Dispar Kabupaten Sukabumi Agendakan 15 Event di Tahun Ini, Catat Lokasi dan Waktunya

Senin 16 Januari 2023, 19:06 WIB
Ilustrasi. Kemeriahan Event Seren Taun Sinar Resmi tahun 2022. | Foto: SU/Denis

Ilustrasi. Kemeriahan Event Seren Taun Sinar Resmi tahun 2022. | Foto: SU/Denis

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pariwisata atau Dispar mengagendakan 15 kegiatan atau event wisata dan budaya yang akan diselenggarakan dalam Calendar of Event atau CoE sepanjang 2023.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kabupaten Sukabumi Luki Mufti mengatakan, belasan event tersebut diselenggarakan mulai dari pemerintah daerah, komunitas, organisasi dan juga masyarakat.

“Total ada 15 event yang akan diselenggarakan tahun ini. Mulai tanggal 11 Maret 2023 ada Ciletuh Palabuhanratu Roadbike yang akan diselenggarakan di kawasan CPUGGp (Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark),” ujar Luki kepada awak media belum lama ini.

Selanjutnya event Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Ke-63 Palabuhanratu di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) pada tanggal 6 hingga 28 Mei 2023.

Baca Juga: Optimalkan Potensi Agro Komplek, Kolaborasi Pertanian Pemkab Sukabumi dan Unpad

“5 Mei 2023 ada Pesta Hari Nelayan dan Promosi Wisata Bahari Ujunggenteng. Kemudian ada juga Hari Syukuran Nelayan Ciwaru di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas. Agustus 2023 ada empat acara adat, di antaranya Seren Taun Kasepuhan Gelar Alam (Cipta Gelar), Seren Taun Cipta Mulya, Seren Taun Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, dan Seren Taun Giri Jaya, Kecamatan Cidahu,” tuturnya.

Sementara itu, enam event lainnya digelar antara bulan November hingga Desember. Antara lain Nanjak Bareng Gunung Salak ke-8 dengan ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut pada 21-22 November 2023, Festival Lobster Kabupaten Sukabumi pada 18-19 November 2023, Festival Bebegig 4 di Lapang Sepak Bola Waluran.

Selanjutnya Festival Sabilulungan di Desa Panenjoan, Kecamatan Ciemas pada 28 November, Trail Adventure Kabupaten Sukabumi juga di bulan November.

“Di penghujung tahun 2023 bulan Desember tanggal 26-31 ada acara Cantayan Event Week di Kawasan Pedesaan Agro Wisata Pusaka Cinta, Kecamatan Cicantayan. Serta Fashion & Culinary Nite Festival di Dekranasda, Kecamatan Cisaat,” imbuhnya.

Luki menuturkan, Dispar berharap dengan belasan event yang masuk dalam COE 2023 ini dapat mempromosikan Kabupaten Sukabumi sebagai destinasi unggulan. "Yang mampu menarik wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan
Sukabumi19 Juli 2024, 20:00 WIB

Terekam CCTV, Wanita Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Lari Mobil di Parungkuda Sukabumi

Berikut keterangan Polisi terkait insiden wanita tanpa identitas tewas ditabrak lari mobil saat menyeberang jalan di Parungkuda Sukabumi.
Wanita tanpa identitas jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Life19 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Ciri Kamu Sebenarnya Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka.
Ilustrasi - Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka. (Sumber : Freepik.com)
Nasional19 Juli 2024, 19:35 WIB

Kronologi Helikopter Jatuh di Bali Diduga akibat Terlilit Tali Layangan

Berikut kronologi dan kondisi penumpang helikopter wisata yang jatuh di Bali. Kecelakaan ini diduga akibat baling-baling terlilit tali layangan.
Helikopter jatuh tidak lama lepas landas dari Helipad GWK, Bali pada Jumat (19/7/2024) pukul 14.33 WIB. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Juli 2024, 19:00 WIB

Tak Hanya Susu Saja, Ini 8 Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Tulang

Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang.
Ilustrasi Salmon  - Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)