Antisipasi Resesi, Simak 5 Ide Bisnis yang Bisa Menjadi Ladang Cuan Saat Krisis

Jumat 28 Oktober 2022, 15:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Resesi merupakan hal yang paling ditakutkan oleh masyarakat dunia maupun Indonesia. Terlebih, isu resesi diperkirakan akan menghantui pada tahun 2023 mendatang.


Meskipun nantinya bisnis-bisnis masih tetap berjalan, namun tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, saat resesi terjadi, otomatis ekonomi pun semakin lemah dan daya beli masyarakat ikut menurun.


Tahun resesi bukan berarti menyurutkan semangat untuk memulai bisnis. Hanya saja perlu penyesuaian tentang bisnis apa yang ingin dijalankan. Di tahun saat pengaturan uang semakin ketat, bisnis yang menjual kebutuhan pokok bisa menjadi jawabannya. 


Berikut kami telah mengutip dari Suara.com, beberapa contoh ide bisnis tahun resesi yang bisa dijalankan. 


1. Jual Sembako


Sembako atau sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan utama yang bakal tetap eksis tak peduli kondisi ekonomi. Setiap orang butuh makan selama dia hidup, sehingga jualan sembako menjadi bisnis tahun resesi yang cukup aman.


 Bisnis ini memang butuh modal cukup besar. Namun, jika modalnya kecil, kamu bisa memilih salah satu di antara sembilan bahan pokok tersebut. Misalnya hanya jualan beras saja. 


Jualan beras pun tak begitu sulit. Cukup ambil beras karung dari tempat penggilingan kemudian pasarkan secara eceran. Sebagai langkah awal, pemasaran bisa dilakukan untuk tetangga dekat.


2. Kursus Online 


Pendidikan merupakan kebutuhan prioritas bagi masyarakat saat ini. Kursus-kursus yang menambah skill, khususnya yang menunjang pekerjaan seperti skill bahasa asing atau jualan. 


Bagi kamu yang memiliki keahlian ini manfaatkan dengan baik untuk menghasilkan cuan. Kalau kamu tidak bisa membuka sendiri kelas tersebut, bergabung dengan lembaga jasa juga bisa menjadi pilihan. 


3. Penitipan Anak atau Daycare 


Di masa resesi ekonomi pencari kerja akan bertambah. Orang-orang juga masih memprioritaskan karier untuk mendapatkan penghasilan. Bagi keluarga dengan anak, mencari penitipan atau daycare pasti menjadi tantangan tersendiri. 


Kamu bisa menjadikan peluang ini sebagai bisnis. Tawarkan daycare dengan fasilitas yang bikin betah anak-anak dan menarik hati orang tuanya. 


4. Dropshipper 


Berbelanja online tetap akan menjadi favorit di tahun 2023. Tren ini sekaligus membuka peluang bisnis baru. Cara kerja dropshipper juga terbilang mudah, kamu cukup memasarkan barang yang dipasok oleh supplier.


Jika ada pembeli, barang tersebut akan dikirim melalui supplier sehingga model bisnis ini nyaris tanpa modal. Bisnis ini cocok untuk ibu rumah tangga atau mahasiswa dengan kantong pas-pasan. 


Para pelaku dropshipper juga tak perlu terlebih dahulu menyetok barang yang akan dijual. 


5. Jual Sarapan Sehat


Sama seperti kebutuhan pokok lain, sarapan sehat diprioritaskan oleh banyak orang. Bagi kamu yang hobi berkutat di dapur, jual sarapan sehat dengan mengincar kalangan pekerja menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan di tahun resesi.


Seperti yang diketahui, banyak dari kalangan pekerja tak sempat mengurusi sarapan mereka yang sehat. 


Sumber: Suara.com/Nadia Lutfiana Mawarni


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:02 WIB

Warisan Budaya Takbenda, Tari Cepet Sukabumi Dilestarikan 9 Sanggar di Ciracap

Tari cepet masih dilestarikan sejumlah sanggar di Ciracap Sukabumi. Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) itu diharapkan jadi daya tarik wisata di Geopark Ciletuh.
Topeng cepetan yang dibuat perajin asal Kampung Jaringao RT 07/05 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Life21 Juli 2024, 16:00 WIB

9 Ciri Orang yang Kehilangan Jati Diri dan Cara Mengatasinya

Jika merasa kehilangan jati diri atau mengalami kesulitan mengatasi perasaan ini, jangan ragu untuk mencari bantuan dari profesional yang bisa memberikan panduan dan dukungan.
Ilustrasi. Sedih. Orang yang kehilangan jati diri. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
Fashion21 Juli 2024, 15:00 WIB

10 Rekomendasi Fashion Item untuk Anak Laki-laki di Bawah 5 Tahun

Nyaman untuk bermain di luar, pilih celana pendek berbahan katun yang mudah bergerak untuk fashion item anak laki-laki di bawah usia 5 tahun.
Ilustrasi. Overall. Rekomendasi Fashion Item untuk Anak Laki-laki di Bawah 5 Tahun (Sumber : Freepik/@jcomp)