Biografi KH. Ahmad Sanusi Pahlawan Nasional Asal Sukabumi

Kamis 03 November 2022, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - KH. Ahmad Sanusi adalah tokoh dan seorang ulama asal Sukabumi yang lahir pada Jum’at 12 Muharram 1306 H atau tanggal 18 September 1888, tepatnya di Desa Cantayan, Kecamatan Cikembar Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Beliau selama hidupnya telah mengabdi kepada negara dalam memerdekakan negara Indonesia. KH. Ahmad Sanusi juga banyak kontribusi pada perkembangan agama Islam di tanah air.

Meskipun penganugerahan gelar Pahlawan Nasional baru akan diresmikan pada Senin, 7 November 2022, oleh presiden Jokowi, KH Ahmad Sanusi dengan kiprahnya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sudah tidak diragukan lagi.


Beragam penghargaan telah dianugerahkan kepada KH. Ahmad Sanusi diantaranya bintang mahaputera utama yang diberikan era Presiden Soeharto pada tanggal 12 Agustus 1992. Selanjutnya KH. Ahmad Sanusi dianugerahi bintang mahaputera adipradana pada 10 November 2009, di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Perjuangan KH. Ahmad Sanusi di Bidang Politik


Saat menuntut ilmu di kota Mekkah, KH. Ahmad Sanusi baru terjun ke dunia politik, yang awalnya dipertemukan dengan tokoh dari Sarekat Islam yaitu Abdul Muluk. Setelah melihat anggaran dasar (AD)-nya memiliki tujuan untuk melepaskan pribumi dari pihak asing, sejak saat itu lah beliau setuju bergabung dengan Serikat Islam.


Kemudian pada tahun 1915, KH. Ahmad Sanusi menjabat sebagai dewan penasihat Sarekat Islam. Namun, karena berbeda pandangan terhadap sistem sentralisasi khas Sarekat Islam, tidak berlangsung lama beliau lalu melepaskan jabatan tersebut.


Pada tahun 1931 selama menjadi tahanan buangan Jepang, KH. Ahmad Sanusi telah mendirikan organisasi Al Ittihadiyatul Islamiyah (AII) yang berganti nama menjadi PUII (Persatuan Ummat Islam Indonesia) pada tahun 1943.


Puncaknya, KH. Ahmad Sanusi menjadi bagian dari anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Salah satu ide pemikirannya adalah mengusulkan negara Indonesia menjadi negara republik.

Perjuangan KH. Ahmad Sanusi dalam Bidang Pendidikan dan Dakwah

Setelah kepulangannya menuntut ilmu di Mekkah pada tahun 1915, KH. Ahmad Sanusi lalu membantu mengajar di pondok pesantren milik ayahnya. Karena kepiawaiannya dalam menyampaikan ilmu serta metode belajar yang mudah dipahami oleh para santri, KH. Ahmad Sanusi pun akhirnya mendapatkan julukan sebagai Ajengan Cantayan.


KH. Ahmad Sanusi pada tahun 1921 atas bimbingan dari ayahnya, mulai merintis pesantren sendiri yang lokasinya berada di daerah Genteng Babakan Sirna, Cibadak, Sukabumi. Beliau juga lalu mendapatkan julukan tambahan yaitu sebagai Ajengan Genteng. 


Pada tahun 1935, KH. Ahmad Sanusi kembali mendirikan sebuah pondok pesantren yang berlokasi di daerah Gunung Puyuh. Pesantren itu hingga kini dikenal dengan nama Syamsul Ulum.


Selain membangun pesantren, semasa hidupnya beliau juga aktif menulis dan telah menghasilkan kurang lebih 525 karya tulis. Bahkan, 400 karyanya tersusun rapi di Universitas Leiden Belanda.

Van Bruinessen pengarang asal belanda mengatakan jika karya KH. Ahmad Sanusi merupakan karya orisinil dari orang Sunda. Salah satu karya beliau yang paling terkenal adalah kitab tafsir bahasa sunda berjudul Maljau at-Thalibin.

