Tips jadi Guru yang Keren, Ingat 4 K

Jumat 30 November 2018, 03:00 WIB

 

SUKABUMIUPDATE.com - 25 November lalu, masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Berbagai masalah tentang guru masih menjadi perbincangan pada hari itu. Keluh kesah para guru pun biasanya sering terlontar pada peringatan tahunan itu.

Aktivis Pendidikan sekaligus pencetus jaringan Semua Murid Semua Guru, Najelaa Shihab mengatakan ada 4 kunci untuk menjadi guru yang keren. "Saya selalu mengajarkan guru itu harus memiliki 4 K," katanya pada acara Kolaborasi Pendidikan antara Hijup dan Semua Murid Semua Guru dalam gerakan #KirimBudi di Jakarta 30 November 2018.

Kemerdekaan
Setiap guru harus memiliki kemerdekaan. Kemerdekaan dalam hal ini artinya guru harus percaya bahwa dia bisa merdeka mengajar kepada muridnya tentang apapun. Guru pun bisa merdeka dan mandiri dalam menentukan cara ajar kepada murid-muridnya. "Tidak usah tunggu kurikulum berubah, atau hal lain untuk menentukan cara ajar. Toh bila kurikulum berubah, belum tentu praktik cara ajarnya berubah kok," kata Najella.

2.Kompetensi

Guru itu harus punya kompetensi. Najelaa mengatakan guru itu harus terus menerus belajar. Guru pun harus terus memahami karakteristik anaknya bagaimana, memiliki kompetensi dalam hal materi yang dia ajarkan. Guru juga diminta untuk memahami dirinya sendiri dan dunia keguruan yang berada di lingkungannya.

Dengan memahami kondisi itu, Najelaa mengatakan cara ajar guru itu bisa berubah dan menyesuaikan berbagai kondisi. "Misalnya, guru ini ahli dan menguasai materinya pada 10 tahun lalu. Belum tentu artinya dia memiliki kompetensi yang sama seperti saat ini. Karakter murid dan lingkungannya kan berubah semua," kata Najelaa.

3. Kolaborasi
Najelaa menyarankan agar para guru pandai melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti dengan orang tua murid, dengan sekolah serta rekan kerjanya. Dalam mendidik anak, tidak mungkin guru ini bisa bekerja sendiri. Ia perlu bekerja sama untuk mengembangkan karakter dan kompetensi anak dengan berbagai pihak melalui kolaborasi.

4. Karier
Dengan memikirkan karier, Najelaa berharap para guru bisa mengembangkan diri. "Guru itu harus ingat, dia contoh bagi anak-anaknya," katanya.

Menurut Najelaa, orang yang berprofesi guru itu bisa mengembangkan dirinya dengan membuat materi sumber ajar khusus untuk anak muridnya. Guru juga bisa lebih kreatif dengan menuliskan buah pikirnya. Seorang pendidik pun bisa mengajarkan guru lain tentang berbagai hal yang dia ketahui. "Dengan begitu, guru bisa mengeksplorasi minat dan bakat guru sehingga bisa menjadi guru yang unik dan teladan bagi murid-muridnya," katanya.

Salah satu masalah yang dialami guru di Indonesia adalah kurang meratanya keberadaan para guru. Ada beberapa daerah yang masih sangat kekurangan guru, ada pula daerah yang jumlah gurunya sudah terlalu banyak.

Masalah lainnya adalah guru di daerah juga terhambat dengan berbagai akses materi ajar yang terbatas. Untuk menanganinya, jaringan Semua Murid Semua Guru melakukan kolaborasi dengan Hijup untuk mengirimkan flashdisk berisi video ajar ke berbagai pelosok negeri. "Dengan membeli #SemuaMuridSemuaGuru Scarf dari Hijup.com sama dengan menyumbangkan satu buah flashdisk Budi ke sekolah dasar di pelosok Indonesia," kata Hanna Farid, Chief of Merchandiser and Buyer Officer Hijup.

Sumber: Tempo

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).