Perangko Seri 3 Superhero Komik: Sri Asih, Si Buta, Gundala

Jumat 05 April 2019, 01:39 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  - Tiga legenda superhero komik Indonesia: Sri Asih, Si Buta dan Gua Hantu, dan Gundala, diangkat dalam bentuk perangko seri  memperingati 100 tahun kelahiran Bapak Komik Indonesia Raden Ahmad Kosasih atau lebih dikenal RA Kosasih.

Asosiasi Komik Indonesia (Aksi) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama PT Pos Indonesia bekerja sama meluncurkan edisi prangko spesial edisi jagoan Indonesia dengan mengangkat profil Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu dan Gundala.

"Hari ini tepat 100 tahun lahir Bapak Komik Indonesia," kata ujar Commercial General Manajer Bumi Langit Corpora Andi Wijaya, Kamis, 3 April 2019.

Menurut dia, awalnya sejumlah pegiat komik Indonesia diundang untuk meeting oleh Kominfo. "Di sana kami mengusulkan tiga karakter. Alasannya, Sri Asih adalah tokoh super hero di mana kemunculannya membangkitkan komik di Indonesia," katanya.

Sri Asih merupakan karya pertama Raden Ahmad Kosasih yang bertemakan superhero dan menjadi tonggak sejarah komik Indonesia. Komik ini diterbitkan pertama kali pada 1954 oleh penerbit Meloedi. Tokoh itu adalah adisatria perempuan yang pertama muncul pada 1 Januari 1954 di Madjalah Komik.

Sri Asih menginspirasi kelahiran adisatria lainnya di dunia komik Indonesia. Sedangkan Si Buta dari Gua Hantu adalah sosok pendekar buta dari Banten yang berkeliling Nusantara untuk menegakkan keadilan dan memberantas angkara murka.

"Komik Sri Asih yang tadinya dicetak 2000 eksemplar, cetakan selanjutnya sampai puluhan ribu. Sri Asih adalah tokoh superhero pertama dan difilmkan tahun 1954. Kesuksesan Sri Asih membuat sukses para komikus yang semakin mendapat penghasilan lebih baik," kata Andi yang juga kolektor komik Indonesia.

Gundala Putera Petir adalah tokoh adisatria paling dikenal di Indonesia yang muncul pada 1969 terinspirasi oleh tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo Sang Penangkap Petir. Gundala mengalahkan musuh-musuhnya dengan sejumlah kekuatan yang bersumber dari petir.

Sejak komik pertama kali terbit pada 1969, Gundala langsung menjadi tokoh cerita gambar ikon legendaris Indonesia. Gundala telah merilis 23 judul hingga 1982.

Prangko yang dirilis hadir dengan beberapa versi yakni Souvenir Shet yang berisikan 3 prangko dengan nominal Rp 10 ribu, versi standard dengan masing-masing nominal Rp 3 ribu dan sampul hari pertama yang dijual terbatas.

Menurut Ketua Aksi Faza Meonk, selain 100 tahun Raden Ahmad Kosasih, tahun ini juga merupakan 50 tahun lahirnya Gundala karya Harya Suraminata (Hasmi). Berdekatan pula, pada 2017 merupakan momen 50 tahun kelahiran Si Buta dari Gua Hantu karya Ganes TH.

"Jadi momentumnya hampir bersamaan, karena ketiga sosok karakter itu yang dipilih sebagai tonggak perjalanan panjang komik Indonesia," tutur Faza.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life30 April 2024, 14:42 WIB

Jangan Bingung, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Anak Sampai ke Sekolah Tepat Waktu

Pergi ke sekolah merupakan kewajiban anak-anak, dan mereka harus datang ke sana tepat waktu. Jika sulit, ada beberapa tips agar anak sampai ke sekolah tepat waktu.
Ilustrasi anak pergi ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStock Project
Bola30 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming PSS Sleman vs Persib Bandung: Menang Atau Terdegradasi!

Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung.
Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung. (Sumber : Instagram/@manahan.solo/Ist).
Inspirasi30 April 2024, 14:00 WIB

7 Mindset Bisnis ala Orang Jepang yang Bikin Cepat Kaya, Ini Rahasianya!

Orang Jepang memiliki mindset bisnis yang ampuh dalam membangun usahanya. Tak ayal mereka tergolong bangsa yang luar biasa dalam hal bisnis.
Ilustrasi. Mindset bisnis orang Jepang. Sumber Foto : Pexels/ cottonbro studio
Life30 April 2024, 13:30 WIB

Ketahui 6 Penyebab Kenapa Anak Sering Melawan pada Orang Tua, Yuk Evaluasi Diri!

Anak yang sering melawan kepada orang tua tentu lantaran beberapa penyebab di masa lalunya. Ini harus dipahami oleh orang tua dalam mendidik.
Ilustrasi. Penyebab anak sering melawan orang tua. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Life30 April 2024, 13:26 WIB

Lakukan Setiap Hari, 7 Cara Mengembangkan Keterampilan Bahasa Anak Sebelum Sekolah

Anda berharap anak Anda percaya diri, bahagia dan tenang di sekolah. Anda ingin mereka berteman, bergaul dengan guru, dan bersenang-senang sambil belajar.
Ilustrasi mengembangkan keterampilan anak. | Foto: Pexels.com/@Artem Podrez
Bola30 April 2024, 13:00 WIB

Tersingkir dari Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Masih Ada Asa Lolos ke Olimpiade 2024

Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.
Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life30 April 2024, 12:30 WIB

6 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 40 Tahun

Beberapa hal seharusnya menjadi perhatian semua orang sebelum memasuki umur 40 tahun, karena penting untuk masa sampai hari tua.
Ilustrasi. Traveling. Hal yang harus dilakukan sebelum berumur 40 tahun. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Bola30 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi PSS Sleman vs Persib Bandung: Laga Pamungkas Liga 1 Reguler Series!

Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series.
Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series. (Sumber : X@persib/@PSSleman).
Sukabumi30 April 2024, 11:37 WIB

Satu Tewas, Kronologi Kecelakaan Maut Truk Tabrak Mobil di Palabuhanratu Sukabumi

Truk menabrak mobil pick-up nomor polisi F 8677 VC yang terparkir di kiri jalan.
Kondisi mobil pick-up yang terlibat kecelakaan maut di Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (30/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat30 April 2024, 11:30 WIB

Pikiran Jadi Tenang, Ini 5 Buah-buahan yang Bisa Meredakan Stres dan Cemas

Meredakan stres dan cemas sesungguhnya bisa diredakan dengan mengonsumsi sejumlah buah-buahan yang sangat recomendeed menurut medis.
Ilustrasi. Buah-buahan yang meredakan stres dan cemas. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio