Mengenal Sosok Irpan, Libero Timnas Voli Indonesia dari Sukabumi

Senin 23 Mei 2022, 19:27 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Irpan, jadi salah satu anak muda Sukabumi yang berbakat dalam bidang olahraga bola voli. Kini ia diketahui bermain untuk klub voli Profesional Bogor Lavani yang didirikan oleh Mantan Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Irpan lahir di Sukabumi, 12 Februari 1997, merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan bapak Rahmat dan ibu Imat yang berprofesi sebagai petani.

Di Sukabumi Irpan yang biasa disapa ‘Ipan’ ini tinggal di Kp. Cijulang, Desa. Bojongsari, Nyalindung, Kabupaten. Sukabumi.

Pemuda berzodiak Aquarius ini mengenyam pendidikan dasar di SDN Tanggeung Desa Bojongsari, Nyalindung, Kabupaten. Sukabumi.

Baca Juga :

Bangga! Timnas Voli Putra Raih Emas Sea Games, Irpan Ingin Mengabdi untuk Sukabumi

Lulus sekolah dasar, Irpan melanjutkan pendidikannya di SMPN 6 Kota Sukabumi sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan di MAN 1 Kota Sukabumi.

Semenjak SMP Irpan tinggal bersama pamannya di Kota Sukabumi, mengingat jarak dari rumah dengan tempatnya Ia bersekolah cukup jauh.

Setelah lulus sekolah menengah atas di tahun 2015, Ia melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi yang masih di Sukabumi yakni STKIP Bina Mutiara Sukabumi dan lulus tahun 2020.

Menjadi pemain voli profesional sebenarnya bukan cita-cita Irpan, sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, Ia bercita-cita menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil), “perasaan bangga sekali kalau jadi PNS” kata Irpan saat dihubungi tim Sukabumiupdate.com.

Namun, hobinya bermain voli malah membawanya ke posisi sekarang dimana Ia telah menjelma jadi salah satu libero terbaik di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Irpan mulai dikenal publik saat dirinya berhasil membawa klub Lavani menjadi juara kompetisi voli paling bergengsi di Indonesia yakni Proliga 2022.

Selain sukses mengantarkan Lavani meraih titel juara untuk pertama kalinya, di kompetisi itu juga Ia meraih prestasi individu yakni dinobatkan sebagai libero terbaik buah dari permainan ciamiknya selama berlaga di kompetisi Proliga 2022.

Prestasi itu juga yang menjadikannya dipercaya untuk memperkuat Timnas Voli Putra Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam.

photoIrpan saat membawa Indonesia mempertahankan medali emas SEA Games 2021 Vietnam - (Istimewa)</span

Bersama Timnas, dibawah asuhan pelatih Jiang Jie, Irpan tampil baik dengan mengantarkan tim Merah Putih meraih medali emas SEA Games ke-31 Vietnam setelah mengalahkan tuan rumah di partai final dengan skor 3-0.

Sebelum menjadi pevoli profesional, Irpan sudah sering mengikuti berbagai kompetisi bola voli termasuk saat dirinya di perguruan tinggi STKIP Bina Mutiara Sukabumi.

Tercatat, pemuda berusia 25 tahun ini pernah meraih berbagai prestasi voli seperti Juara I Walikota Cup Kota Sukabumi, Juara I Bupati Cup Kabupaten Sukabumi, dan Juara I Bupati Cup di Cianjur dan lainnya. Tak mengherankan mengingat Irpan telah menyukai olahraga voli sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar.

Tak banyak yang tahu cerita awal Irpan bisa bergabung dengan klub Profesional Lavani. Irpan mengisahkan jika bertemu dengan Lavani merupakan sebuah kebetulan.

Saat itu ia mengikuti pertandingan persahabatan melawan klub asal Bogor tersebut, saat itu klub Lavani ini baru dibentuk dan sering melakukan uji tanding melawan klub-klub voli amatir.

Namun, siapa sangka usai bertanding itu Irpan dihubungi salah satu tim pelatih Lavani, Juandi Ahirudin dan diminta bergabung dengan klub yang bermarkas di Bogor, Jawa Barat tersebut.

Ia pun mengiyakan ajakan itu hingga akhirnya resmi menjadi bagian dari klub Lavani pada Desember 2019.

“Awalnya sih ikut tim Bogor waktu uji tanding sama tim Lavani, terus udah gitu ada panggilan suruh gabung” tutur Irpan.

Di klub Lavani Irpan dijuluki sebagai ‘Lumbalumba’ lantaran gayanya mengambil bola sewaktu bertanding seperti Lumba-lumba yang tengah melompat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)