Asteroid Dua Kali Ukuran Patung Liberty Dekati Bumi Malam Nanti, NASA Ingatkan Ini

Selasa 01 Juni 2021, 13:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah asteroid raksasa yang dijuluki 2021 KT1 akan terbang melewati bumi pada Selasa, 1 Juni 2021, tepatnya pukul 10.24 EDT (21.24 WIB). Badan antariksa dan penerbangan Amerika Serikat atau NASA memperingatkan bahwa benda asing luar angkasa itu berpotensi berbahaya ketika melewati bumi.

Dikutip dari Gadget NDTV melalui Tempo, batuan raksasa tersebut bisa berukuran sekitar 186 meter. Ukuran itu dua kali lebih besar dari patung Liberty yang tingginya 93 meter. 

Asteroid ini memang tidak mungkin menabrak bumi karena jaraknya akan mencapai 4,5 juta mil. Namun NASA menganggap asteroid apapun berpotensi berbahaya ketika mendekati dalam jarak 4,6 juta mil dari Bumi dan lebih besar dari 150 meter.

Tidak ada referensi untuk memastikan apakah asteroid akan mempengaruhi Bumi atau tidak. Meski demikian, NASA mengatakan bahwa orang tidak boleh terlalu khawatir tentang Objek Dekat Bumi (NEO) seperti asteroid yang berdampak pada Bumi.

"Ancaman untuk setiap satu orang dari kecelakaan mobil, penyakit, bencana alam, dan berbagai masalah lainnya jauh lebih tinggi daripada ancaman dari NEO," catat NASA di situs pusat untuk studi NEO (CNEOS).

Namun, para ilmuwan percaya bahwa kemungkinan Bumi terkena dampak NEO dalam jangka waktu yang lama tidak dapat diabaikan. Dengan demikian, NASA dan badan antariksa lain di seluruh dunia secara aktif memantau momen asteroid dan komet yang mendekati Bumi.

Selain KT1 2021, situs Jet Propulsion Laboratory menyebutkan akan ada beberapa asteroid kecil yang juga dikabarkan akan lewat di dekat Bumi dalam beberapa hari mendatang. Asteroid tersebut diperkirakan berukuran hingga 21 meter.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Perusahaan Pers Bisa Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres

Dengan mengimplementasikan beberapa strategi ini, Updaters dapat membangun sikap yang lebih cuek terhadap beban hidup dan mengelola stres dengan lebih efektif.
Ilustrasi. Bersikap Dingin. Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)
Sukabumi16 Mei 2024, 18:54 WIB

Bahagianya Petani Simpenan Sukabumi Dapat Bantuan Tandon Air, Setahun Jadi Bisa 2 Kali Panen

Gandeng TNI, PLTU Palabuhanratu bangun tandon air bagi petani di Simpenan Sukabumi.
Tandon air yang berlokasi di kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat16 Mei 2024, 18:30 WIB

8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke jika tidak ditangani. Namun, Anda dapat juga mengelolanya dengan lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikan kolesterol.
Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)
Sehat16 Mei 2024, 18:15 WIB

Apa Hubungan Diabetes & Darah Tinggi? Ini 3 Penyakit yang Disebabkannya

Salah satu penyakit yang menyumbang banyak angka kematian adalah diabetes dan darah tinggi. Sebab, kedua penyakit ini berkesinambungan satu sama lain sehingga perlu perhatian khusus agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi
Waspada dengan komplikasi antara diabetes dan tekanan darah tinggi, kesehatan bisa buruk. (Sumber : freepik.com/@pikselmentah.com)
Life16 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan, Yuk Umat Muslim Amalkan

Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.| Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 Mei 2024, 17:51 WIB

Dinilai Hina Profesi Guru, Akun Facebook di Sukabumi Dipolisikan PGRI

PGRI Kabupaten Sukabumi melaporkan akun facebook yang dinilai hina profesi guru dan dikaitkan dengan kecelakaan bus SMK di Subang.
PGRI Kabupaten Sukabumi laporkan akun facebook Atep Romli yang dinilai hina profesi guru. (Sumber : Istimewa)
Sehat16 Mei 2024, 17:45 WIB

5 Ciri Gejala Asam Urat di Tumit, Simak Dengan Benar Agar Bisa Ditangani!

Banyak area sendi bisa terkena gejala asam urat. Salah satunya adalah tumit, karena sering menahan beban tubuh sehingga mudah untuk terserang penyakit menyerang sendi ini. Maka dari itu kenali ciri gelajanya agar bisa disembuhkan
Ilustrasi gejala asam urat di tumit ini yang harus segera diobati dengan tepat (Sumber : freepik.com/@schantalao)
Sehat16 Mei 2024, 17:30 WIB

5 Gaya Hidup Sehat untuk Menaklukan Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh

Gaya hidup sehat sangat ampuh untuk mencegah serangan asam urat di masa depan.
Ilustrasi - Gaya hidup sehat sangat ampuh untuk mencegah serangan asam urat di masa depan. (Sumber : Freepik.com).