yang telah diturunkan secara dramatis untuk memasukkan hanya sekitar 1.000 jamaah Muslim karena pandemi, akan dimulai pada 29 Juli, kata otoritas Saudi pada hari Senin, dilansir dari Al Jazeera.

"Prosesi jemaah haji di Gunung Arafat, puncak dari ritual haji, jatuh pada hari Kamis," kata kantor berita Saudi Press Agency mengutip Mahkamah Agung, yang mengindikasikan bahwa hari Rabu akan menjadi hari pertama haji.

Waktu haji ditentukan oleh posisi bulan, sesuai dengan kalender lunar Islam.

Dalam situasi normal, ibadah haji dan umrah biasanya menarik jutaan Muslim dari seluruh dunia dan menghasilkan sekitar US$ 12 miliar (Rp 175 triliun) setahun untuk Arab Saudi.

Meskipun para pejabat haji mengatakan jamaah akan dibatasi untuk 1.000 orang yang sudah berada di kerajaan, baik warga asing maupun warga Saudi, beberapa laporan pers mengatakan bahwa 10.000 orang dapat ambil bagian.

Ritual itu telah dibatasi bagi para profesional medis dan personel keamanan yang telah pulih dari virus corona, kata kementerian haji.

Keputusan untuk mengecualikan jamaah yang datang dari luar Arab Saudi adalah yang pertama dalam sejarah modern kerajaan Saudi.

Mereka yang ikut serta akan dites virus corona sebelum tiba di kota suci Mekah dan diharuskan untuk karantina di rumah setelah haji, menurut pejabat kesehatan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sehat26 April 2024, 13:30 WIB

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Inilah Sejumlah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Produk26 April 2024, 13:21 WIB

Simak Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Peserta yang Meninggal Dunia

Saldo JHT peserta dapat diklaim oleh ahli warisnya yang sah.
Ilustrasi dari BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: BPJS Ketenagakerjaan
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).