5 Cara Membangun Bisnis Online Terpercaya

Jumat 08 Januari 2021, 12:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kamu ingin mulai mencoba membangun bisnis online terpercaya ? Ketahuilah Updaters, semua kesuksesan para pelaku bisnis online yang ada saat ini tentu tidak terbentuk secara instan, ada proses dan perjuangan hingga bisa sukses.

So, berikut adalah cara membangun bisnis online terpercaya yang telah kami rangkum ke dalam 5 poin, silahkan disimak ya.

1. Bangun Pondasinya Terlebih Dahulu

Memang ada modal di awal untuk membangun sebuah toko online agar terlihat profesional, tapi kalau kamu sudah niat dan ingin memberikan layanan terbaik untuk konsumen, gak ada salahnya kamu mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu, seperti ketika kamu ingin membuat sebuah website atau akun media sosial sebagai media jualan dan promosi nantinya.

Website yang mempunyai kualitas baik tentunya memerlukan biaya yang tak sedikit, namun jika ini pertama kalinya kamu baru membuat sebuah website untuk bisnis online, kamu bisa mengawalinya dengan memulai belajar bagaimana membuat website gratisan.

Jaman sekarang banyak banget kok platform penyedia pembuatan website gratisan yang gak bikin kamu pusing tujuh keliling karena gak ngerti koding atau awam dalam development website.

Nah, untuk awalan gak apa-apa kok kamu memulai dengan yang gratisan terlebih dahulu, namun seiring dengan berjalannya waktu, kamu harus mulai upgrade layanan dan tampilan website kamu agar terlihat lebih profesional dan mengikuti tren yang sedang berjalan.

Lalu bagaimana dengan konsep desain website nya? Tenang aja, sekarang udah banyak banget referensi desain website di internet loh! Kamu bisa searching aja tuh dan kepoin berbagai website-website bisnis online atau marketplace di Indonesia atau di luar negeri, perhatikan bagaimana mereka menyajikan menu-menu atau fitur yang disediakan, kalau dalam istilah anak desain dan web itu perhatikan konteks User Experience (UX) dan User Interface (UI) nya. 

Kita gak ingin kan user atau konsumen kita kesulitan atau merasa tidak nyaman ketika menggunakan layanan yang telah kita buat. Maka dari itu silahkan perhatikan UX/UI ini guna membuat website bisnis online kamu terlihat profesional dan mudah untuk digunakan.

Begitu pula dengan akun media sosial yang akan kamu buat, perhatikan juga tentang bagaimana membangun sebuah brand bisnis kamu di media sosial ini. Banyak kok tips-tips menggunakan medsos sebagai media promosi produk yang kamu miliki. Nyatanya pada saat ini banyak sekali orang-orang yang memilih menggunakan media sosial ketimbang mengakses sebuah laman website, maka hal ini harus jadi perhitungan bahwa medsos ini wajib kamu buat sebagai media percepatan dan perluasan promosi produk kamu nanti.

Sedikit tambahan, sekarang di internet juga banyak bertebaran tutorial bagaimana caranya membuat sebuah website untuk bisnis online, silahkan dicoba ya Updaters!

2. Jangan Salah Pilih Produk

Riset merupakan kunci terpenting dalam memilih produk yang akan kamu jual nanti. Jika kamu pernah nonton salah satu film yang dibintangi Leonardo Dicaprio berjudul "The Wolf of Wall Street", ada sebuah scene film yang sangat menarik untuk dijadikan ulasan serta ilmu yang bisa didapatkan, tapi karena kali ini kita tidak akan membahas film tersebut, kita akan mengambil salah satu konteks terpenting yang dibahas di film tersebut yakni tentang Supply and Demand. 

Intinya teori ekonomi atau bisnis tentang Supply and Demand ini menuntut kamu bagaimana caranya mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, atau bahasa mudahnya kita jual barang untuk orang lain yang memang membutuhkan atau ingin membeli barang tersebut.

Kita harus menganalisis tren pasar yang sedang terjadi saat ini, apa sih yang sedang hits dipakai atau digunakan, entah itu barang-barang elektronik, pakaian, lifestyle dan masih banyak lagi. 

Coba deh kamu masuk ke dalam arus tren tersebut, lalu mulai menyediakan apa yang banyak orang lain butuhkan dan inginkan. Untuk harga, kamu bisa juga riset mengenai harga pasar yang dipatok marketplace atau penjual di bisnis online itu, nah tinggal kamu lakukan perhitungan antara modal yang akan kamu keluarkan berapa, harga produk yang akan kamu jual berapa dan pendapatan yang akan kamu dapatkan juga berapa. 

3. Sebarluaskan Produk Kamu Melalui Platform Marketplace

Tak bisa dipungkiri, banyak banget layanan untuk membangun sebuah toko online tanpa memiliki sebuah website. Tapi kalau kamu punya website sendiri itu bakal bikin kamu terlihat lebih mempunyai nilai tersendiri.

Okay langsung aja tentang marketplace ini, kita ambil contoh ada Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan masih banyak lagi, silahkan kamu bikin akun di sana sebagai pedagang atau penjual. 

Jangan lupakan juga kekuatan media sosial dalam berdagang, salah satunya ada Facebook Ads yang membantu kamu melakukan promosi melalui platform media sosial buatan Mark Zuckerberg ini. Well, secara statistik di negara Indonesia itu masih banyak banget pengguna Facebook nya dibandingkan dengan platform media sosial lainnya, jadi ini bisa jadi kesempatan buat kamu mengembangkan strategi promosi bisnis.

4. Belajarlah Copywriting

Copywriting adalah skill yang wajib kamu miliki jika ingin membangun bisnis online terpercaya. Skill ini menuntut kamu untuk kreatif, inovatif dan inisiatif terhadap suatu fenomena pasar bisnis. 

Jika Steve Jobs menjual mimpi kepada para konsumen produk Apple, atau dalam sebuah scene kartun Spongebob Squarepants, Patrick yang pernah menjadi seorang Copywriter membantu Plankton mempromosikan brand Chum Bucket nya dengan slogan “Cum is Fum”, itu epic banget sih.

Nah kamu bisa belajar bagaimana caranya menjual kata-kata, skill komunikasi diperlukan di sini, tuangkan gagasan kamu ke dalam sebuah tulisan, ajaklah konsumen untuk turut serta terlibat dan larut dalam produk yang akan kamu jual tersebut dan dapatkanlah hati para konsumen tersebut. 

Tapi tunggu bagaimana caranya? Caranya adalah riset dan posisikanlah kamu sebagai konsumen. Secara lambat laun dan alamiah, kamu bakal mengerti dan tahu apa yang harus kamu lakukan untuk mendeskripsikan produk yang akan kamu jual itu, cobain deh.

5. Kreatif dan Inovatif

Sekarang sudah jamannya digital dan multimedia, kamu jangan hanya menggunakan strategi yang jadul melulu untuk menjual produk kamu. Secara psikologi, konsumen akan cenderung menyukai konten audio visual dibandingkan dengan teks saja, nah berarti kamu harus membuat konten promosi yang menarik berupa gambar, audio dan video. 

Sebelum membuat konten untuk produk kamu, pertama-tama kamu harus bisa mempresentasikan perusahaan atau bisnis yang tengah kamu kembangkan saat ini, kenalkan pada setiap orang siapa kamu dan apa sih bisnis kamu itu, apa manfaat dan keuntungan yang bakal konsumen dapatkan jika membeli produk dari kamu dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Setelah itu, buatlah deskripsi yang menarik dan unik mengenai produk kamu. Jika bisa buatlah sesuatu yang tak pernah dipikirkan sebelumnya oleh orang lain atau belum pernah dicoba oleh orang lain.

Ada tips dan triknya nih, coba deh kamu riset di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter serta platform streaming seperti Youtube,  pelajari lah apa yang sedang tren di luar negeri, ngerti kan? Artinya kamu harus kepoin tuh tren di di luar negeri, ketika kamu mendapatkan ide dan inspirasinya, silahkan tuangkan ke dalam produk kamu dan disesuaikan dengan kondisi yang ada di sini.

Dalam membangun sebuah bisnis online, tentunya kamu harus banyak belajar dan mempunyai tekad yang kuat. Jangan malas untuk melakukan riset karena hal tersebut akan membantu kamu membangun sebuah bisnis online yang mempunyai kredibilitas sehingga bisnis atau produk yang kamu miliki terlihat profesional serta memikat para konsumen.

Selamat mencoba, Semangat Berwirausaha!

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:02 WIB

Warisan Budaya Takbenda, Tari Cepet Sukabumi Dilestarikan 9 Sanggar di Ciracap

Tari cepet masih dilestarikan sejumlah sanggar di Ciracap Sukabumi. Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) itu diharapkan jadi daya tarik wisata di Geopark Ciletuh.
Topeng cepetan yang dibuat perajin asal Kampung Jaringao RT 07/05 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang