bankbjb

Kepala LLDIKTI IV Apresiasi Program Merdeka Belajar di Nusa Putra Sukabumi

Selasa 5 Jul 2022, 11:07 WIB
Kepala LLDIKTI IV Apresiasi Program Merdeka Belajar di Nusa Putra Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jabar-Banten Dr. M. Samsuri menjadi pemateri dalam kuliah umum yang diselenggarakan Universitas Nusa Putra Sukabumi pada Senin kemarin, 4 Juli 2022.

Pada kuliah umum bertajuk Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Berdasarkan KKNI Dan OBE Guna Menunjang Program MBKM itu, Kepala LLDIKTI IV menyampaikan sejumlah hal terkait akselerasi pelaksanaan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.

Dikatakan Dr. M. Samsuri, selama ini Universitas Nusa Putra tercatat telah menyelenggarakan program merdeka belajar, bahkan katanya, dari informasi yang ia peroleh, Nusa Putra sudah menggagas program merdeka belajar sebelum kementerian resmi meluncurkan program tersebut.

“Ini sudah sangat baik, oleh karena itu semua pihak mulai dari rektor, para pejabat hingga mahasiswa harus bersinergi menjalankan program merdeka belajar. Apalagi sejak 2015 Nusa Putra sudah menyelenggarakan pertukaran pelajar, magang dan jalur riset sebagai jalur penyelesaian studi mahasiswa,” terang Kepala LLDIKTI IV dalam pemaparan materinya.

Masih menurut Dr. Samsuri, realisasi merdeka belajar di Nusa Putra utamanya dalam pertukaran pelajar menunjukan progres yang sangat baik, utamanya pertukaran pelajar internasional. “Luar biasa ini, sudah banyak mahasiswa asing baik yang statsunya pertukaran pelajar maupun mahasiswa full disini,” ujarnya.

Oleh karena itu, katanya, Universitas Nusa Putra perlu terus memperkuat aspek kurikulum MBKM, dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Outcome Bases Education (OBE).

Sementara itu, Rektor Universitas Nusa Putra Dr. Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan sejumlah capaian program merdeka belajar di Nusa Putra. Di antaranya pertukaran pelajar dan magang Internasional.

“Saat ini ada 16 mahasiswa Nusa Putra yang magang di Taiwan dan Jepang, sebaliknya tahun ini juga kami menerima 10 mahasiswa magang internasional yang berasal dari Turki dan beberapa negara eropa lainnya," ungkap Rektor Nusa Putra.

Di sisi lain, lanjut Rektor, pihaknya terus mendorong agar program merdeka belajar ini bisa berjalan dengan baik. Salah satunya melalui pemberian fasilitas beasiswa program mandiri Nusa Putra kepada mahasiswa.

“Pemberian beasiswa ini salah satu tujuannya adalah agar mahasiswa bisa lebih fokus dalam melaksanakan kegiatan MBKM tanpa terbebani lagi dengan kendala biaya pendidikan,” ujarnya.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini