Gempa Bumi Sering Terjadi di Indonesia, Ini Alasannya!

Minggu 19 Desember 2021, 16:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa Bumi adalah salah satu bencana alam yang cukup mengerikan. Gempa Bumi dengan kekuatan besar seringkali memberikan dampak yang merugikan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan dampak yang ditimbulkan tersebut tidak dapat pulih dalam waktu singkat.

Gempa Bumi merupakan bencana alam yang sukar untuk diprediksi. Maka dari itu, bencana alam ini memberikan rasa khawatir bagi masyarakat.

Gempa Bumi menjadi bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, bahkan dalam satu bulan bisa terjadi ratusan hingga ribuan kali.

Ada beberapa alasan mengapa Indonesia sering dilanda bencana alam Gempa Bumi. Untuk lebih jelas silahkan simak artikel ini.

Gempa Bumi, Bencana Langganan di Indonesia

phototerjadi 60 ribu kali Gempa Bumi di Indonesia dalam 8 tahun terakhir. - (wallpapercave.com)

Gempa Bumi merupakan bencana alam yang terjadi akibat pergeseran dua lempeng bumi di Kerak Bumi dan Mantel Bumi. Kedua lempeng ini bisa saling menghujam satu sama lain hingga mengakibatkan Gempa Bumi.

Penjelasan Gempa Bumi di atas merujuk pada jenis Tektonik. Selain Gempa Bumi Tektonik, terdapat jenis lain yang diakibatkan oleh aktivitas gunung berapi yang biasa disebut Gempa Bumi Vulkanik.

Gempa Bumi merupakan bencana alam yang sering kali terjadi di Indonesia. Berdasarkan catatan BMKG, selama 8 tahun terakhir (2013-2020) telah terjadi sekira 60 ribu kali gempa Bumi.

Sepanjang tahun 2021 (Januari-Juli), Indonesia telah mengalami Gempa Bumi sekira 4 ribu kali. Maka tidak heran jika Gempa Bumi diibaratkan sebagai bencana alam langganan Indonesia.

Baca Juga :

BMKG Bantah Kabar Hoaks Indonesia Bisa Diguncang Gempa 9.5 SR

Mengapa Indonesia sering dilanda Gempa Bumi?

Ada beberapa faktor mengapa Indonesia sering dilanda Gempa Bumi, diantaranya:

1. Indonesia Menjadi Tempat Pertemuan 3 Lempeng Bumi

photoIndonesia berada di atas tiga lempeng tektoik aktif. - (Wikipedia)

Gempa Bumi merupakan bencana alam yang terjadi akibat tumbukan antar lempeng Bumi. Indonesia sendiri merupakan wilayah pertemuan tiga lempeng Bumi yang masih aktif.

Sebagian besar Indonesia terletak di atas Lempeng Eurasia. Lempeng ini meliputi sebagian besar Eropa dan Asia.

Sedangkan bagian Timur Indonesia ada yang terletak di atas Lempeng Pasifik dan Indo-Australia. Lempeng Pasifik ini meliputi daerah Samudera Pasifik dan Oceania. Sedangkan, Lempeng Indo-Australia meliputi Australia, sebagian besar Pulau Papua, dan Samudera Hindia.

Lempeng Eurasia bergerak ke arah Tenggara atau Australia, Lempeng Pasifik bergerak ke arah Barat atau Asia, dan Lempeng Indo-Australia bergerak ke arah Utara atau Asia.

Ketiga Lempeng tersebut saling bergerak berlawanan arah. Maka tidak heran jika ketiga Lempeng tersebut sering bertabrakan dan menyebabkan Gempa Bumi Tektonik.

Hampir setiap harinya lempeng bumi yang masih aktif akan terus bergerak. Pergerakan lempeng telah menyebabkan perubahan wajah Bumi dari sejak awal pembentukan bumi hingga saat ini.

Jika Gempa Bumi terjadi di daerah barat dan selatan Indonesia, hal tersebut dikarenakan tabrakan antara Lempeng Eurasia dengan Lempeng Indo-Australia.

Sedangkan jika gempa bumi terjadi di daerah timur dan utara Indonesia, dikarenakan tabrakan antara Lempeng Eurasia dengan Lempeng Pasifik.

2. Indonesia Dilintasi Ring of Fire

photoIndonesia memiliki banyak gunung berapi aktif. - (Wikipedia)

Ring of Fire atau Cincin Api merupakan jalur geografis sepanjang tepi Samudera Pasifik yang ditandai dengan keberadaan Gunung Berapi dengan jumlah yang banyak dan aktif serta frekuensi Gempa Bumi yang tinggi.

Ring of Fire ini meliputi beberapa negara seperti Chili, Peru, Sebagian barat Benua Amerika, Alaska, Jepang, Filipina, Selandia Baru dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri, jalur Ring of Fire meliputi Kepulauan Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali, Jawa, dan Sumatera.  Maka dari itu, di sepanjang daerah yang disebutkan di atas terdapat banyak gunung berapi.

Jumlah Gunung Berapi Aktif di Indonesia sangat banyak dan berpotensi menyebabkan Gempa Bumi Vulkanik.  Gempa Bumi Vulkanik merupakan reaksi berantai dari letusan gunung berapi. 81 persen dari seluruh bencana Gempa Bumi terjadi di wilayah yang dilintasi Ring of Fire.

3. Aktivitas Manusia

photoAktivitas Pertambangan bisa memicu terjadinya longsor bawah tanah dan menyebabkan Gempa Bumi. - (Shutterstock)

Aktivitas Manusia Sejatinya bukanlah penyebab utama sering terjadinya Gempa Bumi di Indonesia. Namun, aktivitas Manusia tetap menjadi salah satu penyebab bencana alam ini. Selain Gempa Bumi Tektonik dan Vulkanik, terdapat jenis Gempa Bumi yang disebabkan oleh runtuhan gua atau interior dalam permukaan Bumi.

Runtuhan tersebut disebabkan oleh aktivitas pertambangan yang berlebihan dan juga berkurangnya volume air tanah. Akibatnya interior dalam permukaan Bumi berkurang kepadatannya dan runtuh hingga menyebabkan Gempa Bumi.

Meskipun Gempa Bumi akibat runtuhan ini memiliki kekuatan yang cukup kecil. Namun, sudah cukup membuat masyarakat ketakutan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)