VAR Bakal Diterapkan di Liga 1, Ketua PSSI Ungkap Waktunya

Selasa 09 Mei 2023, 19:45 WIB
Ilustrasi. Liga 1 musim 2023/24 akan menggunakan VAR namun tidak diterapkan dari awal musim | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Liga 1 musim 2023/24 akan menggunakan VAR namun tidak diterapkan dari awal musim | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Video Assistant Referee (VAR) adalah teknologi yang digunakan dalam pertandingan sepak bola (sepak bola) profesional untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan.

Sistem ini telah digunakan di banyak kompetisi sepakbola Dunia dan Liga 1 akan segera menjadi salah satunya. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Melansir dari Tempo.co, Ia mengungkapkan akan menerapkan VAR di Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar Juli mendatang. Kepastian penggunaan sistem VAR ini merupakan kesepakatan antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru atau LIB.

Baca Juga: Gagal Rekrut Septian David dan Beto, Persib Incar Mantan Gelandang Timnas Indonesia

“Mudah-mudahan juga sistem VAR akan diberlakukan, tapi di pertengahan musim,” ujar Erick dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Menurut Menteri BUMN ini, VAR akan menjadi solusi dalam mengatasi kontroversi yang kerap terjadi dalam pertandingan sepakbola Indonesia. Kendati begitu, dia menilai implementasinya memerlukan waktu. Hal ini mengingat perlunya pelatihan dan adaptasi kepada seluruh perangkat pertandingan.

“Ini kesepakatan dengan PT Liga bahwa saya mau sistem VAR mesti dilakukan, tetapi enggak mungkin di awal musim langsung ada VAR. Kesepakatan dengan PT Liga, VAR di pertengahan musim,” kata Erick.

Baca Juga: Liga 1 Musim Depan Batasi 2 Pemain Naturalisasi! Persib Punya 3, Siapa yang Dibuang?

Apa Itu VAR?

Mengutip laman FIFA, Video Assistant Referee (VAR) atau disebut juga Asisten Wasit Video bukanlah perangkat atau alat. Tetapi sebuah tim yang dilengkapi dengan peralatan teknologi sistem kamera pengawas dan alat komunikasi yang terhubung langsung dengan asisten wasit.

Tugas tim ini adalah menampilkan rekaman singkat secara 3D terkait pertandingan. Dengan demikian kesalahan pengambilan keputusan oleh wasit dapat diminimalkan.

Ada empat kondisi dapat dibantu VAR, yaitu gol dan pelanggaran yang mengarah ke gol, keputusan penalti dan pelanggaran yang mengarah ke keputusan penalti, insiden yang berpotensi sanksi kartu merah, dan kesalahan identifikasi pemain.

Jika asisten wasit bertugas mengawasi pertandingan melalui pinggir lapangan. Maka Asisten Wasit Video mengawasi pertandingan melalui ruang operasi video. Teknologi untuk mendukung VAR ini dilengkapi dengan puluhan kamera yang dipasang di stadion.

Baca Juga: 4 Pemain Berlabel Timnas Indonesia yang Berseragam Persib Bandung

Kamera-kamera tersebut diatur untuk beragam perekaman, dari yang normal, lambat, dan super lambat. Pemutaran ulang gerak lambat terutama digunakan untuk situasi faktual. Misalnya, untuk mengidentifikasi titik kontak dari pelanggaran fisik atau posisi pelanggaran.

Mengutip Koran Tempo edisi Senin, 20 Juni 2019, VAR mulai populer saat perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia. Banyak keputusan wasit yang kontroversial dan keliru namun menjadi lebih obyektif saat ditinjau ulang lewat VAR.

Beberapa kompetisi liga di Eropa juga telah menggunakan VAR, seperti Seri A Italia, La Liga Spanyol, dan Bundesliga Jerman. Menurut FIFA, VAR telah digunakan dalam ratusan kompetisi sejauh ini.

VAR memiliki kelebihan dan kekurangan. Mengutip publikasi Aksiologi Penggunaan VAR Dalam Industri Olahraga dalam Jurnal Penjakora Volume 8 Nomor 2, September 2021, mengungkapkan kelebihan dari VAR dapat membantu memberikan tayangan ulang untuk membantu tugas dari seorang wasit. Kehadiran VAR juga membantu wasit untuk mengurangi keputusan yang berbau kontroversial.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia U-22 Dominasi Daftar Top Skor SEA Games 2023

Namun VAR juga mempunyai kekurangan. Pada pertandingan piala konfederasi 2017 yang mempertemukan Cile dengan Kamerun, misalnya. Dalam pertandingan itu menghasilkan dua keputusan kontroversial yang melibatkan VAR.

Ketika pemain Cile Eduardo Vargas membuat gol ke gawang Kamerun, wasit harus memberhentikan pertandingan untuk memutuskan golnya sah atau tidak. Setelah melihat rekaman tayangan oleh tim VAR, wasit memberi keputusan gol tidak sah karena berada dalam keadaan offside.

Lalu pada keputusan kontroversial yang kedua terjadi pada keputusan gol ketika pemain Cile Eduardo Vargas mendapatkan bola liar dari sepakan seorang Alexis Sanchez.

Setelah berhasil membobol gawang Kamerun, wasit meniup peluit offside dan tentunya merugikan pemain Cile yang tampak kecewa. Namun, setelah menerima informasi dari VAR akhirnya wasit memutuskan golnya sah.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sehat26 April 2024, 13:30 WIB

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Inilah Sejumlah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Produk26 April 2024, 13:21 WIB

Simak Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Peserta yang Meninggal Dunia

Saldo JHT peserta dapat diklaim oleh ahli warisnya yang sah.
Ilustrasi dari BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: BPJS Ketenagakerjaan
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)