Sabet Piala Oscar, Chloe Zhao Dipuji Dunia, Dimaki di Negeri Sendiri

Selasa 27 April 2021, 21:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Chloe Zhao berhasil mencetak sejarah menjadi wanita Asia pertama yang meraih penghargaan Oscar untuk kategori sutradara terbaik. Namun, semua hal tentang dirinya menghilang dari pemberitaan dan semua kanal media sosial di China. Diketahui, negaranya sendiri tak menginginkan Zhao tampil dan terlibat dalam ajang penghargaan yang dibuat oleh negara 'Barat' tersebut. 

Nomadland (2020), sebuah film yang disutradarai Zhao ini menjadi film terbaik dalam ajang Oscar 2021 yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu. Film ini juga berhasil membuat sejarah, karena menjadi karya wanita sutradara asal Asia pertama yang berhasil meraih gelar di ajang internasional.

photoSutradara Chloe Zhao (kiri) saat bersama aktor Frances McDorman (kanan) di lokasi syuting film Nomadland - (Searchlight Pictures Via AP)</span

Namun dibalik semua itu, satu miliar penduduk di China seolah tak memperdulikan prestasi yang dibuat oleh satu warga negaranya tersebut.

Bahkan, penayangan Oscar 2021 disensor di negerinya. Sejumlah perusahaan televisi dan kantor berita di China tak menyajikan kabar mengenai kemenangan wanita berusia 39 tahun itu.

Baca Juga :

Sempat ada sebuah postingan yang mengumumkan kemenangan Zhao oleh salah satu majalah film di China, namun pada akhirnya disensor setelah beberapa jam berita tersebut tayang pada Senin (27/4/2021) pagi.

Bahkan, tagar #ChloeZhaoWinsBestDirector yang viral di berbagai media sosial, juga disensor di berbagai platform hingga muncul peringatan yang bertuliskan "Konten ini melanggar kebijakan konten platform, halaman yang Anda cari tidak ditemukan".

Sejumlah forum diskusi di China yang membahas tentang kemenangan Zhao, juga dihapus dari berbagai aplikasi, seperti artikel berita di aplikasi WeChat.

Masyarakat di Hong Kong juga tidak dapat menonton siaran langsung penganugerahan Oscar 2021, karena televisi nasional Hongkong menolak menyiarkan acara tersebut selama 50 tahun terakhir sampai dengan sekarang.

Di Shanghai, siaran langsung Oscar 2021 awalnya akan disiarkan dan dipandu oleh sejumlah tim broadcast di New York University (Zhao merupakan alumni kampus tersebut, red), namun akhirnya gagal dan mengalami pemblokiran konten selama hampir dua jam.

"Mereka (pemerintah China, red) memutus semua jaringan internet ataupun VPN," kata penyelenggara acara nonton bareng Oscar 2021 bernama Kevin Ke.

Rencananya, film Nomadland dijadwalkan akan rilis di China pada 23 April 2021. Namun, tidak ada satupun bioskop atau media yang mau menayangkan film tersebut. 

Balas Dendam Pemerintah China Terhadap Zhao

photoChloe Zhao bersama dengan kru film Nomadland, baru saja meraih penghargaan Oscar - (nypost.com)</span

Tindakan pemerintah China yang melarang segala konten tentang Zhao dimulai sejak Maret 2021. Saat itu, Zhao baru saja memenangkan penghargaan Golden Globe sebagai sutradara terbaik. Namun, berbagai komentar buruk bermunculan hingga menyangkut pautkan masalah identitas dan latar belakang Zhao yang lahir dan besar di China.

Pemerintah China mengambil tindakan masif dan radikal pasca sebuah pernyataan Zhao yang kontroversial dalam sebuah wawancara di salah satu media pada tahun 2013 silam. 

"Ada kebohongan di mana-mana. Anda seperti terkekang dan merasa tidak akan pernah bisa keluar," ungkap Zhao dalam wawancara tersebut.

Sejumlah ujaran kebencian tentang Zhao menyebar sangat cepat dan luas. Banyak yang mempertanyakan apakah Zhao masih pantas disebut seorang Chinese (orang asli atau keturunan China, red).

Zhao memutuskan hijrah ke London di usia 14 tahun untuk melanjutkan pendidikan SMP. Setelah itu, Zhao pindah ke Los Angeles untuk melanjutkan sekolah SMA, hingga kuliah jurusan Film di New York University, Amerika Serikat.

Zhao sendiri tidak pernah menanggapi serius berbagai reaksi negatif warga masyarakat China terhadapnya. Ia cenderung tak peduli dan apatis mengenai sejumlah terpaan negatif terhadapnya. 

Meski demikian, ia tak pernah melupakan keindahan dan kenangan masa kecilnya ketika di China.

"Sejatinya manusia itu terlahir baik. Saya menemukan kebaikan di setiap orang-orang yang pernah saya temui kemanapun saya pergi di dunia ini," ujar Zhao.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang