Menakar Peluang Tim BMX dan Track Raih Tiket ke Olimpiade 2020

Kamis 02 Januari 2020, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) menyebutkan bahwa peluang tim Indonesia tampil di Olimpiade 2020 Tokyo masih terbuka. Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB ISSI, Budi Saputra, mengatakan peluangnya masih ada pada dua nomor, yaitu BMX dan Track.

"Untuk track selesainya World Championship di akhir Februari tapi peluangnya tipis yang masih berpeluang BMX," kata Budi saat dihubungi Tempo, Kamis, 2 Januari 2020.

Untuk tim BMX terdiri dari I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar, dan Toni Syarifudin. Sementara tim track diperkuat Crismonita Dwi Putri, Elga Kharisma Novanda, Puguh Admadi, Terry Yusha Kusuma, Ayustina Delia Priatna, dan Bernard Benyamin.

Menurut Budi, peluang tim BMX meloloskan atlet ke Olimpiade terbuka lebar karena World Championship 2020 baru akan berlangsung pada bulan Mei di Amerika Serikat. Ia mengatakan peringkat Indonesia sempat melorot dari urutan ke-16 menjadi ke-19 karena pencapaian yang buruk di SEA Games 2019.

Negara yang berhak meloloskan atlet ke Olimpiade minimal peringkat 12 besar. "Kita masih berpeluang karena masih ada empat seri World Cup di Australia dan bakal mengikuti semua seri itu," ucap Budi.

Pelatih balap sepeda BMX, Dadang Haries Poernomo, mengatakan meski peringkat Indonesia sempat melorot tapi masih ada waktu untuk memperbaiki posisi. Ia mengatakan terdapat tiga kejuaraan di Indonesia yang bakal menjadi ajang mengumpulkan poin. "Levelnya itu ada class one atau C1, ada yang level HC atau hors class, dan juga Continental Championship atau Kejuaraan Asia yang juga di Indonesia," kata dia.

Selanjutnya, kata Dadang, terdapat empat seri Wolrd Cup 2020 yang bakal berlangsung di Australia. "Kejuaraan lain yang wajib diikuti itu World Champ di Amerika bulan Mei 2020," kata dia.

Ia mengatakan peringkat Indonesia bakal dihitung dari poin atlet dari setiap kejuaraan yang diikuti. Menurut dia, poin yang dikumpulkan oleh tiga atlet yakni I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar, dan Toni Syarifudin bakal diakumulasi menjadi menjadi poin tim Indonesia. "Kalau mampu menembus peringkat 12 besar bakal mendapatkan satu tiket untuk Olimpiade 2020," kata dia.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi05 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
(Ilustrasi) Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : iStock)
Life05 Mei 2024, 14:30 WIB

Kesehatan Mental Terganggu! 6 Dampak Buruk Terlalu Keras dan Kasar dalam Mendidik Anak

Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya.
Ilustrasi - Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya. (Sumber : Pexels/August de Richelieu).
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production