TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Anak-anak Suka Bermain Media Sosial? Hati-hati Terkena Cyberbullying

Selasa 4 Okt 2022, 19:00 WIB
Anak-anak Suka Bermain Media Sosial? Hati-hati Terkena Cyberbullying

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak wabah Covid-19 merebak ke seluruh dunia, membuat semua aktivitas menjadi terbatas salah satunya perubahan kegiatan belajar disekolah yang tadinya offline menjadi online.

Dikutip dari Suara.com, situasi tersebut akhirnya membuat orang tua mau tidak mau harus memberikan gadget atau smartphone kepada anaknya untuk kegiatan belajar.

Namun, kegiatan belajar menggunakan gadget membuat anak-anak dapat dengan mudah bermain sosmed tanpa sepengetahuan orang tua. 

Baca Juga :

Psikolog Anastasia Satriyo mengungkapkan, penggunaan media sosial pada anak jika tidak diawasi dengan baik dapat menimbulkan berbagai efek negatif.

“Jika anak tidak diawasi dalam penggunaan media sosial mereka bisa terdampak efek negatifnya seperti mengakses konten yang belum pantas bagi mereka dan cyberbullying”, jelasnya.

Anastasia Satriyo mengatakan, peran keluarga memegang peran penting dalam pencegahan cyberbullying pada anak.

“Peran orang tua sangat penting dalam mencegah anak menjadi korban bahkan pelaku cyberbullying. Bijaklah dalam memberikan gadget pada anak dan awasi pemakaiannya ”, jelas Anastasia.

Praktisi Pendidikan dan Pembicara Publik Ita Sembiring juga mengatakan, orang tua dan orang terdekat menjadi yang paling bertanggung jawab melindungi anak dalam bermedia sosial.

“Jangan kita ajarkan kepada anak hal yang belum pantas bagi mereka, apalagi sampai menjadi terbiasa melakukannya. Saat ini banyak orang tua tidak memberikan keamanan dan privasi kepada anak dengan memposting segala hal tentang anak di media sosial”, jelas Ita.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini