TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Dispar Kabupaten Sukabumi Agendakan 15 Event di Tahun Ini, Catat Lokasi dan Waktunya

Dinas Pariwisata atau Dispar Kabupaten Sukabumi mengagendakan 15 event wisata dan budaya yang akan diselenggarakan dalam Calendar of Event atau CoE sepanjang 2023.

Penulis
Senin 16 Jan 2023, 19:06 WIB

Ilustrasi. Kemeriahan Event Seren Taun Sinar Resmi tahun 2022. | Foto: SU/Denis

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pariwisata atau Dispar mengagendakan 15 kegiatan atau event wisata dan budaya yang akan diselenggarakan dalam Calendar of Event atau CoE sepanjang 2023.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kabupaten Sukabumi Luki Mufti mengatakan, belasan event tersebut diselenggarakan mulai dari pemerintah daerah, komunitas, organisasi dan juga masyarakat.

“Total ada 15 event yang akan diselenggarakan tahun ini. Mulai tanggal 11 Maret 2023 ada Ciletuh Palabuhanratu Roadbike yang akan diselenggarakan di kawasan CPUGGp (Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark),” ujar Luki kepada awak media belum lama ini.

Selanjutnya event Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Ke-63 Palabuhanratu di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) pada tanggal 6 hingga 28 Mei 2023.

Baca Juga: Optimalkan Potensi Agro Komplek, Kolaborasi Pertanian Pemkab Sukabumi dan Unpad

“5 Mei 2023 ada Pesta Hari Nelayan dan Promosi Wisata Bahari Ujunggenteng. Kemudian ada juga Hari Syukuran Nelayan Ciwaru di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas. Agustus 2023 ada empat acara adat, di antaranya Seren Taun Kasepuhan Gelar Alam (Cipta Gelar), Seren Taun Cipta Mulya, Seren Taun Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, dan Seren Taun Giri Jaya, Kecamatan Cidahu,” tuturnya.

Sementara itu, enam event lainnya digelar antara bulan November hingga Desember. Antara lain Nanjak Bareng Gunung Salak ke-8 dengan ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut pada 21-22 November 2023, Festival Lobster Kabupaten Sukabumi pada 18-19 November 2023, Festival Bebegig 4 di Lapang Sepak Bola Waluran.

Selanjutnya Festival Sabilulungan di Desa Panenjoan, Kecamatan Ciemas pada 28 November, Trail Adventure Kabupaten Sukabumi juga di bulan November.

“Di penghujung tahun 2023 bulan Desember tanggal 26-31 ada acara Cantayan Event Week di Kawasan Pedesaan Agro Wisata Pusaka Cinta, Kecamatan Cicantayan. Serta Fashion & Culinary Nite Festival di Dekranasda, Kecamatan Cisaat,” imbuhnya.

Luki menuturkan, Dispar berharap dengan belasan event yang masuk dalam COE 2023 ini dapat mempromosikan Kabupaten Sukabumi sebagai destinasi unggulan. "Yang mampu menarik wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," pungkasnya.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x