5 Tips Menjadi Entrepreneur Sukses

Sabtu 24 April 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pertumbuhan ekonomi di Indonesia memang sempat mengalami penurunan pada saat pandemi COVID-19 menyebar di tahun 2020, namun geliat berwirausaha yang sedang tumbuh juga sangat bagus. Kini banyak pengusaha atau entrepreneur muda memberanikan diri terjun ke dunia usaha, tak sedikit banyak juga yang berhasil merintis usaha mereka meski berawal dari sebuah UMKM, Startup hingga menjadi sebuah perusahaan besar.

Persaingan di dunia bisnis dan usaha tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Model-model bisnis di era digital juga semakin variatif, seorang entrepreneur harus mampu beradaptasi, berinovasi dan memiliki kreatifitas lebih agar mampu bertahan dan mengembangkan usahanya.

Baca Juga :

Banyak juga sejumlah tokoh inspirasional yang sukses menjadi pengusaha sejak masih muda, tentunya mereka tidak membangun usaha mereka dalam waktu sekejap mata, penuh perjuangan, darah dan air mata sehingga mereka bisa membangun perusahaan tersebut.

photoPendiri dan mantan CEO Apple.Inc, Steve Jobs - (apple.com)</span

Sebut saja mendiang Steve Jobs, pendiri dan mantan CEO Apple.Inc ini terkenal memiliki sejumlah pemikiran yang anti-mainstream dan inovatif. Steve berani melakukan keputusan beresiko bahkan tak masuk akal, namun berkat ide 'gila' Steve tersebut, Apple menjadi besar dan sukses seperti saat ini.

photoCEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk - (Forbes)</span

Selanjutnya ada CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Pria yang bermimpi membawa umat manusia ke planet Mars ini banyak mengalami ejekan dan hinaan saat masih kecil hingga remaja. Namun dengan kerja keras yang ia lakukan, Musk dapat membuktikan dan membuat bungkam setiap orang yang dulu pernah meremehkan dirinya.

photoPendiri dan CEO Facebook.Inc, Mark Zuckerberg - (Forbes)</span

Yang terakhir ada Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook. Seperti yang kita ketahui, platform Facebook menjadi sebuah aplikasi media sosial paling banyak digunakan umat manusia di seluruh dunia.

Facebook lahir dari sebuah eksperimen iseng Mark dengan temannya yang saat itu masih menjadi mahasiswa Harvard di sebuah kamar asrama seluas 4 X 5 meter. 

Semoga dengan membaca kisah singkat sukses dan inspiratif para tokoh di atas membuat Anda bersemangat untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha yang sukses. 

Baca Juga :

Penasaran apa saja tips para entrepreneur membangun usaha mereka sehingga menjadi besar dan sukses? Simak ulasannya berikut ini:

1. Belajar mengatur skala prioritas

Sebagai seorang entrepreneur, Anda dituntut untuk mampu menjadi sosok yang multitasking atau bisa menjalankan berbagai aktivitas dalam waktu yang bersamaan. 

Rutinitas tersebut tentunya sangat menyita waktu, tenaga dan pikiran Anda. Anda harus mulai belajar menentukan mana sesuatu yang harus dikerjakan terlebih dahulu, mana yang utama, mana yang darurat dan mana yang biasa saja, sehingga Anda mampu untuk membuat strategi usaha yang konsisten serta berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

2. Menentukan target

Buatlah target ke dalam dua jenis, yakni target jangka pendek dan jangka panjang.

Berbicara target tentu tidak saja mengenai pendapatan atau penghasilan yang Anda dapatkan berapa, namun Anda juga harus mampu menentukan biaya produksi, waktu, strategi dan pengembangan perusahaan.

Untuk menentukan target ini, Anda bisa memulainya dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities and Threats). Silahkan pelajari metode ini untuk membantu Anda menentukan target tadi.

3. Mengevaluasi hasil kerja 

Satu hal yang sangat penting dan wajib dilakukan oleh para entrepreneur adalah melakukan trial and error (mencoba dan mengalami kesalahan).

Ada pepatah mengatakan, “Pengalaman adalah guru yang paling berharga”, begitu juga di dunia bisnis atau usaha, jangan takut untuk melakukan gebrakan atau sesuatu.

Jika terjadi kesalahan segeralah analisa apa penyebab kesalahan tersebut bisa terjadi dan temukan solusinya agar kesalahan yang sama tidak terulang.

4. Mampu menerima kritik dan saran

Memang seorang pengusaha muda atau pemula cenderung memiliki semangat dan ambisi yang berlebih, hingga keras kepala tidak ingin menerima sebuah kritik atau saran yang membangun untuk dirinya.

Ingatlah, sebuah saran dan kritik dapat mendorong pengusaha menjadi sukses. Simak dan pelajari baik-baik setiap kritik dan saran yang datang kepada Anda.  

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda mampu meredam ego untuk menerima sebuah kritik dan saran. Cobalah menjadi seorang pendengar yang baik, pelajari pengalaman orang lain, hindari merasa paling benar dan paling tahu.

Justru ambil celah 'mencuri' ilmu dan pengetahuan dari orang-orang yang memberikan Anda kritik atau saran sebagai referensi menuju kesuksesan.

5. Luangkan waktu untuk cuti dan istirahat

Ini sebuah pengingat penting juga untuk para entrepreneur pemula atau muda, jangan sampai Anda sangat berambisi menginginkan kesuksesan dalam waktu cepat hingga Anda sendiri tidak memperhatikan kesehatan dan kebahagiaan diri sendiri.

Ingatlah bahwa Anda seorang manusia yang memerlukan waktu istirahat. Ada sebuah pepatah yang pernah dilontarkan oleh seorang ahli bela diri yang mengatakan, "Istirahat merupakan bagian dari latihan".

Maka dari itu, rehatlah sejenak, buat tubuh serta pikiran Anda kembali segar agar Anda mendapatkan ide-ide jenius untuk perusahaan Anda meraih kesuksesan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 22:23 WIB

Kebakaran Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi, Api Muncul dari Ruang Oven

Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi terbakar. Penyebab kebakaran diduga berasal dari ruang oven.
Petugas Damkar saat berupaya memadamkan api yang membakar ruang oven di Pabrik Palet Kayu yang berada di Parungkuda Sukabumi, Kamis (16/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 21:41 WIB

Komitmen Bangun Kota Sukabumi, Ayep Zaki Serahkan Formulir Pilwalkot ke Gerindra

Ayep Zaki resmi daftar Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi.
Ayep Zaki serahkan berkas formulir pendaftaran Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan, Berhenti Sekarang Juga!

Begadang atau kurang tidur yang kronis dapat memiliki dampak yang berkepanjangan terhadap kesehatan.
Ilustrasi. Overthinking di Malam Hari. Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan . Sumber: Freepik/pressfoto
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 20:39 WIB

Serentak, KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi Resmi Lantik PPK Untuk Pilkada 2024

Jelang Pilkada 2024, sebanyak 35 PPK di Kota Sukabumi dan 235 PPK di Kabupaten Sukabumi dilantik serentak.
Suasana pelantikan PPK Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat16 Mei 2024, 20:30 WIB

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari Saat Terjadi Serangan Asam Urat

Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Anggota Jadi Media Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres

Dengan mengimplementasikan beberapa strategi ini, Updaters dapat membangun sikap yang lebih cuek terhadap beban hidup dan mengelola stres dengan lebih efektif.
Ilustrasi. Bersikap Dingin. Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)