Hasil Leg 1 Semifinal Piala AFF 2020: Indonesia Ditahan Imbang Singapura 1-1

Rabu 22 Desember 2021, 21:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia harus puas dengan hasil akhir imbang 1-1 dengan Singapura dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu, 22 Desember 2021. Gol Skuad Garuda dicetak oleh Witan Sulaeman, sedangkan gol penyama kedudukan Singapura dicetak oleh Ikhsan Fandi.

Dalam laga ini, timnas Singapura menurunkan seluruh skuad terbaiknya. Pelatih Tatsuma Yoshida memainkan pemain naturalisasi asal Korea Selatan, Song Ui-young sebagai gelandang. Sementara Nur Adam Abdullah menggantikan Shakir Hamzah yang mengalami cedera.

Di lini depan, penyerang Ikhsan Fandi yang telah mengemas tiga gol di ajang ini juga dipasang sejak awal.

Baca Juga :

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membuat kejutan dengan tak menurunkan bek Elkan Baggott sejak awal. Dia memilih menggunakan formasi 3-4-3 dengan trio Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho sebagai bek tengah.

Di lini depan, juru taktik asal Korea Selatan itu juga tak memainkan Ezra Walian. Dia lebih memilih memasang Dedik Setiawan sebagai penyerang tengah. Nama Egy Maulana Vikri juga tak masuk dalam daftar pemain cadangan.

Timnas Indonesia lebih mendominasi inisiatif serangan pada babak pertama, sementara Singapura cenderung lebih banyak bertahan dan melancarkan serangan balik.

Meskipun demikian, timnas Singapura mendapatkan peluang terlebih dahulu pada menit ke-14. Penyerang Ikhsan Fandi melepaskan tembakan setelah memanfaatkan bola liar hasil tepisan penjaga gawang Nadeo Argawinata yang tak sempurna.

Beruntung bagi Indonesia, tendangan anak dari penyerang legendaris Singapura Fandi Ahmad itu masih menyamping di sisi kiri gawang.

Lima menit berselang giliran Indonesia yang mendapatkan peluang. Sayangnya tembakan Witan Sulaeman dari tepi kotak penalti masih sedikit melambung diatas gawang Singapura yang dijaga oleh Hassan Sunny.

Kebuntuan Timnas Indonesia akhirnya pecah pada menit ke-28. Serangan balik yang dimotori oleh Asnawi Mangkualam berhasil menjebol gawang Timnas Singapura.

Asnawi sempat melakukan permainan satu dua dengan Witan Sulaeman untuk menusuk ke kotak penalti. Bek klub Ansan Greeners itu pun kembali mengirim umpan mendatar ke kotak penalti yang disambut Witan dengan sepakan yang menembus pojok kanan gawang Hassan Sunny.

Timnas Indonesia terus melancarkan serangan untuk bisa menambah keunggulan. Namun, upaya yang dilancarkan Asnawi dan rekan-rekannya belum membuahkan hasil. Skor sementara tetap 1-0 untuk keunggulan skuad Garuda.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong mengubah strategi permainan. Dia memasukkan bek tengah Elkan Baggott sebagai pengganti Rizky Ridho. Di lini depan, dia menurunkan Ezra Walian dan menarik keluar Dedik Setiawan.

photoTimnas Indonesia vs Singapura. - (Dok. AFF Suzuki Cup)</span

Sementara, timnas Singapura hanya melakukan satu pergantian pemain. Tatsuma Yoshida menarik bek Zulfahmi Arifin dan memasukkan Anumathan Kumar.

Tak seperti babak pertama, Singapura bermain lebih agresif di awal babak kedua. Mereka langsung menekan lini pertahanan dan mampu menciptakan ancaman di depan gawang Nadeo Argawinata saat pertandingan baru berjalan empat menit setelah istirahat turun minum.

Elkan Baggott dan rekan-rekannya harus bekerja keras menahan serangan yang dilancarkan Ikhsan Fandi dan rekan-rekannya. Sementara itu, Witan Sulaeman dan rekan-rekannya kesulitan untuk bisa membangun serangan.

Pada menit ke-65, Singapura melakukan pergantian dua pemain sekaligus. Bek Zulqarnaen Suzliman dan gelandang Shawal Anuar masuk. Mereka menggantikan Nur Adam Abdullah dan Song Ui-young.

Selang semenit, Shin Tae-yong memasukkan Evan Dimas masuk menggantikan Rachmat Irianto.

Upaya Singapura mencetak gol balasan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-70. Penyerang andalannya, Ikhsan Fandi akhirnya mencetak gol balasan ke gawang Indonesia setelah mendapat umpan dari Faris Ramli yang mampu lepas dari kawalan dari pemain skuad Garuda.

Usai mencetak gol, Ikhsan langsung ditarik keluar lapangan. Sebagai penggantinya, pelatih Singapura memasukkan gelandang Amy Recha.

Setelah berhasil mencetak gol balasan, Singapura semakin meningkatkan serangannya. Mereka terus menekan lini pertahanan Indonesia.

Gawang Nadeo Argawinata nyaris kebobolan untuk kedua kalinya. Ketika itu, sundulan Safuwan Baharudin yang meneruskan bola tendangan sepak pojok membentur tiang.

Pada menit ke-77, Indonesia mempunyai peluang mencetak gol ketika mendapat kesempatan melakukan tendangan bebas dari titik yang dekat garis area penalti setelah Ricky Kambuaya dilanggar. Namun, tendangan Evan Dimas masih belum tepat sasaran.

Pertandingan berlangsung semakin sengit mendekati menit-menit akhir. Kedua kesebelasan saling menyerang. Namun, tidak ada tambahan gol tercipta hingga laga berakhir.

Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 pada Sabtu, 25 Desember nanti. Pertandingan itu akan menjadi laga penentuan tim yang akan lolos ke final dan bertemu dengan pemenang antara Thailand melawan Vietnam.

Video Highlights Pertandingan

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer