Mengulas Program Management Trainee, Bekal Wawasan Fresh Graduate di Dunia Kerja

Selasa 27 Desember 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi Program Management Trainee, Bekal Wawasan Fresh Graduate di Dunia Kerja (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Program Management Trainee, Bekal Wawasan Fresh Graduate di Dunia Kerja (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Lowongan Kerja saat ini punya istilah bermacam-macam, mulai dari Unpaid Internship, Paid Internship, Program Development Perusahaan hingga Management Trainee.

Management Trainee adalah salah satu posisi yang kerap dibuka oleh Perusahaan besar di Indonesia, termasuk BUMN dan Swasta.

Para jobseeker harus peka terhadap posisi Management Trainee mengingat seleksi nya yang begitu ketat tak jarang akan langsung mengikis ribuan pendaftar.

Mari Mengulas tentang Management Trainee, Bekal Wawasan Jobseeker di Dunia Kerja, dilansir dari campus.quipper.com!

Management Trainee atau MT adalah sebuah program pelatihan manajemen yang bertujuan mendapatkan kandidat dengan kualitas serta potensi yang sesuai dengan posisi manajerial.

Baca Juga: Loker Fresh Graduate Unilever, Simak Informasi Lengkap U-FRESH Batch 2023!

Secara umum, posisi MT ditujukan bagi para pelamar kerja fresh graduate. Perusahaan besar membuka pengadaan Management Trainee dikarenakan posisi manajer tidak dapat diisi oleh sembarang orang.

Program MT menyasar para jobseeker fresh graduate karena keterbatasan pengalaman dunia kerja dari lulusan baru, terlebih posisi manajerial.

Seorang fresh graduate diharapkan bisa ‘dibentuk’ maksimal menjadi calon-calon pemimpin menggunakan pengembangan kurikulum masing-masing perusahaan.

Selain itu, fresh graduate juga dapat mengemban nilai-nilai yang dimiliki perusahaan dengan baik karena tidak adanya kontaminasi aspek kepentingan atau faktor lain yang menghambat tekad bertumbuh di perusahaan.

Uniknya, setiap anggota akan dirotasi ke beragam pilihan divisi selama program MT berlangsung. Rotasi penempatan para Trainee menjadi wadah belajar agar fresh graduate bisa memahami proses bisnis.

Berbekal hal ini, para jobseeker fresh graduate ditempa dari segi pengetahuan dan pengalaman sehingga kemampuan terasah, lebih mahir hingga profesional sesuai divisi yang dipelajari.

Baca Juga: Loker! Dibutuhkan 3.296 PPPK Kementerian ATR/BPN, Berikut Syarat Lengkapnya

Perlu diketahui, ada 4 poin penting tentang Program Management Trainee, diantaranya:

1. Proses rekrutmen program Management Trainee tergolong panjang dan lama, berkisar antara 2-7 bulan dan tahapan seleksi mencapai 7 kali.

2. Orang-orang yang tergabung dalam program Management Trainee dilatih menjadi sosok future leader dari sebuah perusahaan. Hal ini kemudian menuntut para jobseeker fresh graduate untuk menjaga performa di atas rata-rata.

3. Selama program Management Trainee, status kepegawaian belum sepenuhnya aman karena status pegawai Management Trainee tidak sama dengan pegawai magang. Akan tetapi MT juga belum dikatakan sebagai pegawai tetap.

Kemudian, peserta program MT juga tidak memiliki jatah cuti dan bisa saja dikeluarkan sewaktu-waktu terutama ketika evaluasi tidak menunjukkan sisi positif.

4. Ketika sudah menyatakan bersedia dan bergabung pada program MT, jobseeker fresh graduate tidak bisa menolak dan harus siap ditempatkan di divisi mana pun.

Baca Juga: BRIN Buka Lowongan 510 Formasi PPPK, Simak Tahapan Seleksi dan Rincian Kebutuhannya!

Meski begitu, Lamaran Jobseeker Fresh Graduate biasanya tetap membanjiri Lowongan Management Trainee di hampir seluruh Perusahaan.

Maka dari itu, calon MT wajib tahu Pengetahuan dan Keahlian dari seorang Future Leader Perusahaan, meliputi:

  • Kemampuan memimpin
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kemampuan bahasa asing
  • Fleksibilitas dan adaptabilitas
  • Kemampuan mengendalikan emosi
  • Kematangan bersikap

Seperti diketahui, Program Management Trainee dipersiapkan untuk mengisi posisi strategis di perusahaan dalam periode tertentu.

Nah, setelah para fresh graduate menyelesaikan program MT, ada beberapa posisi yang bisa ditempati yaitu Branch Manager yang bertanggung jawab pada seluruh kegiatan operasional bisnis di cabang perusahaan.

Serta Business Development Manager, bertanggung jawab untuk melakukan berbagai inovasi yang berorientasi pada pengembangan bisnis.

Sumber : campus.quipper.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)
Life29 April 2024, 19:53 WIB

7 Cara Membuat Anak yang Keras Kepala Jadi Patuh kepada Orang Tuanya

Anak yang keras kepala terkadang tidak patuh saat diperintah, dinasihati atau dimintai tolong orang tuanya. Maka penting mengubahnya menjadi patuh.
Ilustrasi. Cara membuat anak keras kepala menjadi patuh kepada orang tua. | Sumber foto : Pexels/ Gustavo Fring