Lockdown, Angka Perceraian di Arab Saudi Naik

Minggu 07 Juni 2020, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Angka perceraian di Arab Saudi naik 30 persen pada Februari 2020 atau setelah karantina diberlakukan menyusul penyebaran virus corona. Karantina atau perintah untuk tetap berada di rumah, kecuali ada hal mendesak, telah membuat banyak istri di Arab Saudi mengetahui suami mereka punya istri lain.

Situs middleeastmonitor.com mewartakan angka pernikahan di Arab Saudi pada Februari 2020 naik 5 persen dibanding bulan yang sama pada tahun lalu. Namun angka perceraian pada bulan itu juga mengalami kenaikan, yakni 7.842 kasus perceraian atau naik 30 persen. Pembatalan pernikahan juga telah menjadi opsi bagi perempuan, khususnya dalam kasus istri disakiti oleh suami.

Seorang pengendara mobil menunjukkan surat izin berpergian kepada petugas kepolisian Arab Saudi selama jam malam. [Saudi Press Agency]

Data statistik Kementerian Kehakiman Arab Saudi menyebut pada Februari itu, ada 52 persen permohonan gugat cerai dan kasus perceraian berasal dari Kota Mekkah dan Ibu Kota Riyadh. Sebagian besar perempuan yang mengajukan perceraian itu adalah wanita karir, pengusaha, perempuan yang berpengaruh di komunitas dan dokter perempuan. Mereka mengajukan cerai sebagian besar karena kecewa suami poligami diam-diam.    

Saleh Musfer Al-Ghamdi, pengacara asal Arab Saudi, mengatakan dalam dua pekan pertama Februari 2020, dia menerima lima permohonan pengurusan perceraian yang diajukan oleh pihak istri. Di antara yang mengajukan gugat cerai itu adalah seorang dokter yang menemukan suaminya menikah diam-diam dengan seorang perempuan Arab.

Poligami adalah praktik memiliki istri lebih dari satu, di mana hal ini sah dalam agama Islam dan sah di beberapa negara yang penduduknya masyoritas Muslim. Akan tetapi, di negara seperti Turki dan Tunisia, poligami masih menjadi hal yang ilegal. Poligami juga masih menjadi masalah yang diperdebatkan dan dikaitkan dengan masalah hak-hak perempuan.

Poligami juga kadang dipolitisasi, seperti Israel yang melarang praktik poligami dan akan menindaknya di kalangan komunitas masyarakat Arab dan Muslim di Israel. Isreal menduga praktik poligami sebagai upaya menaikkan demografi masyarakat Arab di sana. Akan tetapi Israel membolehkan poligami di kalangan umat Yahudi Israel untuk meningkatkan demografi Yahudi.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com