TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Presiden Rusia Vladimir Putin Pastikan Tak Hadiri KTT G20 di Bali

Sebagai tuan rumah KTT G20, Indonesia telah menolak tekanan dari negara-negara Barat dan Ukraina untuk menarik undangannya kepada Vladimir Putin dari KTT.

Kamis 10 Nov 2022, 10:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri pertemuan para pemimpin dari negara-negara Kelompok 20 (KTT G20) di Bali pekan depan. Hal ini diungkapkan seorang pejabat pemerintah Indonesia kepada Reuters dikutip lewat tempo.co, Kamis (10/11/2022).

Putin akan diwakili Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, kata Jodi Mahardi, juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Kendati demikian, Presiden Putin akan bergabung dengan salah satu pertemuan secara virtual, katanya.

Sebagai tuan rumah KTT G20, Indonesia telah menolak tekanan dari negara-negara Barat dan Ukraina untuk menarik undangannya kepada Putin dari KTT. Indonesia juga menolak mengeluarkan Rusia dari kelompok tersebut atas perang di Ukraina, dengan mengatakan tidak memiliki wewenang untuk melakukannya tanpa konsensus di antara anggota.

Presiden Indonesia Joko Widodo dalam sebuah wawancara dengan Financial Times mengatakan Rusia disambut baik di KTT itu, yang dia khawatirkan akan dibayangi peningkatan ketegangan internasional yang "sangat mengkhawatirkan".

"G20 tidak dimaksudkan untuk menjadi forum politik. Ini dimaksudkan untuk membahas ekonomi dan pembangunan," katanya.

Indonesia juga telah mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, yang mengatakan dia tidak akan ambil bagian jika Putin melakukannya dan diharapkan untuk bergabung secara virtual. Sejumlah pemimpin dunia lainnya akan menghadiri KTT G20 yang dimulai pada 10 November 2022, termasuk Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Sumber: Reuters via Tempo.co

#SHOWRELATEBERITA


Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x