bankbjb

Angin Puting Beliung Terekam di Pantai Loji Sukabumi, Warga: Bergerak ke Laut

Rabu 8 Jun 2022, 17:13 WIB
Angin Puting Beliung Terekam di Pantai Loji Sukabumi, Warga: Bergerak ke Laut

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, dihebohkan dengan adanya angin puting beliung di sekitar pantai pada Rabu (8/6/2022). Pusaran angin ini sempat direkam warga dan tersebar di media sosial.

Warga setempat bernama Aris (50 tahun) mengatakan angin puting beliung tersebut terlihat di pantai Loji, tepatnya di Kampung Cibutun, Desa Loji, pada Rabu sore sekira pukul 15.00 WIB. Aris menyebut peristiwa ini terjadi sebelum turun hujan di wilayah Simpenan.

"Terlihat di sekitar perairan Loji," kata Aris kepada sukabumiupdate.com. Dalam rekaman video berdurasi satu menit 13 detik yang beredar di WhatsApp, angin puting beliung ini terjadi saat cuaca sudah mendung.

Baca Juga :

Aris mengungkapkan pusaran angin bergerak ke arah laut dan berdurasi kurang lebih 45 detik. Aris berada di Kampung Loji, memperkirakan angin puting beliung tersebut berjarak 1 kilometer dari kampungnya. "Tidak ada dampak karena angin mengarah ke laut," kata dia.

Sebelumnya, wisatawan yang sedang berlibur di pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu sore, 7 Mei 2022, juga dikejutkan dengan fenomena waterspout atau angin puting beliung di atas perairan laut. Ini pun terjadi sebelum turun hujan.

Waterspout adalah kanal udara yang berputar dan menyedot air (biasanya dari laut), serta membentuk saluran air berputar yang menghubungkan laut dengan awan. Durasi hidup waterspout sangat pendek, jarang ada yang bertahan lebih dari 5 menit setelah terbentuk.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini