7 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

Sabtu 14 Juli 2018, 10:08 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Memanfaatkan hari kerja secara maksimal itu penting. Namun, terkadang kita tidak dapat melakukannya karena beberapa kebiasaan buruk yang membuat kita jadi tidak produktif.

Ada beberapa kebiasaan buruk seseorang di tempat kerja, seperti terus-menerus memeriksa akun media sosial pribadi, mengobrol dengan teman melalui telepon, atau Whatsapp. Menghindari perilaku tertentu bisa menghindarkan kita dari konflik dengan rekan kerja atau mencegah menciptakan masalah di lingkungan kerja. Berikut adalah tujuh hal yang sebaiknya tidak dilakukan di tempat kerja, seperti dilansir Boldsky.

#Bergosip 
Faktor utama yang kerap menjadi penyebab timbulnya konflik besar di tempat kerja di antara karyawan adalah gosip. Seseorang tentu akan kesal jika orang yang mereka kenal berbicara di belakang atau mencoba mengkhianati kepercayaan mereka dengan membagikan informasi pribadi kepada orang lain.

#Suasana hati jelek 
Jangan membawa suasana hati yang buruk ke tempat kerja. Kekuatan suasana hati negatif bisa menyebar dari satu orang ke orang lain. Jadi, jika datang ke tempat kerja dengan perasaan yang tertekan, kesuraman Anda dapat mempengaruhi produktivitas orang lain. Hal itu juga bisa mempengaruhi manajemen tim sekaligus semangat kerja dan cenderung mempengaruhi lingkungan kerja karena emosi itu bersifat menular.

#Keseringan cek email 
Cek email yang masuk cukup sesekali saja pada waktu tertentu. Jangan menggunakan email tempat kerja untuk mengirim pesan pribadi, apalagi yang bersifat rahasia.

#Asyik mengobrol 
Jika Anda terus berjalan dari satu kolega ke kolega lain hanya untuk mengobrol tak penting, ini bisa memberi reputasi buruk di tempat kerja. Jika ada seseorang mencoba membicarakan liburan akhir pekan kepada Anda, pastikan untuk memotong omongannya dengan sopan. Memang dia tidak akan senang, namun Anda perlu memberi perhatian pada etika kerja perusahaan.

#Menerima telepon pribadi 
Sebaiknya jangan pernah menjawab panggilan telepon pribadi saat bekerja karena akan merusak konsentrasi. Jika menerima panggilan telepon pribadi di tempat kerja, pastikan untuk tetap singkat. Sebaiknya hindari mengobrol melalui telepon karena orang di sekitar diam-diam akan mengamati waktu yang Anda habiskan untuk mengobrol di telepon daripada bekerja.

#Multitasking 
Multitasking adalah salah satu hal yang harus dihentikan di tempat kerja karena manusia tidak dirancang untuk melakukan lebih dari satu hal secara bersamaan dalam satu waktu. Usaha semacam itu pasti akan membuat fokus terpecah belah.

#Overcommitting 
Jangan pernah melakukan lebih dari apa yang bisa Anda lakukan. Jika tidak punya waktu untuk melakukan proyek, bantulah diri sendiri dengan mengatakan "Tidak". Mencoba menolak permintaan dari keluarga, teman, atau klien bisa sulit. Tapi ingat, overcommitting bisa berubah menjadi stres dan mungkin membuat Anda tidak punya waktu untuk diri sendiri.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa