Rapor 26 Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Pemain Ini Paling Disorot

Senin 29 Januari 2024, 14:06 WIB
Pemain Timnas Indonesia berhadapan dengan Australia pada laga babak 16 besar Piala Asia 2023 di Jassim bin Hamad Stadium, Minggu, 28 Januari 2024. Indonesia mengakui keunggulan 0-4 dari Australia. | Foto: PSSI

Pemain Timnas Indonesia berhadapan dengan Australia pada laga babak 16 besar Piala Asia 2023 di Jassim bin Hamad Stadium, Minggu, 28 Januari 2024. Indonesia mengakui keunggulan 0-4 dari Australia. | Foto: PSSI

SUKABUMIUPDATE.com - Langkah Timnas Indonesia terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan ditekuk Australia 0-4 dalam laga yang digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu, 28 Januari 2024.

Walau begitu, mengutip tempo.co, skuad Garuda tetap mendapat apresiasi dari pelatih Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Target lolos ke fase gugur tercapai yang sekaligus menjadi sejarah baru untuk Tim Merah Putih. Ini merupakan kali pertama Indonesia melenggang ke fase gugur sepanjang keikutsertaannya di Piala Asia.

Kesuksesan Timnas Indonesia menggapai target tersebut tidak lepas dari performa apik sejumlah pemain. Marselino Ferdinan menjadi nama yang paling disorot sepanjang Piala Asia 2023. Suporter tim lawan, pelatih dan pemain dari tim lawan, pundit internasional, hingga talent scouting internasional mengakui talenta pemuda berusia 19 tahun itu.

Marselino menjadi salah satu pemain yang tak tergantikan perannya di skuad utama Shin Tae-yong. Dari total empat pertandingan yang dimainkan, dia selalu tampil penuh selama 90 menit dengan catatan satu gol. Peran gelandang serang asal klub KMSK Deinze itu cukup penting dalam skema pelatih timnas Indoesia itu.

Baca Juga: Indonesia Disingkirkan Australia di 16 Besar Piala Asia, STY: Ada Unsur Unlucky Goal

Di atas kertas, Marselino kerap diplot sebagai winger kiri, namun dalam penerapannya dia diberikan kebebasan berkreasi di lini tengah. Opta bahkan selalu memberi nilai tinggi kepada mantan pemain Persebaya Surabaya itu dalam tiga laga fase grup dengan rata-rata nilai 75,8.

Pemain timnas Indonesia yang juga berperan penting membawa timnas Indonesia lolos ke fase gugur adalah Ernando Ari. Kiper berusia 21 tahun ini tampil cukup kokoh di bawah mistar. Selama empat laga dimainkan, total ada enam penyelamatan dilakukan. Salah satu momen mengesankannya tercipta dalam laga kontra Vietnam. Ia membuat penyelamatan krusial saat menghalau tendangan bebas pemain The Golden Star Warriors pada menit akhir. Aksi tersebut bahkan masuk ke dalam Momen of the Match Piala Asia 2023.

Sejumlah nama lain yang turut memiliki sumbangsih untuk timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah Yakob Sayuri, Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, Jordi Amat, Rizky Ridho, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, dan Elkan Baggott. Mereka hampir tak tergantikan dalam skuad utama Shin Tae-yong.

Khusus untuk Yakob, salah satu penampilan terbaiknya adalah saat dia mengirim assist untuk gol Marselino Ferdinan dalam laga Indonesia vs Irak yang berakhir 1-3. Sementara Justin Hubner tampil tangguh di lini belakang dan lini tengah. Total tujuh intercept dan empat tackle dibuat dari empat laga hingga membuatnya masuk team of match day 2 Piala Asia 2023.

Kehadiran Ivar Jenner di lini tengah juga tak bisa dikesampingkan. Meski tak mencetak assist dan gol, gelandang asal FC Utrecht itu berperan penting dalam menjaga keseimbangan permainan timnas Indonesia. Poros serangan skuad Garuda hampir selalu diawali dari kakinya. Terbukti dengan total 122 passing yang dibuat. Tidak cuma dalam hal menyerang, pemain ini mempunyai kemampuan bertahan yang baik. Total 15 tackle dan enam intercept dilakukan dari empat laga.

Selain para pemain tersebut, ada pula sejumlah nama yang kontribusinya minim di Piala Asia 2023 karena tak diberi kesempatan bermain lebih banyak oleh Shin Tae-yong di luar penjaga gawang. Mereka adalah Shayne Pattynama (90 menit) Dimas Drajad (15 menit), Hokky Caraka (23 menit), Marc Klok (14 menit), Ricky Kambuaya (15 menit), Adam Alis (23 menit), Dendy Sulistyawan (0 menit), Edo Febriansyah (0 menit), Ramadhan Sananta (0 menit), dan Wahyu Prasetyo (0 menit).

Pelatih Shin Tae-yong memang lebih mempercayai para pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri untuk mengisi skuad utama timnas Indonesia. Setelah tersingkir dari Piala Asia 2023, dia meminta PSSI untuk meningkatkan kualitas Liga Indonesia demi mencetak pemain berkualitas untuk Tim Merah Putih.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Juli 2024, 18:20 WIB

Asep Japar Bicara Pemeliharaan Budaya Sukabumi Di Acara Seren Taun Kasepuhan Girijaya

Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024).
Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024) | Foto : Ist
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 18:06 WIB

Pemkab dan DPRD Sukabumi Sepakati RPJPD 2025-2045

Pemkab Sukabumi dan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045 di Rapat Paripurna.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan pimpinan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life22 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Wajah Mulus Bercahaya dan Memancarkan Aura Positif

Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.
Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.  | Foto : Pixabay
Sukabumi22 Juli 2024, 17:52 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan dan Edukasi Ke Warga di Pasar Ramayana Sukabumi

BPJS Ketenagakerjaan Kota Sukabumi memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di Toserba Ramayana, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Selasa 16 Juli 2024.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)
Film22 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan

Kang Mak from Peek Mak adalah salah satu film horor komedi terbaru di Indonesia yang akan tayang di seluruh bioskop Tanah Air, pada Kamis, 15 Agustus 2024 mendata
Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan (Sumber : Instagram/@vinogbastian__)