Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020 Usai Kandaskan Perlawanan Singapura 4-2

Sabtu 25 Desember 2021, 22:38 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia melaju ke Final Piala AFF 2020 setelah mengandaskan perlawanan dari timnas Singapura. Pertandingan yang sengit ini berakhir dengan skor 4-2 atau secara agregat Skuad Garuda unggul 5-3 atas Singapura.

Bermain imbang 2-2 sama hingga 90 menit waktu normal, pun insiden tiga kartu merah, satu eksekusi penalti, serta gol bunuh diri tersaji pada pertemuan dua tim kali ini.

Keempat gol Indonesia lahir dari Ezra Walian menit ke-11, Pratama Arhan menit ke-87, gol bunuh diri Shawal Anwar menit ke-91, dan Egy Maulana menit ke-105+2.

Baca Juga :

Jalannya Pertandingan

Bermain di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu, 25 Desember 2021, timnas Indonesia turun dengan tim yang berbeda dari laga sebelumnya. Kali ini, Ezra Walian turun sebagai starter.

Ramai Rumakiek yang sebelumnya absen karena akumulasi kartu dimainkan sebagai starter, dengan Irfan Jaya diistirahatkan. Sementara, Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya tetap di posisinya.

Pelatih Shin Tae-yong juga menempatkan Rachmat Irianto di tengah dan memainkan empat bek tengah, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, dan Fachruddin Wahyudi Aryanto.

Di posisi bek sayap, Asnawi Mangkualam di sisi kanan dan Pratama Arhan di kiri, tetap dipertahankan. Di posisi kiper, Nadeo Argawinata kembali menjadi andalan.

Sementara di kubu Singapura, mereka juga melakukan rotasi pemain. Penyerang andalan mereka, Ikhsan Fandi tidak dimainkan sebagai starter. Amy Recha yang dimainkan sejak menit awal.

Di lini belakang, tidak ada perubahan yang dilakukan. Mereka tetap bermain dalam formasi lima bek.

Witan Sulaeman dan rekan-rekannya berusaha memberikan tekanan dengan melancarkan serangan sejak menit-menit awal. Pada menit keenam, Witan bekerja sama dengan Ricky Kambuaya sempat berhasil menciptakan peluang.

Namun, bola sepakan Ricky di depan gawang berhasil dihalau bek Singapura sehingga hanya membuahkan sepak pojok.

Gol yang dinantikan akhirnya tercipta pada menit ke-12 melalui gol Ezra Walian yang memanfaatkan assist dari Witan Sulaeman. Gol itu membuat Indonesia sementara memimpin.

Pada menit ke-38, Ramai Rumakiek mendapat kesempatan melakukan tendangan bebas. Bola sepakannya sudah tepat sasaran ke gawang, tetapi bola bisa ditangkap kiper Singapura.

Pada menit ke-40, lini pertahanan Indonesia mendapatkan ancaman. Beruntung, kiper Nadeo Argawinata dan barisan belakang Indonesia mampu mengatasinya.

Namun, Singapura mampu mencetak gol balasan menjelang babak pertama berakhir lewat Song Ui-young. Gol itu terjadi hanya selang dua menit setelah bek Safuwan Baharudin dikeluarkan dari lapangan karena dua kartu kuning.

Kembali bermain setelah istirahat turun minum, kedua tim bermain dengan skuad yang sama. Tidak ada pergantian pemain yang dilakukan oleh kedua kesebelasan.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru melakukan pergantian pemain menit ke-54. Dia menarik Ezra Walian dan memasukkan Hanis Saghara Putra.

Sementara, Singapura melakukan pergantian pemain ketika memasuki 30 menit akhir. Mereka memasukkan penyerang Ikhsan Fandi, gelandang Shawal Anuar, dan Faris Ramli sekaligus.

Rotasi pemain yang dilakukan Singapura langsung memberikan dampak. Pada menit ke-62, Ikhsan Fandi berhasil mengirimkan umpan terobosan kepada Shawal Anuar ketika skuad Garuda tengah sibuk menyerang. Namun, sepakannya masih belum tepat sasaran, sehingga Indonesia terhindar dari kebobolan.

Meski unggul satu jumlah pemain, skuad Garuda kesulitan mencetak gol dan malah berulang kali gawang Nadeo Argawinata terancam lewat serangan balik yang dilancarkan pemain Singapura.

Pada menit ke-66, Elkan Baggott, Irfan Jaya dan Egy Maulana Vikri masuk menggantikan Rizky Ridho, Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya.

Singapura harus kehilangan satu bek lagi, Irfan Fandi pada menit ke-67, sehingga mereka harus bermain dengan sembilan pemain. Untuk mengatasi hal itu, bek Amirul Adli masuk menggantikan gelandang Song Ui-young pada menit ke-70.

Secara mengejutkan, Indonesia malah kebobolan pada menit ke-74. Shahdan Sulaiman berhasil menjebol gawang Nadeo lewat tendangan bebas. Sehingga kedudukan menjadi 1-2 untuk Singapura.

Pertandingan tetap berjalan sengit. Meski Singapura hanya bermain dengan sembilan pemain, mereka tetap mampu mengimbangi permainan skuad Garuda.

Pratama Arhan mencetak gol penyeimbang pada menit ke-87, sehingga kedudukan kembali imbang.

Pada tambahan waktu di babak kedua, Singapura kembali mendapat kesempatan untuk bisa memenangi pertandingan melalui tendangan penalti setelah pemain Indonesia melakukan pelanggaran di area terlarang. Namun, Faris Ramli yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Kedudukan imbang 2-2 bertahan hingga waktu normal berakhir

Dengan hasil ini, pertandingan akan dilanjutkan dengan babak tambahan 2x15 menit untuk menentukan pemenang.

Menghadapi Singapura yang bermain dengan sembilan pemain, timnas Indonesia berusaha bermain agresif saat pertandingan babak tambahan waktu dimulai. Hasilnya, mereka mampu memberikan tekanan sehingga tercipta gol bunuh diri Shawal Anuar, sehingga kedudukan berubah menjadi 3-2 untuk Indonesia.

Setelah kebobolan, Singapura melakukan bergantian pemain bertahan. Bek Nazrul Nazari masuk menggantikan Zulqarnaen Suzliman pada menit ke-94.

Sementara itu, di kubu Indonesia, Evan Dimas masuk menggantikan Rachmat Irianto yang harus ditandu keluar lapangan karena mengalami cedera.

Egy Maulana mencetak gol keempat untuk timnas Indonesia pada menit ke-105+2'. Kedudukan pun menjadi 4-2.

photoEgy Maulana Vikri (tengah) mencetak gol keempat Indonesia. - (PSSI)</span

Pada menit ke-118, kiper Singapura, Hassan Sunny diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap Irfan Jaya saat hendak menghentikan pemain timnas Indonesia itu. Ikhsan Fandi kemudian menggantikan Hasan sebagai kiper Singapura.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan timnas Indonesia atas Singapura 4-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Dengan hasil ini, skuad Garuda lolos ke final. Mereka akan bertemu pemenang antara Vietnam atau Thailand.

Highlights Pertandingan

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)