7 Sebab Suami Mengajukan Gugatan Cerai Menurut Psikolog

Selasa 14 Januari 2020, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap pasangan tentu ingin hubungan pernikahan mereka bertahan sampai maut memisahkan. Namun kata cerai cukup mudah terucap, terutama ketika menghadapi masalah rumah tangga yang tidak menyenangkan. Pihak yang mengajukan bisa dari sang suami atau istri.

Seperti yang dialami Alexandra Gottardo. Aktris film Mangga Muda ini dikabarkan bercerai dari suaminya Arief Utama Waworuntu. Gugatan cerai datang dari suaminya. Melansir dari laman Huffington Post, Selasa 14 Januari 2020 kebanyakan pria menjalani fase menyelamatkan rumah tangga mereka. Namun jika kondisi memburuk dan pasangan tidak bisa bekerjasama maka tidak banyak yang bisa mereka lakukan.

Psikolog dari Detroit Michigan, Antonio Borrello mengatakan sebagian besar pernikahan bisa pulih dari periode komunikasi yang buruk dan juga konflik. “Namun bagi banyak pasangan, periode ketidakbahagiaan tumbuh lebih lama, komunikasi menjadi lebih lemah dan perselisihan dan konflik menyebabkan kemarahan, kebencian dan apatis," ucap Borrello

Berikut alasan paling umum mengapa pria memilih meninggalkan pernikahan mereka seperti yang diungkap Borrello dan psikolog lainnya. 

1. Tidak merasa dihargai

Pria ingin merasakan dan mengekspresikan cinta yang mereka miliki untuk pasangan mereka. Tetapi ketika seorang suami merasa kurang dihargai oleh seluruh keluarga, dia lebih cenderung menunjukkan kebencian daripada cinta, kata Alexandra H. Solomon, seorang Psikolog di Family Institute di Northwestern University.

“Selain berhubungan secara seksual dan emosional, salah satu syarat terbesar untuk menikah adalah mengakui bahwa hubungan Anda sepakat dengan banyak hal," kata Solomon. Pria dan wanita yang tidak menghargai dan merasa kecewa dengan kenyataan pernikahan mereka berisiko mengalami perceraian.

2. Berselisih dengan pasangan mereka dalam hal pengeluaran

"Banyak pria yang datang ke terapi pasangan sering tidak puas tentang keputusan keuangan pasangannya yang buruk, kata F. Diane Barth, seorang psikoterapis dan penulis blog Psychology Today, Off The Couch. Hal itu terjadi karena suami adalah pencari nafkah yang lebih tinggi dalam rumah tangga. "Ketika saya mendengar hal-hal seperti, 'Pasangan saya menghabiskan semua uang yang kami hasilkan,' yang sering di bawah keluhan itu adalah perasaan bahwa pasangannya menganggapnya begitu saja," ungkap Diane.

3. Perselingkuhan

Ketika seorang pria meninggalkan pernikahannya karena perselingkuhan, hampir tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak keputusan yang dapat dihubungkan dengan perselingkuhan dan berapa banyak yang harus dikaitkan dengan faktor-faktor lain dalam hubungan. "Tidak mungkin perselingkuhan terjadi dalam pernikahan yang sangat bahagia," ucap Borrello.

4. Tidak memiliki kesamaan dengan pasangan mereka lagi

Tidak mudah ketika pria mengharapkan pasangan yang mereka nikahi 10 tahun lalu menjadi orang yang sama dengan dia saat di hari pernikahan mereka. Kenyataannya adalah, jika Anda ingin tetap menikah, Anda harus tumbuh bersama atau Anda berisiko tumbuh terpisah.

“Saya sering mendengar pria berkata, 'Kami tidak lagi memiliki minat apa pun': Dia ingin pergi snorkeling di Karibia untuk berlibur, tetapi istrinya ingin pergi ke hotel mewah di Paris. Dia ingin pergi ke bioskop, tetapi mereka tidak dapat menemukan satu yang dapat mereka setujui, "katanya. Perbedaan yang tampaknya biasa dan tidak penting ini berkontribusi pada perasaan tidak lagi dihormati, dicintai, atau sama berharganya dengan pasangan Anda.

5. Mereka merasa tidak mampu

Kebanyakan pria yang tidak bahagia yang setuju untuk pergi ke terapi pasangan merasa tidak memadai dalam pernikahan mereka, kata Solomon. "Ketika pria bertindak (menipu, berteriak atau mencoba mengendalikan pasangan mereka, misalnya), apa yang biasanya mendorong perilaku itu adalah ketakutan yang mendalam bahwa mereka tidak mengukur di mata pasangan mereka," katanya.

6. Keluhan soal seks

Ketika seorang pria mengeluh tentang kehidupan seksnya yang kurang, kekhawatiran yang mendasarinya adalah bahwa pasangannya tidak lagi menganggapnya menarik secara fisik. Ketakutan yang tak terucapkan untuk seorang pria adalah bahwa dia tidak lagi menarik. "Perasaan ini, yang seringkali tidak disadari oleh pria itu sendiri," ucap Diane.

7. Tidak merasa kebutuhan mereka diakui atau divalidasi

Ketika sebuah pernikahan mencapai masa sulit, apa yang paling dibutuhkan (bahkan lebih dari penyelesaian masalah) adalah empati. Ketika seorang suami mencurigai pasangannya sangat peduli dengan kesejahteraannya dan bagaimana dia dipengaruhi oleh masalah pernikahan mereka, dia cenderung menjadi kecewa. Kecuali jika pasangan memiliki kesempatan untuk membangun kembali hubungan emosional, suami kemungkinan akan mulai merasa putus asa bahwa pernikahan dapat berubah.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi