Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam: Gol Tunggal Egy Maulana Vikri Menangkan Garuda

Kamis 21 Maret 2024, 23:21 WIB
Egy Maulana Vikri usai mencetak gol kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam. (Sumber : IG Timnas Indonesia)

Egy Maulana Vikri usai mencetak gol kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam. (Sumber : IG Timnas Indonesia)

SUKABUMIUPDATE.com - Gol tunggal Egy Maulana Vikri di menit ke-52 berhasil membawa Timnas Indonesia kalahkan Vietnam 1-0 dalam laga lanjutan pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024)

Timnas Indonesia sulit mengembangkan permainan di babak pertama. Keputusan pelatih Shin Tae-yong yang memasukan Pratama Arhan dan Egy di awal babak kedua, membuat skuad Garuda lebih gacor.

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia kini beranjak ke posisi dua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia zona Asia dengan koleksi empat poin dari tiga pertandingan. Sementara Vietnam yang mengantongi tiga poin, turun ke posisi tiga.

Di laga keempat, Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Vietnam di laga tandang. Laga tersebut akan digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan dengan tempo lambat pada menit-menit awal. Para pemain Indonesia tampak masih tegang terlihat dari banyaknya salah umpan yang dilakukan. Di sisi lain, Vietnam terus melancarkan tekanan di area pertahanan Skuad Garuda.

Memasuki menit ke-20, Indonesia masih belum bisa keluar dari tekanan. Aliran bola dari belakang kerap tersendat ketika mulai memasuki area tengah. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bahkan belum melepaskan satu tendangan ke gawang Vietnam.

Peluang pertama Indonesia akhirnya tercipta pada menit ke-30. Berawal dari tekanan Rizky Ridho yang mencuri bola dari kaki pemain Vietnam, dia kemudian mengirim umpan terobosan ke Rafael Struick. Penyerang ADO Den Haag itu melakukan akselerasi dan melepaskan tendangan yang masih mengarah ke pelukan Philip Nguyen.

Setelah mendapat peluang, para pemain Indonesia mulai lebih berani memainkan bola. Namun di sisi lain, Vietnam juga bermain menunggu di area pertahanannya sendiri. Situasi ini membuat Pasukan Garuda kesulitan memasuki sepertiga akhir lawan.

Menjelang akhir permainan, giliran Vietnam yang keluar menyerang. Pertahanan Indonesia yang digawangi Jay Idzes, Justin Hubner, dan Rizky Ridho dibombardir dari berbagai arah. Penonton yang hadir langsung di stadion beberapa kali dibuat berteriak ketakutan melihat serangan pasukan The Golden Star Warriors. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda turun minum, tidak ada gol yang tercipta.

Pelatih Shin Tae-yong melakukan sejumlah pergantian pemain di awal babak kedua. Tiga pemain dimasukkan, yakni Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, dan Sandy Walsh, menggantikan, Hokky Caraka, Yakob Sayuri, dan Nathan Tjoe-A-On.

Keputusan tersebut memberi perubahan signifikan pada permainan Indonesia yang langsung keluar menekan. Hasilnya, gol tercipta pada menit ke-52 lewat kaki Egy Maulana Vikri. Berawal dari lemparan jauh Pratama Arhan yang menciptakan kemelut, bola jatuh di kaki Egy. Tanpa pengawalan, dia melepaskan tendangan di depan gawang. Para penonton bersorak hingga sedikit membuat bangku tribun stadion bergetar.

Tertinggal satu gol membuat Vietnam keluar menyerang. Pelatih Philippe Troussier membuat beberapa pergantian. Intensitas serangan The Golden Star Warriors meningkat. Sejumlah peluang tercipta, namun hingga menit ke-80 pertahanan Indonesia masih mampu menghalaunya. Sepuluh menit terakhir babak kedua, Indonesia kembali menyerang, satu peluang emas sempat tercipta pada menit ke-90 lewat Egy Mauluana Vikri tetapi tendangannya masih bisa dihalau. Skor 1-0 bertahan sampai laga usai.

SUMBER: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sehat21 Juli 2024, 09:00 WIB

10 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Jangan Sampai Lupa!

Minum air ternyata ada waktu terbaiknya loh yang perlu Anda ketahui.
Ilustrasi minum air putih. Minum air ternyata ada waktu terbaiknya loh yang perlu Anda ketahui.| (Sumber : Freepik.com)
Life21 Juli 2024, 08:00 WIB

5 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses, Hindari Sikap Ini!

Orang miskin seringkali memiliki pola pikir yang negatif tentang uang dan kesuksesan. Hal ini dapat membuat mereka sulit untuk keluar dari siklus kemiskinan.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)