Karang Numpang, Keindahan Batu Karang di Balik Hamparan Ilalang

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Karang Numpang belakangan ini populer sebagai destinasi wisata alam yang cukup hangat diperbincangkan warga di media sosial (medsos) dalam setahun terakhir. Tempat wisata yang terletak di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi ini, menyuguhkan panorama alam nan indah. Bebatuan karang berwana putih pucat seperti tumbuh dari balik hamparan ilalang yang indah membentang bak permadani. Sungguh sebuah pemandangan eksotis dengan view Kota Sukabumi.

Untuk sampai ke tempat ini, gampang-gampang susah. Dari jalur utama ruas Jalan Mangkalaya-Cisaat, Anda harus melewati jalan berbatu sepanjang kira-kira satu kilometer untuk bisa sampai ke puncak Gunung Pancawati tersebut.

Bagi pengunjung yang mengendarai motor atau mobil, tidak perlu khawatir. Karena jalan tersebut juga bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Namun untuk kendaraan roda empat disarankan menggunakan jenis sport utility vehicle (SUV) atau bahkan offroad, karena kondisi jalanannya berbatu dan menanjak.

Sebelum memasuki ke tempat yang dituju, Anda terlebih dahulu harus melewati portal dan membayar tarif masuk sebesar dua ribu rupiah. Setelah itu, perjalanan berikutnya cukup menantang adrenalin. Anda harus melewati jalan berbatu serta berkelok. Namun jangan khawatir, pemandangan pepohonan di kiri dan kanan jalan, serta hamparan ilalang dan kebun milik warga setempat, dapat sedikit mengobati stres akibat rasa was-was selama menempuh perjalanan.

Setelah memakan waktu sekitar sepuluh hingga 15 menit, Anda tiba di area parkir kendaraan yang dikelola warga setempat. Di area parkir ini, selain tersedia saung untuk beristirahat, juga terdapat warung yang menjual makanan dan minuman ringan.

Eits… Tetapi jangan senang dulu, karena dari tempat parkir kendaraan, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju puncak gunung untuk menikmati keindahan Karang Numpang.

Setelah sampai di Karang Numpang, barulah Anda dapat menikmati suguhan ideal bagi mata-mata yang lapar akan keindahan, usai lelah menjalani aktivitas keseharian. Bebatuan karang berbagai bentuk seperti tumbuh dari balik hamparan ilalang nan hijau, layaknya mentari pagi yang muncul malu-malu dari balik awan.

Tidak hanya itu, semilir angin senantiasa setia membelai sekujur tubuh Anda, kala menikmati pemandangan Kota Sukabumi dan sebagian daerah Panggeleseran, Kabupaten Sukabumi dari ketinggian.

Keindahan Karang Numpang ini tidak hanya menggoda untuk dinikmati warga sekitar, tetapi juga dari daerah lainnya. "Saya tahu dari medsos. Kebetulan lagi berlibur ke rumah saudara di Gunungguruh, jadi sekalian main ke sini bersama keluarga dan teman-teman. Cukup indah," ujar Agustina (28), warga Cicurug.

Namun sayangnya, pesona Karang Numpang ini, tidak diimbangi dengan ketersediaan fasilitas umum memadai. Mulai dari tempat parkir seadanya, hingga belum tersedianya toilet umum yang layak. Selain itu, banyak bebatuan karang yang menjadi sasaran aksi corat-coret pengunjung.

Hmm… Anda tertarik untuk mengunjungi? Kami hanya memberi informasi mengenai alternatif tempat wisata yang murah meriah. Anda lah yang memutuskan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 15:30 WIB

10 Cara Agar Dipercaya Oleh Orang Lain, Ini yang Harus Dilakukan

Kini, interaksi manusia semakin kompleks dan teknologi terus berkembang, maka memiliki reputasi sebagai individu yang dapat diandalkan dan dipercaya menjadi semakin penting.
Ilustrasi. Orang yang sedang berkumpul tidak gaduh dan saling percaya. Sumber : pixabay/anne00
Life25 April 2024, 15:11 WIB

Identifikasi Pemicunya, Ini 5 Cara Membantu Anak Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa jadi kebiasaan yang akan berkelanjutan jika tidak segera dihentikan.
Ilustrasi membantu anak menghentikan kebiasaan buruk. | Foto: Freepik
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi25 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).