Kunci Kemenangan Persija vs Persib 2-0 di Leg Pertama Final Piala Menpora 2021

Jumat 23 April 2021, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Persija Jakarta mengalahkan Persib Bandung 2-0 di pertandingan leg pertama final Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis, 22 April 2021. Dua gol Macan Kemayoran dicetak pada delapan menit pertama.

Di laga final itu, pelatih Persija, Sudirman membuat perubahan strategi yang sangat mencolok. Di lini depan, dia tidak menempatkan penyerang seniornya Marko Simic, tetapi memasang pemain muda Taufik Hidayat sebagai starter. Ia juga menurunkan gelandang muda Braif Fatari sejak menit awal.

Di lini pertahanan, pemain senior Toni Sucipto dimainkan sebagai bek tengah dalam formasi tiga bek. Ia dipercaya menjaga lini pertahanan Macan Kemayoran dari gempuran serangan para pemain Persib bersama Marco Motta dan Maman Abdurahman.

Sementara, Persib tetap mengandalkan tiga pemain depannya, Ezra Walian, Frets Butuan, dan Wander Luiz. Tidak banyak perubahan yang dilakukan pelatih Robert Rene Alberts di final. Di lini tengah, dia menempatkan Farshad Noor sebagai starter dan menyiapkan Dedi Kusnandar yang sebelumnya mengalami cedera di bangku cadangan.

Keputusan Sudirman memainkan Taufik Hidayat dan Braif Fatari terbukti memberikan hasil gemilang. Braif berhasil mencetak gol cepat ke gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan setelah mendapat assist dari Taufik. Gol itu terjadi saat pertandingan baru berjalan 33 detik.

Hanya selang tujuh menit setelah terjadinya gol pertama, Persija mampu menggandakan keunggulannya. Kali ini, Riko Simanjuntak melancarkan serangan melalui sayap kiri. Bekerja sama dengan Novri Setiawan, Riko berhasil masuk ke kotak penalti dan memberikan umpan silang di depan gawang Persib yang kemudian disambut Taufik sehingga menjadi gol kedua bagi timnya.

Sudirman mengatakan tidak menurunkan Simic di awal pertandingan karena penampilannya tidak optimal dalam dua pertandingan terakhir. "Saya memberikan dia rest suapaya bisa refresh," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual seusai pertandingan final, Kamis, 22 April 2021.

Dia merasa senang karena Taufik dan juga Braif yang diberi kesempatan bermain di final ini mampu memanfaatkannya dengan baik dan berhasil mencetak gol. "Mudah-mudahan ke depannya pemain muda di Persija menunjukkan kualitasnya sehingga bisa mengangkat tim di kemudian hari," kata Sudirman.

Persija mencetak kedua golnya melalui umpan silang. Menurut Sudirman, apa yang dilakukan pasukannya di lapangan sudah sesuai dengan instruksi yang dia berikan.

"Ya, memang kami mengekploitasi kelemahan Persib Bandung. Kita tahu, Persib adalah tim yang tidak pernah kalah, tapi setiap pertandingan mereka selalu kemasukan dan hal itu yang menjadi strategi saya kepada pemain," kata Sudirman.

Pelatih Persija itu menekankan kepada para pemainnya untuk berani bermain menyerang dan masuk ke kotak penalti Persib. Ia mengatakan kepada skuadnya, Persib memang tidak terkalahkan, tetapi mereka bukan tim yang tidak bisa kebobolan.

Persib berupaya keras membuat gol balasan selama pertandingan. Wander Luiz, Ezra, dan Frets berulang kali memberikan ancaman ke lini pertahanan Persija. Namun, gawang yang dikawal Andritany Ardhiyasa tidak berhasil dibobol.

Di babak kedua, pelatih Persib, Robert Rene Alberts, melakukan perubahan strategi dengan melakukan tiga pergantian pemain di lini tengah seusai istirahat pergantian babak. Dia memasukkan Beckham Putra Nugraha menggantikan Abdul Aziz. Selain itu, Febri Hariyadi dan Farshad Noor ditarik keluar, Esteban Vizcarra dan Dedi Kusnandar masuk sebagai pengganti.

Pergantian pemain itu berhasil meningkatkan serangan Maung Bandung. Mereka juga mampu mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal babak kedua, sementara Persija mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-58, Persib mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol. Wander Luiz yang meneruskan umpan silang dari Frets Butuan sudah tepat sasaran ke gawang Andritany, tetapi digagalkan bek Toni Sucipto.

Penampilan Toni mendapatkan apresiasi Sudirman. Meski bukan bermain di posisi idealnya, pemain yang akrab disapa Toncip itu mampu tampil bagus.

"Tentu saya mengapresiasi permainan Toncip, kita tahu center back bukan posisi ideal dia, tapi sebagai pelatih saya sangat membutuhkan dia, kesenioran dia, pengalaman dia dalam setiap pertandingan yang dia ikuti menjadi pemikiran saya untuk mempercayakan posisi center back kepadanya," kata Sudirman.

Walaupun unggul agregat 2-0 atas Persib Bandung, pelatih Persija Jakarta itu mewanti-wanti kepada para pemainnya untuk melupakan kemenangan itu saat mereka masuk ke lapangan di pertandingan leg kedua final Piala Menpora 2021. Ia menegaskan bahwa kemenangan itu bukan jaminan timnya sudah lolos.

"Di pertandingan leg kedua tentunya kami tetap fokus, tetap berusaha menampilkan yang terbaik, tidak boleh merasa sudah unggul dalam pertandingan ini," kata Sudirman.

"Masuk ke lapangan pada leg kedua nanti skor tetap 0-0, tidak berpikir kami sudah memenangkan pertandingan, supaya pemain tetap fokus, tetap punya gairah atau punya hasrat untuk memenangkan pertandingan di leg kedua," tuturnya.

Persija Jakarta akan kembali menghadapi Persib Bandung di leg kedua final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu, 25 April 2021.

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)