Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam: Gol Tunggal Egy Maulana Vikri Menangkan Garuda

Kamis 21 Maret 2024, 23:21 WIB
Egy Maulana Vikri usai mencetak gol kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam. (Sumber : IG Timnas Indonesia)

Egy Maulana Vikri usai mencetak gol kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam. (Sumber : IG Timnas Indonesia)

SUKABUMIUPDATE.com - Gol tunggal Egy Maulana Vikri di menit ke-52 berhasil membawa Timnas Indonesia kalahkan Vietnam 1-0 dalam laga lanjutan pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024)

Timnas Indonesia sulit mengembangkan permainan di babak pertama. Keputusan pelatih Shin Tae-yong yang memasukan Pratama Arhan dan Egy di awal babak kedua, membuat skuad Garuda lebih gacor.

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia kini beranjak ke posisi dua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia zona Asia dengan koleksi empat poin dari tiga pertandingan. Sementara Vietnam yang mengantongi tiga poin, turun ke posisi tiga.

Di laga keempat, Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Vietnam di laga tandang. Laga tersebut akan digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan dengan tempo lambat pada menit-menit awal. Para pemain Indonesia tampak masih tegang terlihat dari banyaknya salah umpan yang dilakukan. Di sisi lain, Vietnam terus melancarkan tekanan di area pertahanan Skuad Garuda.

Memasuki menit ke-20, Indonesia masih belum bisa keluar dari tekanan. Aliran bola dari belakang kerap tersendat ketika mulai memasuki area tengah. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bahkan belum melepaskan satu tendangan ke gawang Vietnam.

Peluang pertama Indonesia akhirnya tercipta pada menit ke-30. Berawal dari tekanan Rizky Ridho yang mencuri bola dari kaki pemain Vietnam, dia kemudian mengirim umpan terobosan ke Rafael Struick. Penyerang ADO Den Haag itu melakukan akselerasi dan melepaskan tendangan yang masih mengarah ke pelukan Philip Nguyen.

Setelah mendapat peluang, para pemain Indonesia mulai lebih berani memainkan bola. Namun di sisi lain, Vietnam juga bermain menunggu di area pertahanannya sendiri. Situasi ini membuat Pasukan Garuda kesulitan memasuki sepertiga akhir lawan.

Menjelang akhir permainan, giliran Vietnam yang keluar menyerang. Pertahanan Indonesia yang digawangi Jay Idzes, Justin Hubner, dan Rizky Ridho dibombardir dari berbagai arah. Penonton yang hadir langsung di stadion beberapa kali dibuat berteriak ketakutan melihat serangan pasukan The Golden Star Warriors. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda turun minum, tidak ada gol yang tercipta.

Pelatih Shin Tae-yong melakukan sejumlah pergantian pemain di awal babak kedua. Tiga pemain dimasukkan, yakni Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, dan Sandy Walsh, menggantikan, Hokky Caraka, Yakob Sayuri, dan Nathan Tjoe-A-On.

Keputusan tersebut memberi perubahan signifikan pada permainan Indonesia yang langsung keluar menekan. Hasilnya, gol tercipta pada menit ke-52 lewat kaki Egy Maulana Vikri. Berawal dari lemparan jauh Pratama Arhan yang menciptakan kemelut, bola jatuh di kaki Egy. Tanpa pengawalan, dia melepaskan tendangan di depan gawang. Para penonton bersorak hingga sedikit membuat bangku tribun stadion bergetar.

Tertinggal satu gol membuat Vietnam keluar menyerang. Pelatih Philippe Troussier membuat beberapa pergantian. Intensitas serangan The Golden Star Warriors meningkat. Sejumlah peluang tercipta, namun hingga menit ke-80 pertahanan Indonesia masih mampu menghalaunya. Sepuluh menit terakhir babak kedua, Indonesia kembali menyerang, satu peluang emas sempat tercipta pada menit ke-90 lewat Egy Mauluana Vikri tetapi tendangannya masih bisa dihalau. Skor 1-0 bertahan sampai laga usai.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life29 April 2024, 12:30 WIB

7 Penyesalan Orang Tua kepada Anak Akibat Kesalahan Mengasuh di Masa Lalu

Para orang tua biasanya akan mengalami rasa penyesalan manakala berurusan dengan kesalahan pada pola asuhnya di masa lalu kepada anak-anaknya.
Ilustrasi. Pola asuh. Contoh Penyesalan orang tua kepada anaknya. Sumber foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Bola29 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Selangkah Menuju Final!

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024.
Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. (Korsel) | Foro : Ist
Sehat29 April 2024, 12:00 WIB

Bebas Asam Urat: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Degeneratif Tanpa Obat

Asam urat termasuk salah satu penyakit degeneratif, yakni penyakit yang biasanya dialami oleh lansia. Meskipun saat ini, penyakit asam urat juga kerap dimiliki oleh generasi millenial dan Z.
Ilustrasi. Tenaga Profesional Kesehatan | Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Rutin Konsultasi Dokter (Sumber : pixabay.com/@Max)
Inspirasi29 April 2024, 11:57 WIB

Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi Laksanakan Penyalaan Listrik Gratis

Light Up The Dream merupakan program penyambungan listrik gratis dari donasi pegawai PLN.
PT PLN (Persero) UP3 melalui ULP Sukaraja melaksanakan penyambungan listrik gratis melalui program LUTD kepada masyarakat. | Foto: PLN
Sukabumi29 April 2024, 11:31 WIB

84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore.
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
Life29 April 2024, 11:30 WIB

6 Tanda Kamu Memiliki Bakat Jadi Pemimpin di Masa Depan, Ini Buktinya

Jika orang memiliki jiwa sebagai pemimpin, biasanya akan nampak pada sikapnya, baik untuk dirinya maupun kepada orang lain.
Ilustrasi. Tanda orang yang berjiwa pemimpin. Sumber foto : Pexels/Rebrand Cities
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project