Awas, Sikap Diam Berbahaya buat Hubungan Cinta

Sabtu 09 Mei 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komunikasi sangat penting saat pembatasan sosial karena merupakan salah satu cara untuk tetap terhubung dengan kerabat dan keluarga lewat ponsel. Dilansir dari tempo.co, bagaimana menjaga hubungan cinta tetap harmonis di tengah pandemi?

Bersikap diam di tengah hubungan untuk menenangkan dari sebuah gejolak dalam hubungan adalah hal baik, tapi bagaimana jika sikap diam itu akhirnya menjadi bumerang dalam hubungan itu sendiri.

Dikutip dari Elitedaily.com, ada beberapa jenis sikap diam dalam hubungan yang dapat menandakan masalah yang lebih dalam. Berikut empat jenis keheningan yang paling umum berdampak negatif pada hubungan.

Saling mendiamkan dalam jangka lama

Anda bertengkar dan masih marah sehingga tidak berbicara. Anda berpikir dengan menghindari itu akan reda atau akan membuat segalanya lebih baik. Patti Feuereisen, seorang psikoterapis yang berspesialisasi dalam pelecehan seksual dan penulis Invisible Girls: Berbicara Kebenaran Tentang Pelecehan Seksual, mengatakan mengekspresikan diri kepada pasangan, terutama ketika ada konflik sangat penting.

"Pasangan perlu berkomunikasi, ketika ada sesuatu yang salah, mereka perlu mendiskusikan dan tidak takut berkonfrontasi dengan masalah,” ujarnya.

Jenis sikap diam ini membuat pasangan bertanya-tanya, menyebabkan kebingungan dan merentangkan keadaan negatif. Anda tidak hanya menghukum pasangan dengan memberikan perlakuan diam, juga menghukum diri sendiri. Katakan apa yang perlu dan jika tidak punya apa-apa lagi untuk dikatakan, setidaknya katakanlah sebanyak itu.

Jangan membuat pasangan memohon untuk berbicara dan memicu kecemasan yang sudah ada ketika berselisih. Mudah-mudahan, Anda dan pasangan akan mencapai titik temu atau ia setidaknya akan mendengar perasaan Anda. Diam tidak pernah memecahkan apa pun.

Kehabisan bahan obrolan

Jenis keheningan ini kemungkinan bisa menandakan akhir hubungan. Ketika pulang kantor dan duduk untuk makan malam dan tidak saling bicara, itu bisa menjadi tanda Anda kehilangan percikan asmara.

Pricilla Martinez, pelatih kehidupan di Blush Online Life Coaching, mengatakan komunikasi adalah kunci untuk hubungan apapun untuk memastikan pasangan bergerak ke arah yang sama dalam hal komitmen.

Saling menutup diri

Ada saat-saat dalam perselisihan di mana tidak ada yang dicapai, tidak ada landasan bersama, dan Anda telah mencapai titik ingin mundur. Anda menjadi tertutup, mulai setuju dengan pasangan hanya untuk membungkamnya atau menjadi dingin bersama-sama.

Ini adalah titik di mana Anda sama sekali tidak terbuka untuk melanjutkan percakapan tetapi perlu mengungkapkannya dengan benar. Biarkan pasangan tahu Anda perlu waktu untuk mempertimbangkan apa yang ia katakan. Beri tahu dia Anda perlu waktu sejenak untuk menyerap semuanya. Jika berpikir, ia akan mengerti dan mengizinkan Anda untuk memilikinya.

Hanya saja, jangan tertutup tanpa mengatakan sesuatu. Jangan melakukannya tanpa memberi tahu Anda harus keluar dari situasi tersebut. Anda tidak tidur nyenyak dan bangun dalam situasi yang benar-benar canggung keesokan pagi.

Tidak merespons pesan teks

Normal jika Anda tidak dapat terus membalas pesan saat sedang bekerja, belajar di perpustakaan, berolahraga, atau sibuk. Menjelang saat-saat itu, Anda bahkan mungkin menulis teks singkat yang berbunyi, "Saya tidak akan bisa dijangkau selama beberapa jam ke depan, tetapi saya akan menanggapi pesan saat tidak sibuk."

Tetapi, jika Anda mendapatkan teks yang masuk dari pasangan dan tidak punya keinginan untuk membalas, diam Anda mungkin berbicara banyak. Diam adalah jenis interaksi manusia yang paling disalahpahami dan disalahtafsirkan, tetapi mudah dipahami dan diterima jika berkomunikasi sebelumnya.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 19:28 WIB

Hasil Rekap Internal, Paoji Diprediksi Kembali Masuk Gedung Jajaway Sukabumi

Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari PDIP nomor urut satu, Paoji Nurjaman diprediksi kembali melenggang ke Gedung Jajaway.
Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari PDIP nomor urut satu, Paoji Nurjaman (tengah), saat berfoto dengan pendukungnya. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 19:00 WIB

Tempat Melepas Stres 5 Danau di Sukabumi Untuk Papajar Jelang Ramadan

Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah
Life25 Februari 2024, 18:00 WIB

Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan Sholawat Al Qolbu Mutayyam yang menunjukan rasa cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi - Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya | Foto: bandung.go.id
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 17:51 WIB

Kian Tak Terbendung ke Senayan, Iman Adinugraha Sudah Raup Hampir 70 Ribu Suara

Caleg DPR RI dari Partai Demokrat Iman Adinugraha tak terbendung dan semakin dekat untuk lolos ke Senayan dari Dapil Sukabumi.
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha saat menerima kunjungan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cicurug. (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat25 Februari 2024, 17:05 WIB

Resmi Dilantik, DPC IKA Undip Bogor Siap Kolaborasi Bangun Daerah

Berikut daftar nama Pengurus DPC IKA UNDIP Bogor 2024-2029 yang baru dilantik Minggu (25/2/2024).
Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)
Sehat25 Februari 2024, 17:00 WIB

4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya

Berikut ini beberapa jenis gangguan kepribadian dan ciri-ciri orang yang mengalaminya
Ilustrasi - 4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya (Sumber : unsplash.com/@Pooja Roy)
Sukabumi25 Februari 2024, 16:41 WIB

Mayat Pria Ditemukan di Pantai Cibuaya Sukabumi, Diduga Korban Tenggelam

Mayat pria yang ditemukan tergeletak di pesisir Pantai Cibuaya Sukabumi itu menurut warga merupakan ODGJ.
Proses evakuasi mayat pria diduga ODGJ di Pantai Cibuaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Gadget25 Februari 2024, 16:00 WIB

Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar

Inilah deretan HP baru yang akan meramaikan pasar gadget minggu ini
Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Februari 2024, 15:11 WIB

Potret Adu Ketangkasan Domba Garut di Pajampangan Sukabumi

Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan.
Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan di lapang Puskeswan Surade, Minggu (25/2/2024). (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 15:00 WIB

4 Daya Tarik Telaga Remis Pasawahan Bisa Camping dan Mancing

Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan
Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan (Sumber : Istimewa)