TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Kuil Kuno Dewa Zeus ditemukan Ilmuwan di Mesir

Noity
Penulis
Jumat 6 Mei 2022, 14:42 WIB
Kuil Kuno Dewa Zeus ditemukan Ilmuwan di Mesir

SUKABUMIUPDATE.com - Sisa-sisa kuil kuno yang dibangun untuk menghormati dewa Zeus dan Kasios ditemukan para arkeolog di Mesir.

Dilansir dari suara.com, reruntuhan digali di situs arkeologi Tell el-Farama di barat laut Semenanjung Sinai.

Pada zaman Yunani-Romawi (332 SM hingga 395 M), daerah ini dikenal sebagai kota dan pelabuhan Pelusium, yang terletak di ujung timur muara Sungai Nil.photoPenemuan reruntuhan kuil kuno Dewa Zeus - (Via Suara.com)

Karena letaknya yang strategis, Pelusium dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai fungsi.

Antara lain sebagai benteng pada zaman firaun Mesir dan artefak yang berasal dari periode Graeco-Romawi, Bizantium, Kristen, dan Islam menunjukkan bahwa itu juga digunakan dalam berbagai cara.

Tim arkeologi memusatkan perhatian pada kuil setelah menggali di sekitar sisa-sisa dua kolom granit merah muda yang tergeletak di permukaan tanah.

Menurut Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Supreme Council of Antiquities, tiang-tiang itu pernah membentuk gerbang depan candi, tetapi runtuh di zaman kuno ketika gempa bumi dahsyat mengguncang kota.

Sebelumnya, para ilmuwan telah menduga bahwa kemungkinan adanya kuil Zeus-Kasios di situs ter sebut.photoPenemuan reruntuhan kuil kuno Dewa Zeus - (Via Suara.com)</span

Seorang ahli Mesir Kuno Prancis Jean Cledat menemukan prasasti Yunani di situs tersebut, yang menunjukkan bahwa sebuah kuil untuk Zeus-Kasios telah dibangun di sana pada zaman Graeco-Romawi.

Namun, para arkeolog tidak pernah melakukan penggalian formal di situs tersebut, yang berada di dekat benteng kuno dan gereja.


Noity
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini