5-1 PSM Makassar Bantai Persib Bandung di Pekan ke-7 Liga 1

Senin 29 Agustus 2022, 22:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Persib Bandung harus rela menelan kekalahan dengan skor cukup mencolok 5-1 atas PSM Makassar di pekan ketujuh Liga 1 musim 2022/23 yang digelar di Stadion BJ Habibie, Pare Pare, Sulawesi Selatan Senin (29/8/22) malam.

Persib Bandung belum didampingi Luis Milla dalam laga ini. Meski ikut ke Para Pare, mantan pelatih Timnas Indonesia ini tak bisa mendampingi tim karena demam. 

Dalam laga ini, gol tim PSM Makassar diciptakan oleh Yakob Sayuri (3 dan 51), Ramadhan Sananta (19 dan 45+1), serta Wiljan Pluim (64). Sementara satu-satunya gol balasan yang mampu ditorehkan Pangeran Biru, julukan Persib, dicatatkan oleh Marc Klok (32).

Baca Juga :

Hasil ini membuat PSM Makassar naik ke posisi tiga klasemen sementara Liga 1 2022-2023, sedangkan Persib menempati peringkat ke-14.

Bagi Persib, kekalahan ini membuat mereka menjadi tim yang paling banyak kebobolan sejauh Liga 1 bergulir yaitu kemasukan 18 gol.

Jalannya Pertandingan

photo(Ilustrasi) Persib Bandung vs PSM Makassar di Liga 1 - (Instagram/persib)</span

Persib mengambil inisiatif lebih dulu untuk mendominasi penguasaan bola sejak babak pertama dimulai. Namun PSM tak tinggal diam dengan melakukan tekanan tinggi dan langsung berbuah gol cepat di menit ke-3. Pasca Lemparan ke dalam yang berujung kemelut di kotak penalti, Yakob Sayuri menyambar bola dari luar kotak penalti. 

Tertinggal membuat Persib terlecut untuk terus memancarkan gelombang serangan dan mendominasi permainan. Akan tetapi, malah serangan balik PSM yang lebih mengancam, hingga mampu berbuah gol kedua di menit ke-19. Gol dicetak Ramadhan Sananta yang meneruskan umpan dari Yakob Sayuri setelah ada kombinasi dengan Wiljan Pluim.

Setelahnya Persib terus mendominasi, tapi ancaman besar baru terjadi di menit ke-30 lewat sepakan Ricky Kambuaya sedikit dari luar kotak penalti yang masih tipis melenceng. Gol balasan akhirnya tercipta di menit ke-32 melalui sepakan Marc Klok setelah ada skema eksekusi sepak pojok.

Kedua tim kemudian saling berbalas serangan dan Sananta kembali sukses mencetak gol meneruskan umpan Pluim dan menutup babak pertama dengan skor 3-1.

Meski sedang unggul, PSM mengambil inisiatif serangan lebih dulu saat laga dilanjutkan. Tapi Persib tak tinggal diam dengan melakukan tekanan. 

Juku Eja memperbesar keunggulan pada menit ke-51 melalui aksi individu Yakob Sayuri di kiri serangan yang diakhiri sepakan dari luar kotak penalti tak terbendung.

Tertinggal 1-4 membuat Pangeran Biru kian agresif di tengah guyuran hujan. Ancaman datang dari sepakan Ciro Alves yang masih sedikit melenceng. Hingga menit ke-60, kedua tim tampil berimbang saling berbalas serangan, namun masih sama-sama belum bisa menambah gol.

Pada menit ke-64, PSM kian tak terbendung sebab berhasil mencetak gol kelima via sundulan Wiljan Pluim menyambar bola eksekusi tendangan bebas Rasyid Bakri.

Setelahnya Persib lebih mendominasi, tak lepas dari para pemain andalan Juku Eja yang mengalami cedera dan mesti digantikan.

Akan tetapi tim asuhan Bernardo Tavares bisa kembali menebar ancaman memasuki fase akhir pertandingan.

David da Silva memiliki peluang pada injury time, namun tak kunjung ada gol tercipta dan PSM sukses menutup laga dengan kemenangan 5-1.

Susunan Pemain:

PSM Makassar: Reza Arya; Yuran Fernandes, Agung Mannan, Muhammad Arfan, Erwin Gutawa, Wiljan Pluim, Akbar Tanjung, Yakob Sayuri, Ananda Raehan, Ramadhan Sananta, Dzaky Asraf;

Pelatih: Bernardo Tavares.

Persib Bandung: I Made Wirawan; Bayu Fiqri, Rachmat Irianto, Achmad Jufriyanto, Daisuke Sato, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Ciro Alves, David da Silva;

Asisten Pelatih: Budiman.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin