4 Keutamaan Malam Mulia Nisfu Syaban Setelah Malam Lailatul Qadar

Minggu 13 Maret 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.comNisfu Syaban akan diperingati setiap pertengahan bulan yakni tanggal 15 Syaban.

Untuk hitungan Masehi,  Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 18 Maret 2022 mendatang.  Tentu Nisfu Syaban memiliki sejumlah keutamaan yang istimewa, lalu apa saja keutamaan Nisfu Syaban

Dikutip dari Suara.com, Malam Nisfu Syaban juga merupakan malam yang dimuliakan Allah setelah malam Lailatul Qadar. Ada beberapa keutamaan Nisfu Syaban yang perlu diketahui umat Islam.

Saat terjadinya Nisfu Syaban Allah SWT akan memberikan pengampunan kepada hamba-Nya. Pada saat Nisfu Syaban, dua malaikat pencatat amal sehari-hari manusia yakni Raqib dan Atid, akan memberikan catatan amal kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu menjalankan kebaikan saat Nisfu Syaban tiba. 

Nisfu Syaban tentunya memiliki sejumlah keutamaan untuk umat Islam. Lantas apa saja keutamaan Nisfu Syaban itu? Simak ulasannya dibawah ini. 

photoIlustrasi Malam Mulia Nisfu Syaban - (Facebook)

1. Dikabulkannya Segala Permintaan 

Pada saat Nisfu Syaban tiba, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa kepada Allah. Karena pada saat itu, Allah akan mendengar dan ada beberapa doa yang akan dikabulkan langsung oleh Allah. 

2. Allah Akan Mengampuni Dosa Hamba-Nya 

Malam Nisfu Syaban menjadi maghfirah atau malam pengampunan bagi umat manusia oleh Allah. Ampunan akan diberikan terutama bagi hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh. Oleh karena itu, saat Nisfu Syaban dianjurkan untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Allah. Namun Allah tidak akan mengampuni siapapun yang menyekutukan-Nya. 

3. Malam Istimewa

Keutamaan Nisfu Syaban selanjutnya yaitu dikhususkannya malam tersebut menjadi malam istimewa. Sehingga manusia, dianjurkan untuk giat beribadah pada saat malam itu tiba. Karena Allah akan memberikan keberkahan dan kemuliaan kepada umat-Nya. 

4. Diberi Syafaat 

Allah SWT memuliakan hamba-Nya yang gemar mengikuti amalan Rasulullah. Sehingga setiap perbuatan Rasul yang ditiru umat islam akan memberikannya pahala dan kemuliaan.

Beberapa amalan yang dilakukan Rasulullah saat malam Nisfu Syaban tiba yaitu shalat sunah, membaca doa Syaban, puasa sunah Syaban, membaca dzikir, memperbanyak membaca istighfar dan lain sebagainya. 

Adapun Doa Nisfu Syaban 

Dikutip dari NU Online terdapat doa saat malam Nisfu Syaban yang dapat dipanjatkan. Berikut ini bacaan latin doa Nisfu Syaban dan artinya: 

Allahumma ya dzal manni wa laa yumannu ‘alaik, ya dzal jalâli wal ikram, ya dzat thawli wal in‘am, la ilaha illa anta zhahral lajiin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha’ifin. Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fii ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fii ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa‘iidan marzuqan muwaffaqan lil khairat. Fa innaka qulta waa qawlukal haqqu fii kitabikal munzal ‘ala lisani nabiyyikal mursal, “yamhullahu maa yasya’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitab” wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammad wa alaa alihi wa shahbihii wa sallama, walhamdu lillahii rabbil ‘alamin. 

Artinya, “Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau sendiri tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala kenikmatan. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan Mu, dan tempat aman orang-orang yang takut. 

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlahkecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan. karena Engkau telah berkata sementara perkataan Mu itu adalah benar ada di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan syafaat dan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.” 

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan22 Juli 2024, 18:30 WIB

Kenapa Sunscreen Harus Dipakai Meski di Dalam Ruangan? Ini 5 Alasannya!

Sinar UVA dapat menembus kaca jendela dan menyebabkan kerusakan kulit seperti penuaan dini dan risiko kanker kulit. Sunscreen membantu melindungi kulit dari paparan tersebut ketika di dalam ruangan.
Ilustrasi. Menjadikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan meskipun tidak beraktivitas di luar. (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)
Sukabumi22 Juli 2024, 18:20 WIB

Asep Japar Bicara Pemeliharaan Budaya Sukabumi Di Acara Seren Taun Kasepuhan Girijaya

Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024).
Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024) | Foto : Ist
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 18:06 WIB

Pemkab dan DPRD Sukabumi Sepakati RPJPD 2025-2045

Pemkab Sukabumi dan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045 di Rapat Paripurna.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan pimpinan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life22 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Wajah Mulus Bercahaya dan Memancarkan Aura Positif

Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.
Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.  | Foto : Pixabay
Sukabumi22 Juli 2024, 17:52 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan dan Edukasi Ke Warga di Pasar Ramayana Sukabumi

BPJS Ketenagakerjaan Kota Sukabumi memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di Toserba Ramayana, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Selasa 16 Juli 2024.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)