Senegal Masuk Final Setelah Tekuk Burkina Faso, Siap Juara Untuk Pertama Kali?

Kamis 03 Februari 2022, 09:58 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Senegal sukses melaju ke babak final setelah mengalahkan Burkina Faso 3-1. Gol Senegal masing-masing dicetak oleh Abdou Diallo (70’), Idrissa Gueye (76’) dan Sadio Mane (87’). Sedangkan gol Burkina Faso dicetak oleh Blati Toure (82’).

photoAbdou Diallo cetak gol pertama Senegal ke gawang Burkina Faso. - (via theathletic.com)

Kemenangan ini membuat Senegal mengulangi raihan prestasi dua tahun lalu, dimana Mane dkk juga lolos ke babak final.

Baca Juga :

Namun, di babak final dua tahun lalu Senegal harus puas menjadi runner-up karena takluk dari Aljazair dengan skor 1-0. 

Maka dari itu, Senegal akan berjuang mati-matian untuk menebus kegagalan dua tahun lalu. Mereka tinggal menunggu calon lawannya antara Mesir dan Kamerun.

Senegal juga akan semakin termotivasi untuk meraih juara Piala Afrika untuk pertama kalinya dalam sejarah kompetisi.

Prestasi Senegal di Piala Afrika

Sepanjang keikutsertaannya di Piala Afrika, Senegal berhasil lolos ke babak final masing-masing pada tahun 2002, 2019 dan kini 2022.

Di tahun 2002, mereka berhasil lolos ke final Piala Afrika dengan skuat mentereng sebut saja El Hadji Diouf dan Papa Bouba Diop. Namun di final tersebut, Senegal takluk dari Kamerun yang diisi Samuel Eto’o dkk pada babak adu penalti.

Setelah itu performa Senegal terus menurun dan prestasinya di Benua Afrika seolah tenggelam dan tertutup oleh negara-negara lain seperti Nigeria, Kamerun dan Pantai Gading.

17 tahun berselang, tepatnya di tahun 2019, Senegal berhasil kembali lolos ke babak final Piala Afrika. Kali ini mereka berhadapan dengan Aljazair.

Pertandingan tersebut merupakan salah satu hal paling apes bagi Senegal, pasalnya Aljazair menang 1-0 melalui satu tendangan saja dalam waktu 90 menit. 

Bahkan gol tersebut berbau keberuntungan karena tendangan Baghdad Bounedjah mengalami defleksi atau membentur pemain Senegal. Selain itu, gol ini juga terjadi di dua menit awal pertandingan.

Padahal di pertandingan tersebut, Senegal sangat mendominasi. Namun, takdir memang belum berpihak pada Mane dkk.

Di ajang Piala Afrika selanjutnya, Senegal membawa materi pemain yang banyak bermain di klub papan atas Eropa seperti Sadio Mane (Liverpool), Edouard Mendy (Chelsea) dan Idrissa Gueye (PSG).

Senegal berhasil lolos ke babak final dan akan bertemu antara Mesir dan Kamerun. Mane berpeluang besar untuk bertemu rekannya di Liverpool pada babak final, Mohamed Salah yang membela Mesir.

Senegal bisa juara?

Dilihat dari performanya sepanjang kompetisi Piala Afrika, Senegal cukup meyakinkan dan berpeluang besar menjadi juara. Meski di babak penyisihan agak tersendat, namun di babak knock-out Senegal menang dengan meyakinkan.

Dilihat dari head to headnya dengan calon lawannya di final. Senegal juga punya riwayat yang cukup baik. 

Bertemu Mesir, dalam dua pertandingan sebelumnya Senegal selalu menang. Sedangkan ketika bertemu Kamerun, dalam tiga pertandingan sebelumnya Senegal berhasil sekali menang, sekali imbang dan sekali kalah (melalui babak adu penalti).

Senegal juga akan sangat termotivasi untuk meraih juara, setelah mengalami kegagalan dua tahun lalu. Ditambah materi pemain yang mumpuni, pastinya peluang juara Senegal sangat terbuka.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 16:13 WIB

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Bupati Sukabumi: Kita Jaga Masyarakat Sejahtera

Dalam rangka Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRAN), Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Kementerian ATR/BPN memanen pisang cavendish.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat mendampingi Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Dalu Agung Darmawan yang berkunjung ke Kampung Lio, Desa Sinarjaya Warungkiara. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Bola24 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi Liga 1 Persik Kediri vs PSS Sleman: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri.
Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri. (Sumber : X/@PSSleman/@persikfckediri).
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)