Profil Ken Block, Pereli Dunia yang Meninggal Akibat Kecelakan Snowmobile

Selasa 03 Januari 2023, 16:15 WIB
Kabar meninggalnya Ken Block cukup mengejutkan dunia balap terutama reli | Foto: Instagram/@kenblock43

Kabar meninggalnya Ken Block cukup mengejutkan dunia balap terutama reli | Foto: Instagram/@kenblock43

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia balap dikejutkan dengan kabar meninggalnya pereli dunia, Ken Block setelah mengalami kecelakan snowmobile di Wasatch County Utah, Amerika Serikat, Senin (2/1/2023) waktu setempat.

Pereli sekaligus pendiri The Hoonigans itu wafat di usia 55 tahun. Saat itu mobil salju yang ia kendarai harus terbalik dan mendarat tepat di atasnya.

"Pembalap, Kenneth Block, pria berusia 55 tahun dari Park City, Utah, sedang mengendarai mobil salju di lereng curam ketika mobil salju terbalik, mendarat di atasnya,” bunyi laporan Kantor Sheriff, Taman Negara Bagian Utah, dan AS Dinas Kehutanan, dikutip dari Caranddriver.

Baca Juga: Pereli Ken Block Meninggal Dunia Usai Terlibat Kecelakaan Mobil Salju

Meski nama Ken Block begitu terkenal di dunia reli. Namun, mungkin masih banyak yang belum mengetahui sosok pereli asal Amerika Serikat (AS) ini dan perjalanannya di dunia reli.

Profil Ken Block

Melansir dari laman WRC Fandom, Ken Block lahir pada 21 November 1967, di Long Beach, California. Ia diketahui sebagai salah satu pendiri dan baru-baru ini ditunjuk sebagai Chief Brand Officer DC Shoes.

Selain menjadi pereli, Block juga kerap mencoba olahraga lain bahkan Ia telah berkompetisi di banyak acara olahraga aksi termasuk skateboard, seluncur salju, motorcross.

Baca Juga: Tren Fashion 2023: Earth Tone dan Warna Terang Akan Banyak Diminati

Awal karirnya di dunia reli dimulai pada tahun 2005, kala itu Ia memulai karir reli nasionalnya dengan tim Vermont SportsCar. Vermont SportsCar menyiapkan Subaru WRX STi 2005 untuk bersaing dengan Block.

Acara pertamanya di musim reli adalah SnowDrift, di mana dia finis ketujuh secara keseluruhan dan kelima di kelas Grup N. Selama musim 2005, Block memiliki lima finis di urutan lima besar dan menempati posisi ketiga secara keseluruhan di kelas Grup N dan keempat secara keseluruhan di Kejuaraan Nasional Amerika Reli.

Di akhir tahun reli pertamanya, Ken Block memenangkan penghargaan Rally America Rookie of the Year.

Baca Juga: Selama 2022: Pemkot Sukabumi Terima 547 Aduan Warga Lewat SUPER dan E-Lapor

Pada tahun 2006, Ken Block bersama rekan setimnya di DC, Travis Pastrana, menandatangani kesepakatan sponsor baru dengan Subaru. Melalui kesepakatan dengan Subaru ini, rekan satu timnya dikenal sebagai "Subaru Rally Team USA."

Dia berkompetisi di acara reli X Games pertama di X Games XII. Dalam kompetisi tersebut, Block akhirnya finis ketiga untuk merebut perunggu. Dia melanjutkan untuk berkompetisi di Kejuaraan Nasional Reli Amerika 2006, di mana dia finis kedua secara keseluruhan.

Pada tahun 2007, Ken Block berkompetisi di ajang reli X Games XIII, di mana ia menempati posisi kedua secara keseluruhan dan memenangkan medali perak. Dalam Kejuaraan Nasional Rally America 2007, Block finis ketiga secara keseluruhan.

Baca Juga: Dipakai Saat Libur Nataru, Begini Tips Perawatan Motor yang Baik dan Benar

Selama musim ini, Block juga mengikuti beberapa putaran Kejuaraan Reli Dunia; Reli Meksiko dan Reli Selandia Baru. Di Reli Selandia Baru, Block mencatat dua kali tahapan lima besar di kelas Grup N. Di penghujung tahun 2007, Block telah meraih 19 podium dan 8 kemenangan keseluruhan di ajang reli.

Pada tahun 2008, Block dilengkapi dengan reli baru yang disiapkan untuk bersaing dengan Subaru WRX STi 2008. Block memutuskan untuk berkompetisi di Rallye Baie-des Chaleurs dari Kejuaraan Reli Kanada untuk mendapatkan pengalaman dengan mobil reli barunya tahun 2008 dan bersiap untuk Kejuaraan Reli Dunia akhir tahun ini.

Block memperoleh kemenangan reli Kanada pertamanya di acara tersebut. Ini hanya acara kedua untuk mobil baru. Block dan co-drivernya tidak bisa mendapatkan poin kejuaraan apapun di acara tersebut karena tidak memiliki lisensi kompetisi Kanada.

Baca Juga: Kabar Baik Untuk Fresh Graduate, Bank Swasta Ini Sedang Buka Lowongan Kerja

Block berkompetisi di kompetisi Rally New York USA dan finis di tempat pertama. Dalam kompetisi reli X Games XIV, Block finis di urutan ketiga dengan Dave Mirra. Kejadian ini disebabkan kedua kompetitor mengalami masalah dengan mobilnya.

Block, yang berhasil mencapai semifinal acara tersebut, mengalami masalah radiator setelah mendaratkan mobil dengan canggung saat melompat. Dengan kedua pesaing tempat perunggu dengan mobil rusak tidak dapat bersaing, medali diberikan kepada keduanya.

Block berkompetisi di kejuaraan Rally America National 2008, yang berakhir pada 17 Oktober 2008. Di ajang tersebut, ia finis kedua secara keseluruhan dengan kemenangan yang kuat di ajang terakhir.

Baca Juga: Anabul Lovers Sudah Tahu? Meong Congkok hingga Macan Akar, Ini 5 Kucing Asli Indonesia

Pada tahap Reli Kinerja Danau Superior, Block finis lebih dari satu menit di depan pesaing terdekatnya berikutnya dan mengamankan posisi keseluruhan kedua.

Selanjutnya untuk Block musim reli ini adalah tiga acara Kejuaraan Reli Dunia. Pada tahun 2009, Block menantang Jonas Andromeda untuk kompetisi gymkhana di Battersea, Inggris tetapi keduanya imbang

Pada tanggal 6 Januari 2010, Tim Reli Dunia Monster mengumumkan Ken sebagai pembalap mereka untuk putaran terpilih Kejuaraan Reli Dunia, di mana dia akan mengkampanyekan pesta Monster/Ford Racing.

Mobilnya akan disiapkan dan dijalankan oleh M-Sport yang berbasis di Inggris Utara, yang juga menyiapkan mobil resmi Ford WRC. Dia akan berlari secara bersamaan di musim keenamnya di Rally America Championship di Ford Fiesta kelas terbuka, serta X-game kelimanya.

Baca Juga: Situ Gunung dan Batu Karut, Dua Danau di Sukabumi yang Renggut Korban

Ken juga akan menjadi pembalap Amerika pertama yang mengkampanyekan Kejuaraan Reli Dunia. Pada 27 Februari, Block memenangkan Reli di 100 Acre Wood untuk kelima kalinya berturut-turut. Ini memecahkan rekor yang dipegang oleh John Buffum.

Ken saat ini sedang dilatih oleh mantan pembalap pabrikan Ford Markko Märtin. Musim WRC 2010 adalah kurva pembelajaran untuk Block, dengan penyelesaian terbaiknya di urutan kesembilan di Spanyol,Untuk 2011 Block memutuskan untuk fokus hanya pada Kejuaraan Reli Dunia, mengendarai Ford Fiesta dalam 9 reli.

Sementara hasilnya lebih konsisten, Block berjuang untuk membuat dampak pada tempat poin dan mengelola posisi kesembilan di GB dan karir terbaik kedelapan di Prancis.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Smartphone Terbaik di Tahun 2022!

Program yang dikurangi pada tahun 2012 berarti dia hanya berkompetisi dalam 3 reli tetapi dalam dua di antaranya, dia berada di poin kesembilan, baik di Meksiko dan Selandia Baru. Dia juga memenangkan dua putaran Kejuaraan Reli Amerika asalnya.

Sumber: Caranddriver | WRC Fandom | Hoonigan Racing

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi