Indonesian Youth Creaction x Cultural Conference, Etos ID: Manusia Indonesia Unggul

Senin 15 Agustus 2022, 13:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk melahirkan manusia Indonesia yang unggul, diperlukan suatu arah kebijakan pembangunan yang memprioritaskan pendidikan sebagai investasi masa depan. Sebagai investasi masa depan bangsa, maka pendidikan harus dimulai sejak anak usia dini sebagai program yang berkelanjutan dan sistemik yang dikemas dalam dalam berbagai program kebijakan, yang dimulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai dengan pendidikan tinggi.

IYCC dilaksanakan selama dua hari  (14-15 Agustus 2022). Pada Wisuda Etos 2022, dihadiri oleh Mulyadi Saputra selaku Kepala LPI Dompet Dhuafa, Muhamad Saepudin selaku Manajer Etos ID, Herman Budianto selaku GM Pendidikan dan Budaya Dompet Dhuafa, Dian Mulyadi selaku General Manager Communication & Corporate Secretary Dompet Dhuafa, Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa, Dr. Irma Andriani selaku Pembina EtosID Makassar, Abdul KHalim selaku Kadiv Operasional LPI Dompet Dhuafa.

Pada Minggu ini (14/08/2022), Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa menggelar Indonesian Youth Creaction x Cultural Conference (IYCC) bertajuk "Metamorfosa Para Pembangun Bangsa” sekaligus prosesi wisuda 256 penerima manfaat Etos ID 2018 yang telah mengikuti program selama empat tahun yang bertempat di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat, Jalan Raya Parung No.420, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mulyadi Saputra mengatakan, "Program Etos ID LPI DD adalah program investasi SDM strategis, artinya di Etos ID kompetensi dan karakter para penerima manfaatnya   tumbuh dan berkembang dengan profil pemuda inspiratif berintegritas, profesional, dan transformatif".

Indonesian Youth Creaction x Cultural Conference (IYCC)  menjadi momentum awal menguatkan kembali nilai kebermanfaatan LPI Dompet Dhuafa lewat proses pelantikan kelulusan penerima manfaat dan menjadi momentum mempererat ikatan penerima manfaat serta menjalin KolaborAksi dengan alumni program, tokoh, serta dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki kesadaran penuh dan kepedulian terhadap pembangunan bangsa demi Indonesia lebih baik di masa depan.

Baca Juga :

Dompet Dhuafa Atasi Paceklik Air Bersih Warga Cikawung Nagrak Sukabumi

Di lokasi yang sama, Muhamad Saepudin, menambahkan “Kami ingin menguatkan semangat kepemudaan dan memperkuat pondasi serta wawasan pemuda guna menghadapi dunia pasca kampus, Sebab itulah Etos ID menghelat Indonesian Youth Creaction x Cultural Conference (IYCC), ajang KolaborAksi karya dan ide pemuda dari 23 wilayah di seluruh Indonesia. IYCC sekaligus mengukuhkan alumni Etos ID 2018".

Para Etoser akan mengikuti Selerangkaian kegiatan penambah kapasitas diri; sebut saja Inspiring Leaders Talks bersama Greget Kalla Buana, Islamic Finance Specialist UNDP; Shally Pristine, Head - Public Affairs, Policy, and Social Impact at Grab; dan Edy Fajar Prasetyo, Founder Yayasan Inovasi Sosial Berkelanjutan; Lokakarya Pasca Kampus, Cultural Event, Forum Alumni Inspiratif, dan Capacity Building.

photoPara peserta Indonesian Youth Creaction x Cultural Conference, Etos ID Dompet Dhuafa - (istimewa)</span

"Etos ID merupakan wadah menaruh harapan-harapan besar pemuda penerus kemajuan bangsa. Kelak, para penerima manfaat Etos ID akan bermetamorfosa menjadi generasi-generasi saleh, Qowiy wal Maslahah, perubah peradaban", ujar Herman Budianto.

Pada acara IYCC, dihadiri 139 peserta luring & 117 peserta daring dari 23 universitas di seluruh Indonesia seperti Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Lampung, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman, Universitas Palangka Raya, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Mataram, Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Sulawesi Barat, dan Universitas Pattimura.

SUMBER: Dompet Dhuafa

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel26 Mei 2024, 07:00 WIB

Resep Kimchi Daun Bawang ala Korea dengan Fermentasi 3 Hari, Caranya Simpel!

Kimchi daun bawang adalah pilihan yang lezat dan sehat untuk menambah variasi dalam hidangan sehari-hari, memberikan cita rasa Korea yang autentik dan bermanfaat bagi kesehatan.
Daun Bawang. Resep Kimchi Daun Bawang ala Korea dengan Fermentasi 3 Hari, Caranya Simpel! (Sumber : Pexels)
Science26 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 26 Mei 2024 Termasuk Sukabumi, Cek Sebelum Berakhir Pekan!

Untuk daerah Sukabumi sendiri diperkirakan akan mengalami cuaca cerah hingga cerah berawan saat pagi. Kemudian berpotensi hujan ringan dan kembali berawan saat dini hari.
Ilustras Pagi Cerah Berawan. Prakiraan Cuaca Sukabumi | Pexels
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist