24 Orang Tewas dan Hampir 1.000 Terluka dalam Kebakaran Hutan di Chile

Senin 06 Februari 2023, 14:18 WIB
(Foto Ilustrasi) Terjadi kebakaran hutan di Chile, Minggu, 5 Februari 2023. | Foto: Pixabay

(Foto Ilustrasi) Terjadi kebakaran hutan di Chile, Minggu, 5 Februari 2023. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api di puluhan kebakaran hutan di Chile, Minggu, 5 Februari 2023. Mereka berusaha mengendalikan salah satu bencana alam terburuk di negeri itu selama bertahun-tahun dengan korban mencapai setidaknya 24 jiwa dengan hampir 1.000 orang terluka.

Mengutip Reuters via Tempo.co, bantuan internasional mulai berdatangan dari sejumlah negara yang telah menjanjikan sumber daya, termasuk pesawat dan tim pemadam kebakaran yang ahli, ketika kebakaran paling hebat membakar hutan dan lahan pertanian di sekitar tiga wilayah di dekat garis pantai Pasifik panjang negara Amerika Selatan itu.

Presiden Gabriel Boric mengeluarkan deklarasi darurat untuk kawasan selatan pedesaan Biobio, Nuble, dan Araucania dalam upaya mempercepat pemulihan. Pada Minggu, berbicara dari kota Puren di Araucania, Boric menekankan pemerintahannya akan menyediakan segala sumber daya yang dibutuhkan, saat ia berusaha untuk membangkitkan solidaritas dalam menghadapi kebakaran hutan mematikan.

“Saya telah melihat ketahanan orang-orang kita, dan semangat itulah yang harus membimbing kita dalam masa sulit ini," katanya. "Bersama-sama, kita akan keluar dari ini ke depan."

Baca Juga: Peneliti: Deforestasi dan Kebakaran Hutan Jadi Emisi Terbesar Indonesia

Kebakaran telah menghabiskan sekitar 270.000 hektare, kata para pejabat pada Minggu, atau setara dengan luas negara bagian Rhode Island di AS.

Gelombang panas yang membakar di musim panas di belahan bumi selatan mempersulit upaya untuk memadamkan api, karena suhu di beberapa daerah yang paling terkena dampak telah melebihi 104 derajat Fahrenheit (40 Celcius).

Kantong-kantong kebakaran yang intens dapat terlihat melompat dari bukit-bukit penuh hutan di sekitar pantai dekat kota Dichato persis di luar kota Concepcion di kawasan Biobio pada Sabtu malam, saat cahaya dari kebakaran itu menerangi perahu-perahu di pelabuhan kecil.

Tiga belas yang tewas--lebih dari separuh jumlah korban kebakaran yang dilaporkan--berasal dari Biobio, yang, seperti Nuble dan Araucania, adalah rumah bagi hutan-hutan yang luas dan juga pertanian-pertanian yang menghasilkan anggur dan buah-buah lain untuk dijual.

Baca Juga: Kisah Mahasiswa Indonesia Hadapi Kebakaran Hutan di Canberra

Sekitar 260 titik kebakaran aktif di seluruh kawasan yang kering itu, para pejabat kementerian dalam negeri, Minggu, mengatakan 25 di antaranya dianggap sangat berbahaya. Hampir 1.500 orang melarikan diri ke tempat-tempat perlindungan. Setidaknya 26 dari 970 yang terluka terdaftar dalam kondisi serius di rumah sakit-rumah sakit lokal.

Para pejabat Chile berusaha mencari bantuan internasional untuk memadamkan kebakaran, dengan api-api baru yang menyala setiap hari. Pihak berwenang mengatakan mereka memfasilitasi kedatangan bantuan dari Brasil, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Portugal, dan Venezuela.

Beberapa bantuan asing telah tiba. Sebuah unit militer dari Spanyol sedang dalam perjalanan, kata pejabat, Minggu, sambil menambahkan sebuah pesawat Ten Tanker yang berkapasitas 36.000 liter air pemadam kebakaran direncanakan tiba Senin.

Sementara itu, sebuah tim personel dan truk khusus dari Argentina juga tiba Minggu, begitu juga dua pesawat militer dan sekitar 300 relawan dari Meksiko, demikian menurut kementerian luar negeri Chile.

Sumber: Reuters via Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat13 Juni 2024, 20:00 WIB

4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan.
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).
Sehat13 Juni 2024, 19:45 WIB

Bolehkah Ngemil Saat Diabetes? Inilah 9 Camilan Sehat Ramah Kadar Gula Darah

Mengelola kadar gula darah ketika sedang terkena diabetes memanglah tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang senang ngemil dan selalu perlu camilan.
Ilustrasi Penderita diabetes tetap bisa ngemil dengan camilan sehat ramah kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@8photo)