Kitab itu banyak mengandung tanggapan KH. Ahmad Sanusi terhadap gugatan kalangan reformis terkait permasalahan khilafiyah dalam hal ibadah. Beliau juga ikut mengkritik ulama-ulama tangan kanan Belanda dengan sebutan ulama kauman.


KH. Ahmad Sanusi Wafat


KH. Ahmad Sanusi setelah perjuangannya membela agama dan negara, beliau kemudian menghembuskan nafas terakhirnya di Sukabumi pada tanggal 31 Juli 1950, di usia 62 tahun.

#SHOWRELATEBERITA

Writer: Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Jawa Barat25 Februari 2024, 17:05 WIB

Resmi Dilantik, DPC IKA Undip Bogor Siap Kolaborasi Bangun Daerah

Berikut daftar nama Pengurus DPC IKA UNDIP Bogor 2024-2029 yang baru dilantik Minggu (25/2/2024).
Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)
Sehat25 Februari 2024, 17:00 WIB

4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya

Berikut ini beberapa jenis gangguan kepribadian dan ciri-ciri orang yang mengalaminya
Ilustrasi - 4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya (Sumber : unsplash.com/@Pooja Roy)
Sukabumi25 Februari 2024, 16:41 WIB

Mayat Pria Ditemukan di Pantai Cibuaya Sukabumi, Diduga Korban Tenggelam

Mayat pria yang ditemukan tergeletak di pesisir Pantai Cibuaya Sukabumi itu menurut warga merupakan ODGJ.
Proses evakuasi mayat pria diduga ODGJ di Pantai Cibuaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Gadget25 Februari 2024, 16:00 WIB

Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar

Inilah deretan HP baru yang akan meramaikan pasar gadget minggu ini
Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Februari 2024, 15:11 WIB

Potret Adu Ketangkasan Domba Garut di Pajampangan Sukabumi

Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan.
Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan di lapang Puskeswan Surade, Minggu (25/2/2024). (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 15:00 WIB

4 Daya Tarik Telaga Remis Pasawahan Bisa Camping dan Mancing

Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan
Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan (Sumber : Istimewa)
Inspirasi25 Februari 2024, 14:25 WIB

Universitas Nusa Putra Raih Penghargaan Gold Winner dari LLDIKTI IV

Miliki Program Studi Terakreditasi Internasional Terbanyak se-Jawa Barat dan Banten, Universitas Nusa Putra diganjar Gold Winner dari LLDIKTI IV.
Piagam penghargaan Gold Winner untuk Universitas Nusa Putra dari LLDIKTI IV. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan25 Februari 2024, 14:00 WIB

6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kulit Wajah, Ampuh Atasi Jerawat

Berikut ini manfaat masker putih telur yang baik untuk kulit wajah termasuk mengatasi jerawat
6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kulit Wajah, Ampuh Atasi Jerawat (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Arena25 Februari 2024, 13:00 WIB

Jadwal MotoGP 2024 Dimulai Maret, GP Mandalika Kapan?

Berikut ini jadwal lengkap MotoGP 2024 yang akan dimulai bulan Maret mendatang
Berikut ini jadwal lengkap MotoGP 2024 yang akan dimulai bulan Maret mendatang termasuk GP Mandalika (Sumber : Instagram/@themandalikagp)
Sukabumi25 Februari 2024, 12:56 WIB

Tawuran Pelajar di Ujunggenteng Sukabumi Dibubarkan Warga, Pelaku Tinggalkan Motor

Tawuran antarpelajar SMP di Ujunggenteng Sukabumi dibubarkan warga, pelaku kocar kacir melarikan diri hingga meninggalkan motor.
Motor dan dua sandal pelaku tawuran pelajar diamankan warga Ujunggenteng Sukabumi. (Sumber : Istimewa)