bankbjb

Jelang G30SPKI: 5 Situasi Penyebab Peristiwa Kelam dalam Sejarah Indonesia

Rabu 28 Sep 2022, 11:30 WIB
Jelang G30SPKI: 5 Situasi Penyebab Peristiwa Kelam dalam Sejarah Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 30 September sampai 1 Oktober 1965, merupakan peristiwa G30SPKI yang masuk dalam sejarah Indonesia yang kelam.

Peristiwa yang terjadi ketika Tujuh Jendral militer dan satu perwira Indonesia beserta beberapa orang lainnya terbunuh dalam suatu usaha kudeta.

Dikutip oleh Tempo.co dari jurnal Gerakan 30 September 1965 dalam Perspektif Filsafat Sejarah Marxisme karya Harsa Permata, menjelaskan bahwa hal-hal yang menjadi latar belakang terjadinya G30SPKI dilakukan oleh dalangnya, yaitu Partai Komunis Indonesia atau PKI. 

Saat itu, PKI diyakini ingin merebut kekuasaan dan mengubah haluan atau ideologi negara Indonesia yang awalnya Pancasila menjadi Komunis Indonesia. 

Tidak hanya itu, terdapat pula beberapa faktor pendukung lainnya yang menjadi alasan fundamental terjadinya G30S, hal tersebut memiliki tendensi tujuan masing-masing.

Baca Juga :

Situasi Penyebab G30SPKI

photoKorban G30SPKI - (Istimewa)</span

Mengutip dari laman bemu.umm.ac.id, dengan judul "Menolak Lupa Kekejaman PKI Pada G30S/PKI", di sana disebutkan setidaknya 5 Faktor penyebab terjadinya peristiwa G30SPKI pada 30 September-1 Oktober 1965, yaitu:


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini