Pedagang Takut Rugi, Ayep Jamin Pasar Eks Terminal Sudirman Kota Sukabumi Bakal Ramai

Jumat 11 Januari 2019, 23:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskop UKM-PP) Kota Sukabumi, Ayep Supriatna menjamin, pasar eks-terminal Sudirman Sukabumi akan ramai, asalkan para pedagang semua kompak ikhlas direlokasi.

Menurut Ayep, Pemkot Sukabumi tidak ingin melakukan tindakan represif sebagai upaya pemindahan atau relokasi para pedagang yang masih berdagang di sekitaran pembangunan pasar pelita Sukabumi.

“Kita pakai cara persuasif saja,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (11/1/2019).

Menurutnya, proses kesepakatan akhirnya bisa tercapai dengan baik dan lancar antara pedagang, pengembang dan juga dibantu oleh pihak Pemkot Sukabumi.

“Setelah melalui beberapa pertimbangan dan diskusi akhirnya kita mencapai kesepakatan,” terangnya.

Ayep menambahkan, untuk saat ini, tugas bagi pihak pengembang adalah memberikan fasilitas apa saja yang dibutuhkan para pedagang di sini. Sedangkan tugas Pemkot Sukabumi adalah membantu meramaikan atau memberikan sosialisasi kepada warga kota Sukabumi bahwa para pedagang yang dulu berdagang di sekitaran pembangunan pasar pelita sudah berpindah.

“Pemkot punya cara seperti akan mengadakan car free day, spanduk-spanduk dan juga upaya sosialisasi lainnya agar masyarakat tahu bahwa ada pasar di sini,” ucapnya.

Ia menerangkan, hingga hari Jumat (12/1/2019), ada sekitar 390 pedagang yang sudah mendaftar untuk setuju direlokasi. Ayep menambahkan, para pedagang yang ingin pindah akan difasilitasi oleh Pemkot baik berupa transportasi dan juga apa saja yang dibutuhkan nanti di lokasi baru ini.

“Saya bilang ke para pedagang, saya jamin bisa ramai dan laku, asal pedagang mau pindah ke sini semua. Sudah ada sekira 506 lapak yang kami sediakan di sini,” kata Ayep.

BACA JUGA: Baru Sebagian Pedagang Pasar Pelita Kota Sukabumi Pindah ke Eks Sudirman

“Meskipun hari ini baru sekitar 30 pedagang, mudah-mudahan bertambah. Semua ini proses. Hari ini para pedagang bisa mulai memindahkan barang-barangnya dan juga berbenah, semoga secepatnya secara keselurugan bisa mulai berfungsi pasar ini,” harapnya.

Ia mengatakan, Pemkot Sukabumi sangat mendukung dengan adanya upaya relokasi ini, tentunya ia berharap semua kegiatan relokasi ini bisa berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Terimakasih untuk seluruh pihak yang membantu TNI, Polri, Satpol-PP dan lainnya, tugas kita sekarang adalah ikut meramaikan adanya pasar baru ini, pasar yang sederhana, komplit dan juga murah,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi02 Mei 2024, 14:21 WIB

Kronologi Sadisnya Siswa SMP di Kadudampit Sukabumi Sodomi dan Bunuh Bocah SD

Kasus ini mulai terungkap saat MA ditemukan meninggal misterius di kebun warga.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Bola02 Mei 2024, 14:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series, Ini Jadwalnya!

Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.
Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.(Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi02 Mei 2024, 13:52 WIB

Rumah Panggung Ambruk Milik Janda Di Kalibunder Sukabumi Akan Dibangun Swadaya

Rumah tidak layak huni, milik seorang janda dengan dua orang anak perempuan, di Kampung Cisaat Desa Cimahpar, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi ambruk karena konsidinya sudah reyot.
Forkopimcam Kalibunder dan tagana saat cek lokasi | Foto : Ragil Gilang
Jawa Barat02 Mei 2024, 13:47 WIB

Silaturahmi LP3H EWI Jawa Barat dengan Satgas Halal Kemenag RI Provinsi

LP3H EWI Provinsi menyampaikan rencana kerja secara umum dan berharap kiprahnya dapat berkontribusi positif bagi suksesnya WHO24 khususnya di Provinsi Jawa Barat.
Pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi ke Satgas Halal Kemenag RI Provinsi Jawa Barat. | Foto: Istimewa
Internasional02 Mei 2024, 13:46 WIB

Dunia Heboh Vaksin Covid-19 Picu Kematian, Gugatan Class Action untuk AstraZeneca

Media massa dunia sejak beberapa hari terakhir dihebohkan dengan kabar penyakit langka yang dipicu oleh vaksin covid-19.
dokumentasi program vaksinasi covid-19 di Kota Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life02 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Kunci Selalu Sabar dan Tegar dalam Menghadapi Cobaan Hidup, Ini Caranya!

Menghadapi masalah dengan sabar dan tegar merupakan keharusan sebagai hamba yang beriman. Ini dapat membantu melegakan pikiran dan menenangkan jiwa.
Ilustrasi. Cara agar selalu sabar menghadapi cobaan hidup. Sumber foto : Pexels/ArinaKrasnikova
Arena02 Mei 2024, 13:29 WIB

Suci Aulia Asal Kota Sukabumi Gagal Seleksi Liga Voli Korea, Gaji Rp1,94 M Melayang

Jika terpilih, Aulia Suci Nurfadila dan Yolla Yuliana sebagai pemain pertama kali dikontrak berhak atas gaji sebesar Rp 1,94 miliar atau US$ 120 ribu. Namun, keduanya gagal.
Suci Aulia Nurfadila, Pemain Bola Voli asal Kota Sukabumi | Foto : Instagram @auliasuciii21
Sukabumi02 Mei 2024, 13:09 WIB

Dicekik, Disodomi dan Dibunuh! Fakta Tewasnya Bocah Laki-laki di Kadudampit Sukabumi

Korban pergi ke rumah H bersama temannya yang lain dan terduga pelaku.
Konferensi pers kasus tewasnya bocah laki-laki berinisial MA (7 tahun) asal Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Kamis (2/5/2024) di Mapolres Sukabumi Kota. Polisi memperlihatkan barang bukti. | Foto: SU/Asep Awaludin