7 Pola Asuh ala Orang Tua Aktris Cerdas Maudy Ayunda, Inspiratif!

Kamis 10 Februari 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penyanyi sekaligus aktris kenamaan asal Indonesia, Maudy Ayunda menjadi sorotan karena memiliki banyak prestasi di dunia entertainment namun tak pernah melupakan urusan pendidikan membuat kita bertanya-tanya. Bagaimana pola asuh orang tua Maudy Ayunda hingga membuatnya anaknya secerdas itu?

Seperti diketahui, pada awal Juni 2021 lalu Maudy berhasil menyelesaikan program S2 di Stanford University dengan dua gelar sekaligus setelah sebelumnya berhasil lulus S1 di Oxford University.

Siapa yang tidak kagum dengan wanita bernama lengkap Ayunda Faza Maudya ini, secara inspiratif dia berhasil mendapatkan tiga gelar sarjana dari dua universitas ternama dunia sekaligus.

Keberhasilan Maudy menjadi alumni dua kampus itu tentu tidak lepas dari peran kedua orang tuanya, Mauren Jasmedi dan Didit Jasmedi R. Irawan.

Pola asuh ala mereka yang mampu menjadikan pribadi anaknya super cerdas dan berbakat itu tak ayal kini menjadi kiblat bagi para orang tua untuk menerapkan pola asuh yang tepat.

Baca Juga :

Pola asuh orang tua Maudy Ayunda

photoMaudy Ayunda Menyelesaikan Program S2 di Stanford University - (Instagram @maudyayunda)</span

Melalui kanal youtube Narasi Stories, Mauren membagikan sedikit cerita bagaimana dia mendidik Maudy dari kecil hingga tumbuh menjadi wanita yang sukses berprestasi di dunia akademis. Penasaran? Artikel ini sudah merangkum semuanya, yuk disimak sampai habis ya!

1. Menerapkan kemandirian sejak kecil

Tinggal di luar negeri seorang diri untuk menempuh pendidikan adalah bentuk kemandirian Maudy. Sejak kecil wanita kelahiran 19 Desember 1994 ini sudah terbiasa melakukan semua hal sendiri termasuk mempersiapkan kebutuhan, membersihkan kamar, hingga memasak.

Mauren menjelaskan bahwa sejak kecil anak-anaknya tidak diperbolehkan untuk menyuruh asisten rumah tangga (ART) walaupun hanya sekedar mengambil minum ataupun makanan, karena menurutnya anak-anak harus terbiasa dengan melakukan apapun sendiri, tidak menyulitkan orang lain.

Lalu, Mauren pun selalu mengatakan bahwa dia hanya akan membiayai anaknya sekolah hingga usia 21 tahun, hal ini dilakukan agar dapat memotivasi anaknya untuk terus mengejar prestasi akademik dan mendapatkan pekerjaan yang bagus sehingga bisa mandiri secara finansial.

2. Mendorong anak untuk mengikuti banyak kegiatan

Siapa sangka bahwa ternyata Maudy adalah sosok yang pemalu. Saat kecil dia cenderung banyak berdiam diri dan jarang berinteraksi dengan orang lain.

Melihat hal ini Mauren justru terus menyuruh putri sulungnya itu untuk mengikuti banyak kegiatan di sekolah seperti bermain pertunjukan musikal, teater, dan lainnya.

Dukungan Mauren berbuah hasil manis, anaknya kini dikenal sebagai artis yang multitalenta. Maudy berhasil membintangi banyak film dan mengeluarkan album solo.

Baca Juga :

Pola asuh seperti ini secara tidak langsung dapat membentuk karakter anak menjadi lebih kreatif dan bisa menjalin pertemanan dengan banyak orang, lingkup sosialnya akan semakin luas sehingga akan sangat mudah menerima ilmu-ilmu baru.

3. Mengenalkan tanggung jawab

Ketika manusia terlahir di dunia, mereka akan membawa masalah dan urusannya masing-masing, sehingga sangat penting bagi setiap individu untuk tau apa yang menjadi hak dan kewajibannya.

Hal itu yang selalu Mauren katakan pada anak-anaknya, sehingga mereka akan tumbuh dewasa dengan membawa bekal dan tanggung jawab yang sudah ditanamkan.

4. Mendukung anak untuk semangat berbagi

Ketika seorang anak tumbuh dewasa dan menjadi sosok yang hebat dan sukses, dia tidak akan tampak bernilai jika tidak bermanfaat untuk orang lain, prinsip ini yang selalu ditanamkan oleh Mauren.

Menurutnya, saat ini banyak sekali orang-orang sukses hanya mementingkan diri sendiri, sehingga sangat penting menerapkan pola asuh yang tepat untuk anak-anaknya agar tidak mengikuti alur yang salah.

Saat Maudy berusia 11 tahun, dia memerankan sosok anak kecil yang tinggal di panti asuhan di film berjudul “Untuk Rena”.

Mauren sangat mendukung anaknya bisa berperan di film tersebut, karena Maudy benar-benar harus berbaur dengan anak-anak panti, tidur di kamar berukuran kecil, dan makan dengan menu sederhana.

Secara tidak langsung, peran tersebut dapat menumbuhkan rasa ingin berbagi untuk sesama pada diri Maudy.

Berkat dukungan sang bunda, kini Maudy tumbuh menjadi pribadi yang lebih peka dengan lingkungan sekitar dan tidak terlalu tertarik dengan barang-barang branded.

5. Mengajak anak berdiskusi

Salah satu pola asuh yang jarang diterapkan, tidak sedikit orang tua yang malas mengajak anaknya untuk sekedar bercerita atau ngobrol hal-hal ringan, padahal dampaknya akan sangat buruk bagi cara berpikir anak ketika sudah beranjak dewasa.

Sejak kecil Maudy sudah terbiasa diajak diskusi oleh orang tuanya mulai dari cerita kesehariannya hingga topik yang cukup berat.

Hal ini ditujukan agar Maudy memiliki pemikiran yang luas, kritis, dapat memecahkan masalah, dan mengambil keputusan yang tepat.

6. Membiasakan anak untuk membaca buku

Tak banyak yang tahu bahwa ayah Maudy sampai rela pergi ke Singapura untuk membeli buku satu koper penuh.

Sejak kecil Maudy memang selalu dibiasakan untuk membaca buku oleh orang tuanya, tak heran dia tumbuh menjadi sosok wanita yang cerdas dan prestatif. Bagi Maudy, membaca buku sudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Terbukti, pada akhirnya Maudy berhasil masuk ke universitas ternama dunia dan menyelesaikannya tepat waktu.

7. Tidak memberikan apresiasi berbentuk hadiah

Mauren selalu menyampaikan kalimat-kalimat positif yang bersifat membangun saat anaknya berhasil mencapai sesuatu. Hadiah berbentuk barang hanya akan membuat anaknya menjadi terobsesi pada hasil bukan proses.

Itulah 7 pola asuh orang tua Maudy yang layak ditiru, sangat menginspirasi kan!

Writer: Devi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel15 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Obat Asam Urat Alami dari Campuran Apel dan Jahe, 8 Langkah Simpel!

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan tertentu sebelum menambahkan jus apel dan jahe ke dalam diet asam urat.
Cara Membuat Obat Asam Urat Alami dari Campuran Apel dan Jahe, Langkahnya Simpel! (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Science15 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Mei 2024, Sukabumi Pagi Cerah dan Siang Potensi Hujan Ringan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Rabu 15 Mei 2024.
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Rabu 15 Mei 2024.| Foto: SU/Dede
Sukabumi15 Mei 2024, 01:36 WIB

Hasil Autopsi Ibu di Sukabumi yang Dibunuh Anak: Luka Tusuk di Leher Jadi Penyebab Kematian

Terdapat banyak luka tusukan. Berikut hasil autopsi jasad ibu yang dibunuh anak kandung di Kalibunder Sukabumi.
Tim dokter forensik RSUD R Syamsudin SH, dr Nurul Aida Fathya saat diwawancara terkait hasil autopsi jasad ibu yang dibunuh anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi14 Mei 2024, 23:44 WIB

Geram Sampah Menumpuk, Warga di Palabuhanratu Sukabumi Pasang Spanduk Bernada Sindiran

Warga Kampung Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi pasang spanduk larangan membuang sampah di TPS sementara.
Salah satu spanduk yang dipasang warga Kampung Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola14 Mei 2024, 22:28 WIB

Hasil Leg 1 Championship Series Liga 1: Bali United vs Persib Berakhir Imbang 1-1

Laga sengit Persib Bandung vs Bali United di Leg 1 Championship Series Liga 1 berakhir imbang 1-1.
Striker Persib Bandung David da Silva cetak gol penyeimbang di injury time. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi14 Mei 2024, 21:58 WIB

Rahmat Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi Akan Diperiksa Kejiwaannya

Polisi bakal panggil psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Rahmat pelaku pembunuhan terhadap ibu kandungnya sendiri di Kalibunder Sukabumi.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi saat akan dimasukan ke sel. | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan14 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami, Yuk Biasakan!

Dengan membiasakan rutinitas malam yang sehat dan merawat kulit wajah secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bercahaya secara alami.
Ilustrasi. Mencuci Muka. Inilah Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami (Sumber : Pexels/KarolinaGrabowska)
Sehat14 Mei 2024, 20:30 WIB

Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Seafood campuran seperti frutti di mare, yang mencakup berbagai jenis seafood seperti lobster, kepiting, dan kerang, juga mengandung tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dengan penuh perhatian oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Ikan Tenggiri Kuah Pedas. Karena Tinggi Purin, Ikan Laut Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat (Sumber Foto : via Cookpad)
Sukabumi14 Mei 2024, 20:15 WIB

Rahmat Bunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi, Lalu Tidur dengan Berlumuran Darah

Rahmat alias Herang (25 tahun) membunuh ibu kandungnya, Inas (43 tahun) warga Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Setelah membunuh ibunya, Rahmat langsung tidur di kamarnya dengan kondisi berlumuran darah
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life14 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna, Merasakannya?

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele, namun ternyata memiliki dampak besar pada kualitas hidup kita dan bisa mengurangi makna dan kebahagiaan dalam hidup kita secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menyendiri | Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)